Cara Cetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan secara online dan offline

cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda.

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program pemerintah untuk memberikan perlindungan terhadap pekerja. Perlindungan yang dimaksud berupa perlindungan sosial dan ekonomi.

Pemerintah mengatur bahwa perusahaan atau pemberi kerja wajib mendaftarkan pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, pekerja berhak mendapatkan manfaat selama masih bekerja atau setelah tidak lagi bekerja.

Manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan juga beragam, mulai dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun.

Nah Anda sebagai pekerja berhak mengakses atau mencari tahu cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan yang sekarang dilakukan secara mandiri. Yuk simak caranya!

Cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah

Beberapa tahun lalu aturan yang berlaku sedikit berbeda. Ketika Anda terdaftar sebagai pegawai baru suatu perusahaan, perusahaan tersebut akan mendaftarkan Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan secara resmi.

Setelah semua dokumen lengkap dan Anda terdaftar resmi, BPJS akan mengirimkan kartu ke perusahaan yang nantinya akan diteruskan kepada Anda. Artinya, Anda tidak perlu mengurus langsung secara mandiri.

Nah sekarang aturan yang berlaku sedikit berbeda. Anda bisa mengakses kartu melalui aplikasi atau situs web BPJS Ketenagakerjaan. Jika membutuhkan versi cetaknya, Anda dapat mencetak kartu sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan secara online:

Melalui aplikasi BPJSTKU

Langkah termudah untuk mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menggunakan aplikasi. Anda bisa mendownload aplikasi BPJSTKU di Play Store atau App Store, sesuai dengan smartphone Anda. Caranya:

1. Pertama, download aplikasi BPJSTKU melalui Play Store atau App Store

2. Bagi Anda yang belum memiliki akun, pilih opsi Pendaftaran Pengguna BPJSTKU. Setelahnya, pilih jenis kepesertaan Anda. Isilah form yang terdapat di layar, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, nomor NIK, dan nomor BPJS Ketenagakerjaan.

3. Setelah dilakukan verifikasi, akun telah berhasil dibuat. Jika Anda sudah memiliki akun, login menggunakan email dan password yang terdaftar. Bagi Anda yang lupa password, pilih opsi Lupa Password untuk melakukan pengaturan ulang kata sandi.

4. Jika berhasil login, Anda akan masuk ke beranda aplikasi. Kemudian, pilih opsi Kartu Digital. Klik kartu sehingga muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan beserta informasi kepesertaan Anda. Hal ini juga akan sangat membantu jika Anda ingin cek kartu BPJS Ketenagakerjaan.

5. Di menu pojok kanan bawah, terdapat opsi Simpan Kartu ke Galeri dan Kirim Kartu ke Email. Anda bisa memilih salah satu opsi tersebut untuk download kartu BPJS Ketenagakerjaan. Jika kartu digital sudah tersimpan di perangkat, Anda pun bisa langsung mencetaknya dengan printer.

Melalui website BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda lebih nyaman menggunakan PC atau laptop, cara kedua ini mungkin lebih cocok bagi Anda. Anda bisa membuka website BPJS Ketenagakerjaan dan mencetak kartu. Caranya:

1. Pada halaman beranda website, pilih menu Layanan Peserta. Kemudian pilih Tenaga Kerja. Klik Masuk dan pilih BPJSTKU.

2. Jika Anda belum memiliki akun, pilih opsi Daftar Pengguna. Isi form yang tersedia hingga pendaftaran berhasil. Sementara, jika sudah memiliki akun, Anda bisa login menggunakan alamat email dan password yang telah dibuat.

3. Kemudian pilih menu Kartu Digital. Pada gambar kartu, klik kanan dan pilih menu Save Image As. Setelah kartu digital BPJS Ketenagakerjaan berhasil tersimpan di perangkat, Anda bisa mencetaknya langsung.

Cara cetak lainnya

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan cara online, Anda bisa memilih opsi manual dalam cara cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan. Artinya, Anda harus mendatangi kantor cabang

Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan. Biasanya Anda diminta memberikan copy dokumen pendaftaran.

Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan HRD perusahaan Anda untuk mendapatkan kartu BPJS. Tentu prosesnya mungkin sedikit lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *