8 Cara Tepat Meredakan Nyeri Haid

Rasa nyeri saat haid memang hal yang tidak bisa dihindari, dan rasa tersebut sangat mengganggu aktivitas harian Anda sehingga Anda perlu cara tepat untuk meredakan nyeri haid.

Mengapa nyeri sering muncul saat Anda menstruasi? Hal ini karena otot-otot yang terdapat dalam rahim Anda akan melakukan kontraksi untuk membantu melepaskan pembuluh darah yang sudah menumpuk.

Hal yang demikian membuat Anda mengalami kram perut, dan dalam beberapa kasus ditandai dengan beberapa penanda seperti mual, muntah, sakit kepala, dan bahkan diare.

Agar Anda tidak terus-menerus mengalami hal itu sebaiknya Anda mulai gunakan cara-cara berikut ini:

1. Mengonsumsi obat bebas

Obat bebas adalah obat medis yang dijual secara umum, dan biasanya tanpa resep dokter. Obat ini dapat Anda gunakan untuk bisa meredakan rasa nyeri saat datang bulan.

Obat bebas yang biasa dijual adalah obat jenis anti-inflamasi nonsteroid atau NSAID yang  berupa ibuprofen dan naproxen, yang bisa menurunkan produksi prostaglandin dalam tubuh.

2. Mengompres panas ke perut

Selain konsumsi obat bebas, Anda juga bisa mengompres panas perut Anda yang dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri yang Anda alami.

Anda bisa mengompresnya menggunakan botol berisi air panas atau bantal pemanas atau jika tidak ada dapat juga mandi air hangat serta gunakan air panas.

3. Memijat dengan minyak esensial

Memijat menggunakan minyak esensial dapat juga meredakan nyeri haid yang kerap Anda alami saat datang bulan.

Memijat menurut para ahli dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit dengan segera. Teknik secara praktek melibatkan penekanan pada titik-titik yang dianggap sebagai pusat rasa sakit seperti di sekitar perut, bagian perut samping, dan punggung.

Minyak esensial yang ditambahkan saat pemijatan berguna sebagai aromaterapi yang secara efektif juga dapat menurunkan rasa nyeri sekaligus memberikan relaksasi.

4. Hindari makanan tertentu

Makanan-makanan bersantan, berlemak, dan makanan asin sebaiknya perlu Anda hindari saat menstruasi karena makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan perut Anda kembung dan Anda mengalami kelebihan cairan dalam tubuh.

Adapun mengurangi atau menghindari konsumsi makanan ini dapat membantu meredakan kram dan rasa tegang saat mengalami nyeri.

5. Melakukan masturbasi dan berhubungan seksual

Tahukah Anda jika melakukan masturbasi serta berhubungan seksual dengan pasangan ternyata dapat juga mengurangi tingkat rasa nyeri saat haid.

Berdasarkan sebuah penelitian ternyata hal-hal tersebut memberikan dampak yang sangat positif berupa pelepasan efek Dopamin untuk menghilangkan rasa sakit serta merangsang metabolisme dan sirkulasi darah yang berujung pada relaksasi.

6. Konsumsi makanan antiperadangan

Mengonsumsi makanan Anti-inflamasi atau antiperadangan juga dapat membantu menurunkan tingkat nyeri haid Anda.

Salah satu contoh makanan yang bisa Anda konsumsi ini adalah jahe yang mempunyai kandungan anti-inflamasi yang tinggi.

Satu cangkir jahe hangat yang sudah Anda rebus dapat memberikan banyak efek pada badan. Selain menenangkan, jahe juga dapat membantu penghambat tingkat prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit pada tubuh saat haid.

7. Melakukan yoga dan meditasi

Nyeri haid seringkali membuat Anda tidak nyaman saat duduk. Karena itu, untuk meredakannya Anda bisa melalukan yoga sembari bermeditasi.

Diketahui bahwa tindakan ini sebenarnya dapat meredakan rasa nyeri yang juga diakibatkan oleh stres tersebut karena pose yoga yang sangat beragam dengan memberikan efek relaksasi.

8. Berolahraga

Terakhir, yang perlu Anda lakukan adalah berolahraga yang secara medis dapat menurunkan tingkat prostaglandin serta meningkatkan sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang cukup buruk diketahui dapat membuat menumpukkan darah dalam rahim sehingga menyebabkan pembengkakan.

Dengan berolahraga juga Anda dapat merasakan relaksasi melalui pelepasan endorfin sehingga dapat meredakan nyeri haid yang sering Anda alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *