Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan dengan Gerakan Sederhana Berikut Ini

Bergerak aktif dan berolahraga ringan sangat disarankan menjelang minggu terakhir kehamilan. Olahraga dapat membantu ibu hamil mengatasi ketidak nyamanan terkait kehamilan, dan merupakan cara mempercepat pembukaan persalinan dengan efektif.

pembukaan persalinan

Berikut ini beberapa aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mempercepat pembukaan persalinan.

Berjalan kaki

Bagi ibu hamil, berjalan kaki mungkin menjadi kegiatan yang cukup sulit dilakukan. Pasalnya ibu menanggung beban dua kali lipat sehingga sulit untuk melangkahkan kaki. Namun berjalan kaki menjadi salah satu cara mempercepat pembukaan persalinan.

Ibu hamil yang rutin berjalan kaki cenderung lebih mudah melewati proses bersalin dibandingkan ibu yang hanya berdiam diri dan tetap berbaring di rumah. 

Anda tidak harus keluar rumah dan berjalan mengelilingi kompleks. Cukup berjalan beberapa langkah secara rutin di dalam rumah untuk membantu membuka serviks.

Menaiki tangga

Menaiki tangga membuat posisi tubuh Anda mengalami kemiringan 40 hingga 45 derajat. Posisi ini mendorong bayi jadi lebih rendah ke arah panggul, memberi tekanan lembut pada serviks sehingga membuat serviks menipis dan melebar.

Ketika Anda melakukan latihan ini, mintalah bantuan pasangan atau keluarga untuk menuntun Anda. Pastikan gunakan tangga yang memiliki pegangan dan berpegangan dengannya demi alasan keamanan.

Squat

Latihan squat akan memperkuat otot kaki, pinggul, dan dasar panggul. Ketika dilakukan selama masa kehamilan, squat membantu bayi turun ke jalan lahir sehingga akan mengurangi waktu persalinan.

Untuk melakukan squat, berdiri dengan tegak dengan kaki terbuka selebar bahu. Jongkok secara perlahan dengan tetap menjaga punggung dan lutut tidak terlalu menonjol. Tahan posisi ini selama 20 hingga 30 detik dan kembali ke posisi semula.

Ketika melakukan squat, mintalah bantuan pasangan Anda. Anda juga bisa menggunakan bola fitness sebagai penahan agar lebih aman.

Lunges

Gerakan ini akan membantu membuka panggul dan memperkuat paru-paru. Untuk melakukannya, berdirilah dengan kaki rapat lalu ambil satu langkah besar dengan salah satu kaki dan buatlah posisi berlutut dengan kaki lainnya menahan di belakang. 

Pastikan tulang belakang Anda lurus, lalu tahan posisi ini selama 5 hingga 10 detik. 

Latihan ini akan sangat sulit dilakukan mendekati waktu persalinan, jadi jangan ragu meminta bantuan pasangan Anda.

Peregangan kupu-kupu

Gerakan ini merupakan gerakan pemanasan yang umum dilakukan. Dibandingkan dengan latihan yang telah disebutka di atas, peregangan kupu-kupu merupakan gerakan yang paling mudah dilakukan. 

Anda tak perlu banyak bergerak, cukup duduk tegak dan tempelkan kedua telapak kaki Anda. Tekan lutut dengan lembut menyentuh lantai dan tahan posisi selama 15 hingga 30 detik. Ulangi gerakan ini 5 hingga 10 kali. 

Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot punggung, pinggul, panggul, dan paha dalam. Memperkuat area tubuh tersebut sangat membantu dalam melancarkan proses persalinan. 

Hal-hal yang harus diperhatikan

Berolahraga dapat menginduksi persalinan secara alami, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai olahraga antara lain:

  • Minum sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Mencukupi kebutuhan cairan sangat diperlukan ketika olahraga, terutama pada ibu hamil
  • Gunakan sport bra untuk menopang payudara Anda sepenuhnya dan membuat Anda tetap nyaman
  • Teruslah bergerak. Istirahatlah yang cukup dan tetap isi waktu luang Anda untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan, seperti menggerakkan kaki, lengan, atau bagian tubuh lainnya. Hal ini mencegah otot Anda menjadi kaku selama proses persalinan.

Pada wanita dengan kehamilan normal, olahraga dapat dilakukan sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan persalinan secara alami. Namun pada beberapa kondisi dokter menyarankan untuk membatasi aktivitas olahraga.

Sebelum melanjutkan rutinitas senam hamil, konsultasikan dengan dokter untuk  mendapatkan referensi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *