Alami Ciri-ciri Kanker Mulut Ini? Segera ke Dokter

Kebanyakan penderita kanker sulit sembuh dan berujung pada kematian karena penanganan yang terlambat, tidak terkecuali pada penderita kanker mulut. Kondisi ini terjadi karena penderitanya tidak menyadari ciri-ciri kanker mulut sedari awal untuk bisa segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. 

Kanker mulut sendiri merupakan pertumbuhan sel jahat yang mengacu pada salah satu bagian yang membentuk mulut. Sel kanker tersebut bisa tumbuh di lidah, gusi, bibir, hingga langit-langit mulut. Kanker mulut tak lain merupakan bagian dari jenis kanker yang dikelompokkan dalam kategori kanker kepala dan leher. Jadi ketika seseorang terdiagnosa mengalami kanker mulut, penanganannya pun akan meliputi bagian kepala dan leher. 

Penanganan yang lebih cepat terkait kanker tentunya membuahkan hasil yang lebih baik. Untuk itu, memahami ciri-ciri kanker mulut sedari awal menjadi sangat penting. Perhatikan apa Anda mengalami gejala-gejala di bawah ini sebab tanda-tanda tersebut merupakan gejala umum dari kanker mulut. 

  1. Disfagia 

Disfagia merupakan kondisi kesulitan menelan. Banyak orang menanggapi disfagia sebagai tanda munculnya radang tenggorokan. Namun jika kondisi ini muncul terlalu sering, Anda mesti berhati-hati sebab bisa jadi disfagia tersebut merupakan sinyal awal dari pertumbuhan sel kanker dalam rongga mulut. 

  1. Sariawan 

Jangan terburu-buru panik mendengar ciri-ciri kanker mulut yang satu ini. Tidak semua jenis sariawan merupakan gejala dari kanker. Umumnya, sariawan yang menjadi tanda pertumbuhan sel kanker dalam rongga mulut adalah yang tidak kunjung sembuh dalam hitungan beberapa minggu. Coba periksakan diri ke dokter alami mengalami gejala ini. 

  1. Suara Serak 

Lagi-lagi, gejala yang satu ini lebih sering diarahkan ke kondisi peradangan di bagian tenggorokan. Padahal, suara serak yang tidak kunjung membaik bisa menjadi pertanda adanya sel kanker pada rongga mulut Anda. Suara serak karena terjadinya radang umumnya diikuti dengan demam. Namun jika tidak, Anda mesti mewaspadai kemungkinan penyakit lain dari gejala ini. 

  1. Bercak Putih 

Perhatikan bagian selaput mulut yang membatasi rongga mulut dengan dinding pipi. Apakah Anda melihat bercak putih di bagian tersebut? Jika iya, cobalah menggosoknya dengan kasa steril dan air hangat. Bercak putih yang tidak berbahaya umumnya akan hilang ketika digosok air hangat. Namun jika bercak putih tersebut merupakan ciri-ciri kanker mulut, sifatnya akan permanen dan tidak akan pudar, meskipun sudah digosok dengan kasa steril. 

  1. Sakit Telinga 

Tahukah Anda kondisi mulut dan telinga sangat berhubungan? Apabila terjadi sesuatu di mulut Anda, gejala yang menimbulkan ketidaknyamanan juga akan dirasakan di bagian telinga. Termasuk ketika sel kanker mulut mulai tumbuh, umumnya penderita akan mengalami sakit telinga tanpa alasan yang jelas. 

  1. Penebalan Gusi 

Banyak orang mengeluhkan sakit gigi, namun sebenarnya tidak bermasalah. Gusilnyalah yang memiliki problem sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Terkait gusi, ciri-ciri kanker mulut juga dapat timbul di bagian rongga mulut yang satu ini. Gusi umumnya akan mengalami penebalan sehingga membuat mual terasa sakit apabila terjadi pembentukan sel kanker di dalamnya. 

  1. Sulit Menggerakkan 

Bagian rongga mulut Anda biasanya akan mengalami masalah gerak ketika sel kanker mulai tumbuh. Bagian rongga mulut yang paling sulit mengalami kesulitan gerak sebagai ciri-ciri sel kanker, biasanya adalah rahang dan lidah. Kesulitan gerak ini juga bisa berefek ke kondisi artikulasi suara yang Anda keluarkan mendadak cadel. 

  1. Pendarahan Mulut 

Pertumbuhan sel asing di mulut juga sangat mungkin membuat area mulut mengalami luka. Karena itulah, jangan kaget jika tiba-tiba penderita kanker mengalami pendarahan mulut secara tiba-tiba. Apabila Anda sempat atau tengah mengalami gejala ini pula, bergegaslah berkonsultasi ke dokter. 

*** 

Memahami ciri-ciri kanker mulut sedari dini bisa membuat kemungkinan sembuh Anda semakin besar. Jadi, jangan takut ke dokter jika menemui gejala yang mengarah ke kondisi kanker, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *