Apakah Normal Berbicara pada Diri Sendiri? Ini Kata Ahli

Apakah Normal Berbicara pada Diri Sendiri? Ini Kata Ahli

Kamu sering berbicara dengan diri sendiri? Atau melihat orang lain berbicara dengan diri sendiri? Terkadang kita langsung mencap mereka sebagai seseorang dengan kondisi kesehatan mental. Memang banyak orang-orang dengan gangguan mental menunjukkan gejala demikian.

Tapi, itu tidak semua. Kamu mungkin pernah melakukannya setidaknya sekali selama hidupmu. Terkadang bicara pada diri sendiri dilakukan untuk menyemangati diri kita sendiri. Sebutan lain untuk orang yang berbicara kepada diri sendiri sebagai self-talk atau self-directed talk.

Namun, apakah bicara pada diri sendiri itu normal? Berikut penjelasannya menurut para ahli.

Apakah berbicara pada diri sendiri itu normal?

Saat melihat orang yang bicara sendiri, jangan langsung berpikiran negatif dulu, ya, pada mereka. Atau kondisi lainnya saat kamu sendiri bicara pada diri sendiri, kamu merasa aneh dan takut disangka tidak normal. Hal ini pun menjadi pertanyaan untukmu. 

Tapi tenang, para peneliti telah mempelajari hal tersebut secara luas dan menyimpulkan bahwa itu adalah perilaku yang umum dan normal. Meskipun orang sering mengasosiasikan bicara pada diri sendiri dengan masalah kesehatan mental, profesional kesehatan menganggapnya normal di segala usia dan bahkan bermanfaat dalam beberapa keadaan.

Self talk atau bicara pada diri sendiri telah dipelajari oleh para peneliti untuk waktu yang lama. Sudah sejak tahun 1880-an, para ilmuwan tertarik pada topik ini, tentang apa yang orang katakan kepada diri mereka sendiri, mengapa mereka berbicara kepada diri mereka sendiri, dan tujuan dari berbicara sendiri.

Penelitian mendefinisikan bicara pada diri sendiri sebagai ekspresi verbal dari posisi internal atau keyakinan, seperti mengungkapkan perasaan batin, pikiran non-verbal, dan intuisi tentang situasi melalui ucapan. Kata-kata yang diucapkan oleh orang tersebut bermaksud hanya diarahkan pada dirinya sendiri. 

Kondisi ini juga banyak dilakukan oleh anak-anak, tapi para orang tua atau pengasuh tak perlu terlalu khawatir. Tindakan ini merupakan cara mereka mengembangkan bahasa, Ini adalah cara mengembangkan bahasa, tetap terstimulasi atau fokus pada yang mereka kerjakan dan meningkatkan kinerja mereka saat menyelesaikan tugas.

Beberapa orang merasa bahwa bicara pada diri sendiri menciptakan “kehadiran” di sekitar mereka yang membuat mereka merasa lebih baik dan membantu mengatasi kesepian. Ketika kamu berbicara kepada diri sendiri, kamu dengan sengaja memperhatikan lingkunganmu.

Apakah berbicara pada diri sendiri itu sehat?

Bicara pada diri sendiri memiliki beberapa manfaat selagi tidak menyebabkan risiko kesehatan yang signifikan atau mengalami gejala lain dari kondisi kesehatan mental, salah satunya halusinasi.

Bicara pada diri sendiri saat melakukan tugas yang penuh dengan instruksi atau perintah, dapat meningkatkan kontrol atas tugas, konsentrasi, dan kinerja. Keterampilan pemecahan masalah pun juga mungkin meningkat saat melakukannya sambal berbicara pada diri sendiri.

Sebuah studi 2012 meneliti bagaimana bicara pada diri sendiri mempengaruhi dalam mencari suatu barang atau objek tertentu. Studi tersebut menunjukkan bahwa berbicara sendiri sambil mencari objek tertentu, misalnya pakaian, aksesoris, atau kunci yang hilang, atau mencoba menemukan produk di toko, dapat membantu seseorang menemukannya lebih cepat.

Penelitian juga menunjukkan kemungkinan adanya manfaat bicara pada diri sendiri selama olahraga. Tapi, ini tergantung pada bagaimana orang tersebut bicara pada dirinya dan apa yang mereka katakan. Misalnya, berbicara untuk memotivasi diri untuk berolahraga dan menyelesaikan tujuannya.

Jenis-jenis bicara pada diri sendiri

Ada tiga kategori self talk atau bicara pada diri sendiri yang berbeda tergantung pada nada suara, antara lain:

  • Secara positif: Mendorong dan memperkuat keyakinan positif tentang seseorang. Self talk positif dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Secara negatif: Biasanya melibatkan dialog kritis dan mengecilkan hati
  • Secara netral: Ini tidak signifikan atau bisa positif atau negatif. Orang mungkin menggunakannya untuk memberikan perintah pada diri sendiri daripada memperkuat atau mendorong keyakinan atau emosi tertentu

Jenis lainnya adalah terbuka dan terselubung. Terbuka artinya mereka secara lantang bicara pada diri sendiri dan dapat didengar orang. Sementara yang terselubung adalah dialog internal pada diri sendiri yang tidak dapat didengar orang lain dan bisa dengan ucapan lisan. 

Melansir WebMD, menurut sebuah penelitian, 96% orang dewasa mengatakan bahwa mereka memiliki dialog internal terselubung dengan diri mereka. Sementara hanya 25% orang yang mengatakan bahwa mereka juga melakukan self talk secara terbuka atau lantang. 

Bicara pada diri sendiri tergolong dalam tindakan yang umum dan normal. bahkan penelitian menunjukkan ada beberapa manfaat bicara pada diri sendiri. Ini tidak perlu dikhawatirkan selagi tidak terjadi gejala kondisi kesehatan lainnya yang mengarah pada gangguan mental. 

Kamu bisa menemukan lebih banyak informasi mengenai manfaat bicara pada diri sendiri, penyebab dan kapan waktu yang tepat untuk memeriksakannya di website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter seputar topik tersebut. Download aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *