Cara Memilih Sepatu Roda yang Bagus

Sepatu akhir-akhir telah menjadi booming kembali. Bukan hanya menyenangkan saat dimainkan tetapi juga dapat menjadi olahraga yang menyehatkan. Jika Anda baru dalam dunia sepatu roda, mungkin Anda bertanya-tanya kriteria sepatu roda yang bagus. Berikut ulasan mengenai cara memilih sepatu roda yang bagus.

Sebelum Anda memilih sepatu roda sesuai dengan fitur yang ditawarkan, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis sepatu roda. Terdapat tiga jenis sepatu roda, yaitu roller shoes, inline skate, dan quad skate. Semuanya memiliki fungsi dan karakter yang berbeda. 

Pemilihan sepatu roda yang bagus dan tepat bantu kurangi risiko cedera

Roller shoes merupakan kombinasi antara sneakers dan sepatu roda. Jenis ini sempat booming pada awal tahun 2000an. Rodanya berada di bagian tumit atau biasanya tersembunyi. Cukup menekankan gravitasi tubuh ke belakang sepatu jika ingin meluncur. Jika roda sudah rusak, Anda dapat melepaskan roda dan menggunakannya seperti sneakers biasa.

Sepatu inline skate mungkin yang paling banyak digunakan oleh sebagian orang. Sepatu roda ini memiliki empat roda yang sejajar. Meski tidak dapat berdiri tegak dan sulit diseimbangkan, inline skate memungkinkan penggunanya untuk melakukan banyak trik gerakan. Jenis inline skate pun beragam, seperti fitness inline skate, aggressive inline skate, racing inline skate, serta freestyle inline skate.

Quad skate atau quad roller merupakan jenis sepatu roda yang cocok bagi pemula. Berbeda dari inline skate, quad skate dapat berdiri tegak karena rodanya diletakkan di empat sudut. Selain cocok bagi pemula yang baru bermain sepatu roda, sepatu ini juga direkomendasikan bagi yang ingin menari menggunakan sepatu roda.

Lalu, bagaimana cara memilih sepatu roda yang bagus? Berikut tipsnya.

  1. Bahan sepatu roda

Terdapat dua bahan sepatu roda berdasarkan bootsnya yang bisa kamu pilih, yaitu soft boots dan hard boots. Untuk pemula, bisa memilih soft boots yang terbuat dari material lembut sehingga nyaman saat digunakan dan mudah dipakai, seperti sedang memakai sneakers.

Sementara hard boots menggunakan material keras seperti plastik yang berfungsi untuk melindungi pergelangan kaki. Sepatu roda dengan bahan ini cocok digunakan untuk bermain ski, slalom, maupun freestyle

Dari segi harga, sepatu roda berbahan hard boots memiliki harga yang lebih mahal ketimbang soft boots. Namun, soft boots masih sangat jarang di pasar Indonesia jika dibandingkan dengan hard boots

  1. Roda

Memilih roda sama saja dengan memilih jenis sepatu roda. Untuk pemula lebih baik menggunakan sepatu roda quad skate yang memiliki dua roda depan dan dua roda belakang. Posisi roda tersebut akan membantu kamu untuk menjaga keseimbangan. Sementara jika kamu sudah lama bermain sepatu roda, kamu bisa memilih inline skate atau sepatu roda dengan empat roda sejajar. 

Anda juga perlu memperhatikan tingkat kekerasan roda. Roda yang keras cenderung lebih awet daripada roda yang lembut, tetapi memiliki daya cengkram yang lebih rendah. Sebaliknya, roda yang lebih lembut memiliki daya cengkram yang lebih baik namun tidak bertahan lama jika digunakan jangka panjang.

  1. Pengunci sepatu roda

Dalam memilih sepatu roda yang bagus, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah pengunci roda. Terdapat dua jenis pengunci sepatu roda, yaitu buckle dan tali. Meski sama-sama mengunci sepatu roda secara optimal, keduanya memiliki cara pemakaian yang berbeda.

Pengunci roda dengan buckle sangat direkomendasikan untuk anak-anak. Selain mudah dipakai dan dilepas, pengunci jenis buckle dapat terasa lebih pas pada bagian pergelangan kaki. Anda juga tidak perlu khawatir pengunci akan terlepas secara tidak sengaja, sehingga terasa aman saat digunakan.

Sementara itu, pengunci sepatu roda jenis tali lebih banyak membutuhkan waktu saat menggunakannya. Bagi anak-anak pun menali sepatu akan sangat sulit. Namun, sepatu roda yang menggunakan pengunci tali dapat terasa sangat pas di kaki Anda. 

Selain ketiga hal di atas, dalam memilih sepatu roda yang bagus juga harus memperhatikan ukuran sepatu. Pastikan Anda memilih ukuran sepatu yang pas di kaki Anda. Tetapi ada pula yang menyarankan untuk memilih ukuran satu angka di atas sepatu yang biasa dikenakan. Coba perhatikan panduan ukuran sepatu roda sehingga dapat memilih sepatu roda yang bagus dan pas untuk digunakan meluncur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *