5 Manfaat Olahraga Panahan

5 Manfaat Olahraga Panahan

Pada umumnya olahraga panahan sering dianggap sebagai olahraga statis, meskipun pemanah atau atlet olahraga ini yang kompetitif benar-benar membutuhkan banyak tenaga, ketahanan dan fokus untuk bisa tampil optimal. Bagi orang yang baru akrab dengan olahraga ini, bisa jadi akan terkejut jika mengetahui terdapat banyak manfaat kesehatan yang diberikan panahan.

Manfaat olahraga yang satu ini sering kali disepelekan, karena memang sebagian besar orang berpikir bahwa olahraga ini sebatas gerakan sederhana menggunakan busur dan anak panah untuk menembak target. Selain manfaat fisik, panahan juga dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang yang berolahraga dengan ini.

Manfaat Olahraga Panahan

Olahraga memanah memang minim pergerakan karena dilakukan hanya dengan berdiri dan membidik target atau tujuan, meski demikian olahraga yang sudah ada sejak zaman Paleolitik ini memiliki banyak manfaat bagus untuk tubuh. Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan tubuh ketika berolahraga memanah.

  1. Kuatkan Tubuh Bagian Atas

Olahraga ini menempatkan tekanan otot-otot kedua lengan, dada, bahu dan punggung, bisa dibilang mirip seperti angkat beban. Tekanan ini dapat ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya, dengan pengulangan yang sama tekanan menarik dan melepaskan tali busur diklaim mampu menguatkan otot tubuh bagian atas.

  1. Kontrol Keseimbangan

Keberhasilan pemanah dalam mengenai sasaran sangat tergantung pada keseimbangan si pemanah, seseorang harus bisa menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan. Latihan memanah membantu seseorang mengontrol keseimbangan ketika sedang fokus membidik target, semakin sering berlatih maka otot akan terbiasa seimbang.

  1. Melatih Koordinasi

Koordinasi menjadi hal paling utama dalam memanah adalah mata dan tangan, panahan melatih tangan pemanah untuk bisa bekerja di saat melakukan tugas yang berbeda. Seperti membidik dan melepaskan panah berdasar apa yang dilihat, semakin sering berlatih maka semakin terlatih juga koordinasi tersebut.

  1. Sehatkan Jantung

Diketahui dalam sebuah pertandingan, pemanah bisa berjalan sejauh 8 km ketika melakukan hasil penembakan. Aktivitas ini memang dilakukan dalam waktu yang cukup pendek, efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi diklaim mampu meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot dan kekuatan kaki.

  1. Lebih Fokus

Fokus dalam kesuksesan sebagai pemanah dan mengembangkan fokus memberi dampak positif pada kesehatan mental seseorang. Semakin seseorang fokus pada target, maka semakin mudah ia membidik secara jernih dan tepat. Baik dalam latihan maupun pertandingan, selain itu keterampilan ini juga akan membantu mengatasi situasi sulit dan menekan dalam hidup.

Pertimbangan Sebelum Bermain

Panah menjadi olahraga yang menuntut aktivitas fisik kuat, meski begitu bagi mereka yang tidak langsung mengetahuinya pasti akan meremehkan tuntutan memanah dengan benar. Karena termasuk dalam olahraga berat, maka sangat disarankan seseorang untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai latihan.

Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit, selain itu pahami alat keselamatan yang harus dipakai seperti pelindung lengan dan jari serta dada yang mampu melindungi dari luka akibat terkena busur atau yang lainnya. Hampir semua orang bisa berpartisipasi dalam olahraga panahan, karena memang banyak manfaat positif yang bisa didapatkan.

Namun sangat penting untuk mempelajari bentuk dan teknik panahan secara tepat, tentunya dari instruktur panahan yang kualitasnya sudah terbukti. Hal ini memungkinkan seseorang terhindar dari cedera saat berlatih, jika mengalami rasa sakit secara tiba-tiba dan menyakitkan pada lengan, bahu, dada dan punggung maka segera hentikan aktivitas berlatih olahraga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *