Berbagai Layanan Medis di Takenoko Clinic

Takenoko Clinic merupakan klinik kesehatan yang didirikan oleh Mr. Yamada Haruo pada tahun 2004. Klinik ini berkomitmen untuk memberikan pelayanan medis terbaik untuk semua orang terutama orang Jepang yang berada di Indonesia. Saat ini, Takenoko Clinic di Indonesia sudah memiliki 4 cabang, yaitu di Takenoko Clinic Sudirman, Takenoko Clinic Pondok Indah, Takenoko Clinic Bali, dan Takenoko Clinic Cikarang. 

Takeniko Clinic memberikan pelayanan kesehatan primer berstandar Jepang yang meliput ilmu penyakit dalam, bedah minor, kebidanan dan ginekologi, pediatri, oftalmologi, serta melayani rujukan untuk konsultasi ke spesialisasi.

Berikut beberapa pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Takenoko Clinic.

  1. Pemeriksaan COVID-19

Selama pandemi COVID-19, Takenoko Clinic melayani pemeriksaan COVID-19, yang meliputi Tes PCR, Rapid Test Antibodi, dan Rapid Test Antigen atau swab antigen. Ketiganya bisa dilakukan langsung di klinik dengan sistem booking maupun panggilan ke rumah atau On Call Service. Selain itu, Takenoko Clinic juga menyediakan telemedicine, sehingga pasien bisa melakukan konsultasi secara online tanpa perlu bertemu langsung.

Takenoko Clinic juga menawarkan pelayanan Vaksinasi Gotong Royong, yaitu program pelayanan vaksinasi untuk para pekerja di mana pendanaannya ditanggung oleh masing-masing perusahaan/ badan hukum/ badan usaha. Bagi yang ingin melakukan vaksinasi gotong royong dengan Takenoko Clinic bisa mendaftar secara online.

  1. Fisioterapi

Fisioterapi merupakan terapi yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi gerak tubuh. Prosedur medis ini biasanya dilakukan setelah pasien mengalami cedera, penyakit tertentu, atau disabilitas. Terapi ini harus dilakukan oleh fisioterapis dan atas rekomendasi dari dokter spesialis rehabilitasi medik. 

Melalui fisioterapi, pasien tidak hanya memperbaiki pergerakan tubuh tetapi juga dapat mengurangi rasa nyeri, mencegah disabilitas atau operasi, dan mencegah terjadinya cedera olahraga. Beberapa pasien juga menjalani fisioterapis sebagai cara rehabilitas setelah stroke, kecelakaan, cedera, atau operasi.

  1. Medical Check Up

Takenoko Clinic juga menawarkan pelayanan rutin medical check up yang menyeluruh, mulai dari medical interview, anthropometry, eye examination, ear examination, dental examination, hingga pemeriksaan laboratorium yang meliputi hematology, lipid profile, liver function, hepatitis screening, dan masih banyak lagi.

Pemeriksaan medical check up ada baiknya dilakukan secara rutin. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi pasien secara menyeluruh. Pasien juga dapat berkonsultasi mengenai keluhan atau gejala penyakit lainnya yang dialami tapi tidak terdeteksi.

  1. Vaksinasi

Takenoko Clinic tidak hanya menyediakan pelayanan vaksin COVID-19, tetapi juga beberapa vaksin lainnya, di antaranya adalah vaksin BCG, vakin polio, vaksin hepatitis A dan hepatitis B, vaksin influenza, serta vaksin MMR. 

Vaksin BCG (bacille Calmette-Guerin) merupakan vaksin yang diberikan untuk mencegah penyakit TBC atau tuberkolosis. Vaksin BCG biasanya diberikan pada balita usia 3 bulan, namun ada dokter yang menganjurkan pemberian vaksin mulai dari usia 2 bulan.

Sementara itu, ada pula vaksin polio dan vaksin hepatitis A serta hepatitis B. Pemberian vaksin ketiganya bisa dilakukan kepada anak-anak maupun orang dewasa. Vaksin dilakukan untuk mengaktifkan antibodi dalam tubuh untuk menyerang dan membunuh virus penyebab penyakit. 

Vaksin influenza diberikan kepada anak-anak untuk mencegah penyakit flu. Meski terlihat sebagai penyakit ringan, flu dapat menyebabkan beberapa komplikasi terutama pada anak-anak dan balita. Vaksin biasanya diberikan setahun sekali.

Sedangkan vaksin MMR diberikan untuk mencegah penyakit campak (measles), gondong (mumps), dan campak Jerman (rubella). Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga dapat menerima vaksin MMR. Namun, di Indonesia vaksin MMR telah digantikan oleh vaksin MR yang mencegah penyakin campak dan rubella. Keduanya dianggap menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya.

Itulah beberapa pelayanan medis dari Takenoko Clinic. Anda juga bisa mendapatkan layanan On Call Service atau layanan kunjungan ke tempat tinggal pasien. Calon pasien cukup menghubungi hotline dari Takenoko Clinic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *