7 Buah untuk Melancarkan BAB

Buang air besar atau BAB merupakan kegiatan yang pasti dilakukan oleh makhluk hidup terutama manusia. Namun, tidak semua orang bisa buang air besar dengan lancar. Kesulitan buang air besar ini biasa disebut dengan sembelit dan tentu akan mengganggu aktivitasmu. Maka dari itu, kamu perlu konsumsi buah untuk melancarkan BAB atau agar tidak sembelit.

Sulit buang air besar merupakan gangguan pencernaan yang biasa dialami banyak orang. Hal tersebut ditandai dengan pergerakan isi perut yang tidak biasa. Gangguan pencernaan di usus akan menghasilkan feses dengan tekstur kering dan padat sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Selain itu, gejala-gejala lain yang dapat dialami yaitu buang air besar sulit, sehingga harus mengejan dan frekuensi BAB tidak normal yang terjadi kurang dari tiga kali dalam seminggu. Untuk memperoleh pencernaan atau buang air besar yang lancar adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin dan teratur.

Beberapa buah yang dapat melancarkan buang air besar, yaitu:

Apel

Apel juga masuk ke dalam daftar buah yang dapat melancarkan BAB, karena kandungan serat larut air yang bernama petin dalam apel dapat mempercepat pergerakan tinja melalui usus serta meredakan gejala konstipasi. Selain pada daging buahnya, manfaat ini juga bisa diperoleh dari kulitnya. Namun jika ingin mengonsumsi apel bersama kulitnya, pastikan sudah mencucinya hingga benar-benar bersih.

Jeruk

Siapa yang tidak kenal dengan buah berwarna oranye ini? Sebuah jeruk ukuran besar mengandung 4 gram serat dan menyediakan sekitar 86 kalori. Kandungan serat yang ada di dalamnya dapat membantu melancarkan BAB. Selain itu, kandungan flavonol aktif yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah dan mengatasi konstipasi.

Tomat

Tomat juga menjadi salah satu buah yang baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin A, B1, dan C pada tomat sangat baik untuk tubuh. Tomat mengandung banyak garam mineral yang dapat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur, sehingga makanan dicerna dengan baik dan mudah dibuang keluar dari tubuh. Mengonsumsi tomat secara teratur dapat membantu anoreksia atau kehilangan nafsu makan.

Pepaya

Pepaya adalah pilihan tepat untuk kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan. Buah tersebut dapat membantu memecah serat makanan di dalam sistem pencernaan, sehingga memperlancar saluran pencernaan makanan. Buah pepaya juga mengandung vitamin C dan provitamin A. Manfaat pepaya lainnya yaitu dapat mengobati luka, menghilangkan infeksi, dan menghilangkan alergi.

Pisang

Buah untuk melancarkan pencernaan lainnya yaitu pisang. Daging buah pisang yang lembut dapat melapisi dinding-dinding lambung dan usus. Buah ini bisa mempunyai dua efek yang berlawanan, seperti meredakan sembelit atau malah memicunya, tergantung pada kematangan buahnya. Pisang hijau atau yang masih muda dapat memicu sembelit. Sedangkan, pisang yang matang dapat melancarkan buang air besar karena kandungan serat yang tinggi.

Anggur

Anggur dapat menjadi alternatif buah untuk melancarkan pencernaan. Kandungan air yang sangat banyak pada anggur sangat baik untuk pencernaan, sehingga dapat melancarkan buang air besar dan menyembuhkan sembelit. Hal tersebut karena anggur memiliki sifat pencahar dan asam organik.

Kiwi

Buah kiwi termasuk golongan buah yang tinggi serat dan rendah gula sehingga aman untuk kesehatan perut dan melancarkan BAB. Selain kandungan seratnya, buah kiwi juga dikenal dengan kandungan enzim actinidain, yang memiliki efek positif terhadap kerja dan pergerakan usus.

Meskipun sebagian besar buah mengandung serat yang baik untuk melancarkan BAB, ada beberapa jenis buah yang justru bisa membuatmu jadi sulit BAB, antara lain pisang yang masih mentah dan kesemek yang asam.

Konsumsilah buah-buahan di atas secara rutin untuk melancarkan BAB. Namun jika konstipasi yang kamu alami tidak juga membaik atau justru bertambah parah, maka sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter, agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *