5 Ciri-Ciri Mata Katarak yang Harus Anda Waspadai

Salah satu penyakit mata yang kerap dialami adalah katarak. Jenis penyakit mata yang satu ini tergolong cukup berbahaya karena dapat berakhir pada kebutaan. Walaupun begitu, kebutaan yang disebabkan oleh katarak bersifat reversibel atau dapat kembali ke kondisi normal setelah katarak ditangani. Seperti apa katarak itu sebenarnya dan apa saja ciri-ciri mata katarak yang perlu Anda waspadai?

Katarak adalah penyakit mata yang disebabkan oleh proses pengeruhan pada lensa mata. Kondisi ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia seseorang maupun karena faktor penyakit bawaan lain, seperti diabetes atau adanya trauma pada bola mata.

Pengeruhan lensa pada mata dapat mengganggu cahaya masuk mencapai bagian belakang dari bola mata, sehingga proses melihat dapat terhambat. Beberapa ciri-ciri mata katarak yang telah diketahui, antara lain:

  • Terganggunya penglihatan menjadi lebih berkabut atau berawan

Ketika proses pengeruhan pada lensa mata terjadi, Anda akan mengalami gangguan penglihatan, seperti penglihatan yang akan semakin kabur. Anda akan merasa bahwa proses penglihatan ditutupi kabut atau berawan, serupa dengan melihat suatu objek dari balik kaca yang tebal dan buram.

  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya

Jika Anda merasa bahwa mata Anda lebih sensitif terhadap cahaya, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu ciri mata katarak. Anda akan lebih mudah merasa silau ketika memalingkan pandangan searah dengan sumber cahaya. Sumber cahaya di sini bukan selalu berarti sinar matahari, namun juga lampu sorot pada kendaraan.

  • Penglihatan menjadi ganda atau berlipat

Seseorang yang mengalami katarak, akan mengalami penglihatan ganda atau dobel. Kondisi ini disebabkan oleh keruhnya lensa mata pada penderita katarak yang menyebabkan cahaya tersebar ke berbagai arah ketika akan masuk ke mata, sehingga cahaya tidak fokus pada satu titik.

  • Melihat halo atau lingkaran cahaya

Proses berpencarnya cahaya yang masuk ke mata tadi, dapat menyebabkan penderita katarak melihat halo atau lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya. Lingkaran cahaya tersebut serupa dengan bentuk cincin dengan memiliki berbagai warna dan berada di sekitar sumber cahaya.

  • Berubahnya pandangan menjadi kekuningan

Jika kondisi katarak menjadi lebih parah, maka penglihatan Anda berisiko akan berubah warna menjadi kekuningan. Kondisi ini disebabkan oleh gumpalan protein yang mengeruh pada lensa mata, sehingga ia berubah warna menjadi kuning atau kecokelatan. Dengan kondisi seperti ini, penderita katarak akan sulit membedakan warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *