Cara Mengatasi Penyakit Lutut Bengkak Agar Tidak Makin Parah

Lutut bengkak merupakan respon tubuh terhadap adanya kerusakan yang terjadi di bagian lutut yang diakibatkan oleh cedera atau gejala penyakit lain. Kondisi ini ditandai dengan cairan yang menumpuk di dalam atau sekitar sendi lutut.

Lutut bengkak dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang menyebabkan terhambatnya aktivitas sehari-hari karena rasa kaku, nyeri, dan sakit di daerah sendi. Jika Anda mengalami pembengkakan di bagian lutut selama lebih dari 3 hari, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Penyebab utama yang menyebabkan lutut bengkak adalah kondisi dimana lutut mengalami kelebihan cairan yang menumpuk. Hal ini menyebabkan lutut membesar sehingga memunculkan gejala yang kurang nyaman di sekitar daerah lutut.

Tanda dan gejala dari lutut bengkak yang biasanya dirasakan penderita meliputi:

  • Pembengkakan: Kulit di sekitar tempurung lutut bisa menunjukkan keadaan lutut yang membengkak, terutama jika Anda membandingkan lutut yang sakit dengan yang normal.
  • Rasa kaku: Ketika terdapat cairan berlebih di bagian sendi lutut, Anda mungkin tidak dapat menekuk atau meluruskan kaki sepenuhnya karena bagian tersebut terasa kaku.
  • Nyeri: Nyeri yang dirasakan tergantung pada penyebab penumpukan cairan. Lutut mungkin sangat menyakitkan sampai-sampai sulit untuk menahan beban di atasnya.

Sebelum memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lutut bengkak di rumah. Beberapa diantaranya, yaitu:

Istirahat

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati lutut bengkak adalah dengan mengistirahatkan lutut. Caranya adalah dengan menghindari olahraga dan aktivitas menahan beban lainnya selama 24 jam atau lebih untuk memberikan istirahat pada lutut.

Hal ini akan berdampak baik untuk lutut dimana dengan membiarkan lutut beristirahat, akan memberikan kesempatan untuk lutut pulih dan sembuh. Namun tidak berarti Anda benar-benar tidak melakukan apa-apa. Untuk tetap membuat lutut berfungsi baik, Anda bisa meluruskan lutut dengan lembut dan melenturkannya beberapa kali sehari. Ini akan membantu lutut mempertahankan rentang gerak.

Kompres lutut dengan es batu

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres bagian lutut yang mengalami pembengkakan dengan es batu. Anda bisa melakukannya selama 15 hingga 20 menit setiap dua hingga empat jam selama tiga hari pertama setelah lutut mengalami cedera.

Dengan memberikan kompres es batu di bagian lutut yang cedera, hal ini akan membantu mengendalikan rasa sakit dan mengurangi terjadinya pembengkakan. Jangan lupa untuk gunakan handuk bersih untuk membungkus es batu tersebut ketika hendak mengoleskan es batu ke bagian lutut untuk menghindari kerusakan pada kulit karena gesekan langsung es batu ke kulit.

Bungkus lutut dengan perban

Anda juga bisa membungkus bagian lutut yang bengkak dengan perban yang elastis dan erat untuk mencegah cairan di dalam lutut bertambah. Namun jangan membungkusnya dengan terlalu erat karena bisa menyebabkan pembengkakan terjadi di tungkai bawah dan bagian kaki. Jadi, pastikan untuk memasang perban dengan aman dan nyaman.

Angkat lutut / Elevate

Aktivitas mengangkat lutut bisa Anda lakukan untuk mengurangi peradangan di lutut yang bengkak. Caranya adalah dengan duduk atau berbaring dan kemudian meletakkan kaki di atas kursi atau bantal yang ditinggikan.

Hal ini akan mengurangi aliran darah ke bagian lutut bengkak sehingga mampu mengurangi pembengkakan. Anda harus memastikan posisi kaki Anda terangkat lebih tinggi dari posisi jantung.

Memijat lutut

Memijat lutut dapat membantu mengalirkan cairan dari sendi. Anda dapat memijat diri sendiri dengan lembut atau memanggil tukang pijat profesional.

Untuk pemijatan sendiri, Anda dapat menggunakan minyak agar lebih mudah untuk melakukan pemijatan. Minyak tidak hanya akan membantu Anda memijat dengan mudah, tetapi juga diketahui dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Untuk pengobatan lebih lanjut, Anda bisa melakukan konsultasi secara online dengan tenaga medis profesional yang tersedia di aplikasi SehatQ yang bisa Anda download dari Google Play Store / App Store. Download aplikasi SehatQ untuk dapatkan informasi mengenai penyakit, pola hidup sehat, dan obat-obatan dengan praktis secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *