Gejala Agranulositosis yang Perlu Dipahami

Merupakan sebuah istilah yang dipakai ketika terjadi kondisi di mana sumsum tulang gagal membentuk granulosit dinamanakan dengan agranulositosis. Kondisi ini sebagian besar terdiri dari neutrofil, merupakan jenis sel darah putih yang bertugas untuk melawan infeksi, Tubuh seseorang yang kekurangan granulosit atau neutrofil dengan mudah akan terserang infeksi.

Jika dalam keadaan normal, sumsum tulang mampu membentuk 1.500 neutrofil per mikroliter darah. Sementara pada kondisi yang tidak normal, jumlah neutrofil absolut yang terhitung tidak sampai 100 neutrofil per mikroliter darah. Apabila neutrofil yang rendah, infeksi ringan bisa berkembang menjadi infeksi serius.

Gejala dan Penyebab Agranulositosis

Kondisi ini termasuk dalam kategori yang cukup serius dan jika tidak segera mendapat penanganan, maka bisa mengakibatkan sepsis dan kematian. Orang yang mengalami gangguan ini akan mudah terserang infeksi karena minimnya jumlah sel darah putih, di mana sel ini bertugas untuk melawan serangan dari bakteri, beberapa gejala yang muncul layaknya infeksi misalnya seperti berikut.

  • Demam yang membuat seseorang merasa lemas dan disertai sakit kepala, berkeringat hingga menggigil.
  • Kemerahan di sekitar wajah, radang tenggorokan, sariawan yang tidak membaik, gusi berdarah, bisul pada kulit.
  • Infeksi yang semakin parah bisa mengakibatkan takikardia, napas menjadi cepat da tekanan darah rendah atau hipotensi.

Penyebab kondisi ini bisa terjadi karena adanya cacat dari lahir (kongenitak) atau karena akibat dari penyakit, obat  dan prosedur medis. Untuk cacat lahir pada umumnya disebabkan karena kelainan genetik langka, yakni sindrim kostmann. Berupa kelainan yang diturunkan kepada anak-anak dari para orang tua.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa sebanyak 70 persen kasus yang terkait dengan pemakaian obat antiseptik seperti misalnya clozapine, antimalaria, antiinflamasi dan antitoroid dapat disebabkan karena beberapa hal berikut ini.

  • Kondisi autoimun, bisa seperti lupus dan rheumatoid arthtritis, hepatitis, HIV dan tindakan kemoterapi serta tranplantasi sumsum tulang.
  • Penyakit yang menyerang sumsum tulang, misalnya anemia aplastik, leukimia dan sindrom mielodisplasia.
  • Paparan senyawa kimiawi, misalnya zat arsenik atau merkuri, lalu obat-obatan seperti antipsikotik, obat malaria, OAINS dan obat hipertiroid.

Diagnosa dan Pengobatan

Dokter akan melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan dan pemeriksaan fisik terhadap pasien, apabila diagnosa mengarah ke gangguan ini maka dokter akan langsung melakukan pemeriksaan hitung sel darah lengkap dan pemeriksaan hitung neutrofil absolut. Tindakan ini diperlukan untuk memeriksa jumlah sel darah secara keseluruhan, terutaa sel darah putih.

Hasil tes darah nantinya dipakai oleh dokter untuk memastikan tindakan diagnosis berikutnya, sementara itu pemeriksaan lain dipakai untuk mengetahui penyebab kondisi ini, seperti pemeriksaan aspirasi sumsum tulang dan biopsi umum tulang. Merupakan proses pengambilan sampel darah dan jaringan dari tulang daerah panggul.

Pengobatan yang dilakukan jika terjadi infeksi pada agranulositosis adalah dengan menggunakan antibiotik. Dokter akan memberi resep berdasarkan tingkat keparahan dari infeksi yang muncul, dalam beberap kasus antibiotik sudah diberikan kepada pasien sebelum munculnya infeksi, dengan tujuan mencegah infeksi terjadi.

Penting untuk mengetahui penyebab dari kondisi ini muncul sehingga tindakan medis yang dambil juga bisa dilakukan dengan segera. Misalnya, diduga karena obat malaria, maka akan diberikan pengganti dari obat tersebut. Bahkan, jika diperlukan pengobatan akan dihentikkan terlebih dahulu untuk sementara.

Pengobatan faktor penstimulasi koloni bisa digunakan untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, seperti menderita penyakit ini karena kemoterapi. Tujuan pengobatan ini dilakukan adalah mendorong sumsum tulang untuk menghasilkan lebih banyak neutrofil. Pengobatan ini juga dilakukan bersamaan dengan siklus kemoterapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *