Bodrexin Tablet, Aspirin untuk Anak

Aspirin atau asam asetilsalisilat merupakan salah satu obat yang digunakan untuk menurunkan demam dan nyeri. Salah satu merek dagang yang mengandung aspirin adalah Bodrexin. Merek ini memiliki berbagai jenis yaitu bodrexin sirup dan bodrexin tablet yang aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil.

Bodrexin tablet merupakan obat yang mengandung aspirin dan berguna untuk meredakan demam dan nyeri ringan pada anak yang meliputi sakit pada persendian, sakit pada punggung, nyeri otot, dan sakit kepala. Bodrexin tablet juga dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi. Obat ini telah bersertifikat halal dan dapat dibeli tanpa resep dokter. 

Selain mengandung asam asetilsalisilat atau aspirin, bodrexin table juga memiliki zat antipiretik dan analgetik. Artinya, obat ini sangat efektif dalam menurunkan panas pada anak sekaligus dapat meredakan nyeri. Namun, orang tua tidak perlu khawatir, kandungan aspirin pada bodrexin tablet telah disesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga aman untuk dikonsumsi.

Selain sifatnya yang analgetik dan antipiretik, aspirin juga dapat menjadi obat antiplatelet yang dapat mengencerkan darah dan mencegah terbentuknya gumpalan darah. Sifat antiplatelet pada aspirin ini membuatnya cocok digunakan untuk mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Aspirin juga dapat mencegah pembentukan prostaglandin karena merupakan obat golongan antiinflamasi nonstereoid. Sayangnya, masih banyak orang tua yang ragu untuk memberikan aspirin pada anak karena dapat menyebabkan sindrom reye.

Sindrom reye memang telah menjadi momok tersendiri bagi orang tua ketika harus memberikan aspirin kepada anak. Karena itu, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi aspirin sebagai obat pertolongan pertama pada anak yang sedang demam. 

Sindrom reye sendiri merupakan kondisi di mana terjadinya pembengkakan pada hati dan otak. Hal ini terjadi ketika anak diberikan obat aspirin atau pengencer darah ketika sedang mengalami infeksi berat seperti flu dan cacar air. Beberapa ahli medis menganjurkan untuk memberikan iburpofen atau asetaminofen untuk mengatasi nyeri dan demam pada anak karena kedua obat tersebut dirasa lebih aman dibanding aspirin.

Bodrexin tablet sendiri memiliki berbagai kegunaan untuk penyakit pada anak, seperti meredakan demam setelah melakukan imunisasi, meredakan nyeri ringan pada anak seperti sakit kepala, nyeri sendiri, dan nyeri otot, hingga menurunkan panas pada anak. Penggunaan bodrexin tablet atau aspirin tidak akan berbahaya untuk anak jika orang tua dapat memberikannya sesuai dosis yang ditentukan.

Dosis bodrexin tablet adalah sebagai berikut: 

  • Anak dengan usia 2 sampai 3 tahun: 1 tablet
  • Anak dengan usia 4 sampai 5 tahun: 2 tablet
  • Anak dengan usia 6 sampai 8 tahun: 3 tablet

Bodrexin tablet harus dikonsumsi setelah makan dan dapat diminum langsung dengan air putih atau dihisap secara perlahan.

Jika orang tua tidak memberikan bodrexin tablet sesuai yang dianjurkan atau anak memang tidak cocok menggunakan aspirin, akan terdapat efek samping yang mengikuti. Efek samping dari penggunaan bodrexin tablet adalah sebagai berikut:

  • Vertigo atau pusing
  • Gangguan mental
  • Gangguan pendengaran
  • Gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sakit perut, atau perasaan panas seperti terbakar di dada (heartburn)
  • Reaksi alergi
  • Urine berwarna gelap dan mata berwarna kuning
  • Penggunaan jangka panjang pun dapat menyebabkan kerusakan hati.

Selain itu, bodrexin tablet juga memiliki kontaindikasi terhadap orang-orang yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, penderita tukak lambung, serta pasien yang memiliki hemofilia atau gangguan pada darah yang tidak membeku secara normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *