5 Cara Mencegah Timbulnya Rambut Merah

Mengecat rambut dengan warna merah memang tampak keren dan membuat gaya Anda semakin trendi. Namun, beda cerita apabila Anda akhirnya memiliki rambut merah akibat hancurnya sel-sel melanin pada rambut. Rambut merah karena melanin yang hancur justru membuat Anda tampak kusam dan tidak segar.

Banyak penyebab yang bisa membuat rambut Anda tampak kemerahan. Salah satu penyebab yang paling kuat adalah terlalu sering terpaparnya rambut Anda dengan sinar matahari. Radiasi pada sinar mataharilah yang menjadi alat penghancur melanin di rambut sehingga rambut Anda menjadi tampak kemerahan.

Rambut merah akibat sinar matahari memang menjadi masalah banyak orang, mungkin termasuk Anda. Namun, bukan berarti Anda tidka bisa mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa cara simpel yang bisa membuat risiko rambut Anda menjadi merah karena sinar matahari dapat diminimalkan.

  • Batasi Kegiatan Luar

Semakin Anda memiliki banyak waktu berkegiatan di luar, semakin sering pula rambut Anda terpapar radiasi dari panas matahari. Risiko Anda memiliki rambut merah pun menjadi semakin besar. Jalan satu-satunya yang termudah adalah sebisa mungkin mengurangi paparan sinar matahari ke rambut Anda dengan berdiam dalam ruangan.

Batasi kegiatan Anda di luar ruangan. Siasati pula waktu kegiatan Anda pada pagi atau sore hari di mana sinar mahatari belum terlalu terik. Cara ini akan efektif menjaga pigmen di rambut Anda. Rambut Anda pun akan lebih sulit berubah warna menjadi kemerahan.

  • Tutupi Rambut

Radiasi matahari tidak hanya merusak pigmen di rambut, namun juga bisa membakar kulit. Khusus untuk kulit, penggunaan pakaian yang tertutup dapat mengurangi paparan sinar matahari yang merusak. Konsep ini sebenarnya juga dapat Anda terapkan pada rambut Anda.

Cobalah untuk selalu menutupi rambut Anda tiap kali pergi ke luar di tengah matahari yang tengah menyengat. Anda bisa menggunakan topi, syal, ataupun payung. Dengan demikian, ultraviolet yang merusak melanin rambut bisa dikurangi.

  • Rutin Pakai Conditioner

Rambut merah diawali dengan rambut kering sehingga melanin yang ada di dalamnya makin lama makin rusak. Karena itu jika ingin melindungi rambut agar tetap hitam, pastikan bahwa kelembapannya selalu terjaga.

Untuk menjaga kelembapan, Anda bisa mengambil langkah simpel dengan memakai conditioner. Mulai saat ini, biasakan membubuhkan conditioner tiap kali sehabis keramas agar rambut tidak kering dan menjadi lebih mudah kemerahan.

  • Pertimbangkan Tabir Surya

Tabir surya tidak hanya tersedia untuk kulit. Saat ini sudah banyak produk tabir surya yang bisa digunakan untuk melindungi rambut Anda dari sinar ultraviolet yang membahayakan. Anda bisa mempertimbangkan menggunakan produk ini guna mencegah timbulnya rambut merah yang membuat kepercayaan diri menurun.

Secara umum, tabir surya sebenarnya berfunsi menjaga kualitas rambut. Produk perawatan ini akan menjaga kelembapan rambut sehingga membuat rambut Anda tidak mudah kering akibat sinar matahari yang terik. Kondisi rambut yang sehat pun membuat melanin rambut tidak mudah rusak sehinga warna rambut menjadi lebih terjaga.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi tinggi nyatanya juga berfungsi mencegah rambut merah! Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan untuk menjaga warna alami rambut adalah makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang dipancarkan oleh sinar matahari. Dengan adanya pelindung dari antioksidan tersebut, zat melanin pada rambut tidak akan mudah rusak dan rambut Anda bisa tetap terlihat berkilau karena sehat.

***

Tidak sulit bukan mencegah agar rambut merah tidak menimpa Anda? Coba praktikkan berbagai cara pencegahan di atas dan rasakan sendiri manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *