7 Manfaat Permen Strepsils, Tak Hanya untuk Pelega Tenggorokan

Permen Strepsils terkenal akan manfaatnya untuk melegakan tenggorokan dan pernapasan. Strepsils mengandung bahan aktif seperti amilmetakresol dan debinal sebagai antiseptik untuk menghentikan sekaligus membunuh kuman maupun bakteri penyebab infeksi rongga mulut, tenggorokan, dan saluran napas. 

Permen Strepsils hadir dalam berbagai rasa, seperti mentol, lemon, dan honey lemon. Meskipun lebih dikenal sebagai permen hisap pelega tenggorokan, ternyata Strepsils memiliki manfaat lain. Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat permen Strepsils

Fungsi dan Kegunaan Permen Strepsils

Strepsils memiliki manfaat utama sebagai lozenges atau permen pelega tenggorokan. Permen ini berfungsi mengatasi rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Adapun permen Strepsils dapat digunakan untuk:

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Radang tenggorokan bisa dipicu oleh infeksi kuman dan bakteri, suhu yang terlalu dingin atau panas, dan ruangan yang terlalu kering (kelembaban rendah). Sebagian besar permen Strepsils mengandung bahan alami yang berfungsi membuat tenggorokan nyaman, misalnya minyak adas dalam varian Strepsils Original atau madu dan lemon dalam Strepsils Honey Lemon. 

Selain itu, sebagian besar permen Strepsils mengandung antiseptik ganda yang bekerja dengan menghentikan dan membunuh kuman atau bakteri penyebab bakteri, sehingga radang tenggorokan bisa teratasi.  

  1. Mengatasi nyeri atau rasa sakit pada tenggorokan

Nyeri atau sakit pada tenggorokan bisa disebabkan karena batuk yang terus menerus. Jika kamu menghadapi masalah itu, coba Strepsil Sore Throat and Cough untuk mengatasi radang tenggorokan akibat batuk. 

Namun, jika rasa sakit tak kunjung hilang, kamu bisa mencoba Strepsils Extra Triple Action. Permen hisap ini mengandung hexylresorcinol 2.4 mg sebagai antiseptik, antibakteri, sekaligus anestesi untuk mengatasi rasa sakit di tenggorokan. Permen Strepsils ini memiliki cara kerja yang cepat, yaitu hanya 5 menit setelah konsumsi. Bahkan tablet hisap ini bisa mengurangi nyeri endotrakeal pada pasien pasca operasi tenggorokan (POST).  

  1. Membantu mengeluarkan dahak

Untuk masalah batuk berdahak, bisa diatasi dengan mengonsumsi Strepsils Lemon. Selain untuk meredakan radang dan nyeri tenggorokan, permen ini diperkaya dengan minyak rosemary yang bisa membantu mengencerkan dahak di tenggorokan.

  1. Menghangatkan tenggorokan

Musim penghujan memang pas ditemani dengan hidangan yang hangat. Sebagai pertolongan pertama, cobalah Strepsil Warm. Kandungan di dalamnya akan menghasilkan efek menghangatkan yang akan menjalar ke seluruh tubuh. 

  1. Melegakan dan menyegarkan napas

Strepsils Original dilengkapi dengan minyak peppermint, minyak adas, dan mentol yang berfungsi melegakan tenggorokan dan menyegarkan pernapasan. Selain itu, kandungan minyak ekaliptus dalam Strepsils Cool membuat tenggorokan menjadi nyaman dan terasa lega di saluran napas. 

  1. Mencegah hidung tersumbat

Pilek memang sangat tidak nyaman. Berlebihnya produksi lendir di hidung membuat kita sulit untuk mencium bau. Untungnya ada Strepsil Sore Throat and Blocked Nose yang berkhasiat untuk melegakan saluran nafas akibat pilek serta mengatasi rasa sakit pada tenggorokan.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Siapa sangka mengonsumsi permen Strepsils juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Hal ini karena Strepsils Orange mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, dan Strepsil Honey dan Lemon untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. 

Meski permen Strepsils memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan belum ada efek samping penggunaan yang dilaporkan, mengonsumsi lozenges juga harus sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada label kemasan. 

Kandungan bahan aktif pada permen Strepsils bisa mengiritasi pada lidah dan tenggorokan. Selain itu komponen yang terkandung di dalamnya juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. 

Adapun permen Strepsils boleh digunakan maksimal 3 tablet per hari, dan tidak untuk anak di bawah 6 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *