Bukan Hanya Galvus, Makanan Ini Bantu Anda Terkena Diabetes

Bagi Anda yang sedang mengalami diabetes seringkali dianggap tidak dapat mengonsumsi makanan yang enak. Nyatanya, meskipun sedang menderita diabetes Anda masih bisa mengonsumsi makanan yang enak tetapi tetap aman. Salah satu cara untuk menikmati makanan enak adalah dengan menjaga pola makan Anda agar tetap teratur dan seimbang. Hal ini pun bisa Anda seimbangkan dengan mengonsumsi Galvus. 

Galvus merupakan obat yang dapat mengendalikan kadar gula darah bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2. Jadi, jika Anda sudah menjaga pola makan dan mengonsumsi Galvus sebagai penyeimbang tetap bisa menikmati makanan enak.

Hal ini karena Galvus mengandung zat aktif vildagliptin yang dapat membantu mengubah makanan yang dikonsumsi dan mengontrol gula darah. Hanya saja, Galvus merupakan obat keras sehingga untuk mendapatkannya memerlukan resep dokter. Berikut ini beberapa makanan yang aman bagi penderita diabetes sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai gula darah dalam tubuh.

  1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks yang sangat tepat untuk pengidap diabetes tipe 2. Karbohidrat kompleks lebih aman karena dinilai lebih sehat, bergizi dan lebih aman bagi penderita diabetes. Penderita diabetes akan lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti umbi – umbian, buah – buahan, biji – bijian utuh, legum hingga produk gandum utuh. Kentan, ubi jalar, tomat, pisang, beras merah, oat, buncis, kacang polong dan roti gandum merupakan makanan sumber karbohidrat sehat yang aman dikonsumsi.

  1. Serat

Kadar gula darah dapat terkendali dengan makanan yang kaya akan serat sehingga aman dikonsumsi bagi Anda yang mengalami diabetes. Pepaya, apel, bir, bayam, brokoli, selada, kacang tanah, almond, biji rami dan chia seed merupakan makanan tinggi serat yang aman Anda konsumsi untuk mengendalikan kadar gula darah.

  1. Protein

Protein masuk dalam makronutrien esensial karena sangat diperlukan tubuh untuk sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Meski memiliki tugas dan fungsi yang penting, bagi penderita diabetes Anda perlu memilih makanan berprotein yang aman untuk dikonsumsi. Protein hewani seperti daging sapi, dada ayam tanpa kulit, telur merupakan protein yang aman untuk dikonsumsi. Sedang kacang merah, kacang hitam, kacang polong, edamame, dan tahu adalah jenis protein nabati yang tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang mengalami diabetes.

  1. Lemak sehat

Anda yang mengalami diabetes pun tetap dibolehkan untuk mengonsumsi lemak, tetapi lemak yang sehat. Lemak tak jenuh yang dikonsumsi dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi diabetes. Lemak tak jenuh pun terbagi menjadi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Minyak zaitun, minyak kanola, alpukat, kacang almond, hazelnut, serta biji labu, dan wijen merupakan lemak tak jenuh tunggal yang aman untuk Anda konsumsi. Sedangkan jika Anda ingin mengonsumsi makanan lemak tak jenuh ganda bisa mengonsumsi minyak bunga matahari, minyak jagung, kenari, biji rami, dan ikan sebagai pilihannya.

  1. Vitamin, mineral, dan antioksidan

Anda juga memerlukan vitamin, mineral dan antioksidan agar pemenuhan gizi semakin seimbang dan membantu menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi guna menyeimbangkan gizi dan nutrisi bagi tubuh.

  • Kalsium seng, dan potassium yang didapatkan dari sayuran hijau yang juga mengandung vitamin A, C, E dan K
  • Buah stroberi yang tinggi vitamin C dan antioksidan
  • Buah jeruk atau aneka buah sitrus yang tinggi serat, vitamin C, potassium dan folat

Itulah beberapa makanan sehat dan enak yang bisa Anda konsumsi untuk menyeimbangkan dan mengontrol kadar gula darah selain mengonsumsi Galvus. Anda bisa mengecek kadar gula darah secara mandiri atau pun dengan dokter sekaligus berkonsultasi mengenai pola makan yang baik untuk kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *