Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah yang Perlu Anda Tahu

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang harus tetap dijaga kebersihan dan keindahannya. Oleh sebab itu, rambut harus dirawat dengan baik. Perawatan rambut tidak hanya dilakukan sekali, namun perlu untuk diperhatikan secara berkala sehingga keindahan dan kebersihannya tetap terjaga. Jika  tidak, maka bukan tidak mungkin rambut akan menjadi sarang permasalahan kepala seperti ketombe, kutu, maupun kerontokan. Jika sudah terjadi demikian, sampo kering atau perawatan lainnya mungkin akan dibutuhkan.

Banyak orang berpikir bahwa melakukan perawatan rambut harus dilakukan di salon atau klinik kecantikan sehingga akan menghabiskan banyak pengeluaran karena harganya yang mahal. Namun, siapa sangka, ternyata melakukan perawatan rambut bisa anda lakukan di rumah. Hal-hal sederhana dapat membantu anda mengaplikasikan bagaimana cara merawat rambut di rumah agar rambut tetap indah dan sehat.

Nah, apabila anda berminat untuk melakukan perawatan rambut di rumah secara mandiri, berikut ini ada beberapa cara merawat rambut yang bisa anda terapkan. 

Lakukan Keramas Secara Rutin dan Terjadwal

Beberapa orang berpikir bahwa melakukan keramas setiap hari akan membuat rambut lebih bersih dan sehat. Banyak yang mengira bahwa berkeramas rutin artinya adalah menggunakan shampo setiap kali mandi. Namun faktanya, jika anda terlalu banyak keramas, maka nutrisi baik dari rambut anda bisa saja menjadi mati dan tidak berfungsi lagi.

Oleh karenanya, perlu untuk menjadwalkan keramas agar rutin dan tidak berlebihan. Karena intensitas atau banyaknya keramas yang anda lakukan harus disesuaikan juga dengan jenis rambut dan jenis kulit kepala yang anda miliki. Misalnya untuk jenis rambut kribo, anda tidak perlu mencuci atau berkeramas terlalu sering.

Sebab, jenis rambut ini memiliki karakteristik yang kering dan padat. Dan untuk melumasi kulit kepala agar akar rambut kuat, bukanlah dengan menyiramnya menggunakan air dan shampo. Melainkan harus membiarkannya menyerap minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala. Jadi jika ingin keramas, mungkin bisa dilakukan sebanyak dua sampai tiga kali saja dalam satu minggu.

Aplikasikan Kondisioner Setelah Keramas

Kondisioner merupakan salah satu produk perawatan rambut sederhana namun sangat banyak orang melewatkannya. Faktanya, kondisioner memiliki fungsi  penting dalam perawatan rambut seperti untuk menjaganya agar tetap lembab dan tidak mudah rontok. Hal tersebut dikarenakan dalam kondisioner didapati berbagai bahan dan formula penting seperti emolien, silikon, dan formula lainnya yang penting untuk menutrisi rambut anda.

Penggunaan kondisioner perlu dilakukan pada saat setelah selesai keramas. Perhatikan pula jenis kondisioner apa yang anda gunakan, sebab dengan perkembangan dunia kesehatan dan kecantikan, seperti halnya perkembangan sampo basah dan sampo kering, dalam produk kondisioner saat ini telah ditemui pula  produk  kondisioner yang tidak perlu dibilas dengan air. Nah, dalam mengaplikasikan kondisioner tersebut, anda perlu mengoleskannya secara rata dari permukaan atas kepala masuk ke helai-helai rambut, menyentuh kulit kepala hingga sampai ke ujung helai rambut.

Potong Ujung Helai Rambut

Memotong ujung helai rambut merupakan salah satu cara ampuh untuk merawat kesehatan rambut anda.  Ujung helai rambut sering sekali ditemui cabang, jika ujung ini tidak segera dipotong, maka dikhawatirkan cabang tersebut akan menjalar ke tubuh rambut dan mematikan nutrisi yang ada di dalam helai rambut. Oleh sebab itu, perlu memotong ujung helai rambut secara berkala. Jika  perlu, sebelum memotong rambut anda dapat keramas baik itu dengan sampo basah maupun sampo kering agar rambut lebih halus dan mudah untuk diratakan saat dipotong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *