Ini 5 Alasan Mengapa Astaxanthin Dikonsumsi Setiap Hari

astaxanthin

Bagi manusia, astaxanthin adalah antioksidan kuat dengan implikasi kesehatan yang luas, dan tidak seperti antioksidan lain, seperti beta karoten, zeaxanthin, vitamin E, C, D, dan selenium, astaxanthin tidak pernah menjadi prooksidan dalam tubuh. 

Pada beberapa orang, astaxanthin dikonsumsi setiap hari. Lalu apa alasannya suplemen astaxanthin dikonsumsi setiap hari? Berikut penjelasannya!

Apa itu astaxanthin?

Astaxanthin adalah karotenoid alami yang ditemukan pada alga, udang, lobster, kepiting, dan salmon. Karotenoid adalah warna pigmen yang ada di dalam dan mendukung kesehatan yang baik. Astaxanthin dijuluki “raja karotenoid” berwarna merah, dan bertanggung jawab untuk mengubah daging salmon, kepiting, lobster, dan udang menjadi merah muda.

Bagi manusia, astaxanthin adalah antioksidan kuat dengan implikasi kesehatan yang luas dan tidak seperti antioksidan lain, seperti beta karoten, zeaxanthin, vitamin E, C, D, dan selenium. Berikut beberapa alasan mengonsumsi suplemen astaxanthin setiap hari.

Alasan astaxanthin dikonsumsi setiap hari

  1. Astaxanthin dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan

Astaxanthin adalah anti-inflamasi dan pereda nyeri yang ampuh, memblokir berbagai bahan kimia di tubuh Anda. Astaxanthin pun mengurangi senyawa inflamasi yang mendorong banyak penyakit kronis. Lebih khusus lagi, astaxanthin memblokir enzim COX 2 seperti Celebrex, obat blockbuster yang diresepkan untuk osteoporosis, radang sendi, nyeri akut, dan dismenore bulanan. Faktanya, astaxanthin bekerja dengan baik dengan Celebrex akan bijaksana untuk menggabungkan keduanya jika Anda mau dan jika dokter Anda menyetujui penggunaannya. 

  1. Membantu melawan kelelahan

Astaxanthin memberikan pemulihan yang sangat baik dari latihan. Astaxanthin alami murni diindikasikan untuk pemulihan otot, daya tahan tubuh yang lebih baik, peningkatan kekuatan, dan meningkatkan energi. 

  1. Mendukung kesehatan mata

Astaxanthin memiliki kemampuan unik untuk melewati penghalang dan mencapai retina Anda. Uji klinis yang dirancang dengan baik telah menunjukkan bahwa astaxanthin membantu retinopati diabetes, degenerasi makula, ketegangan mata dan kelelahan dan melihat dengan detail yang bagus. 

  1. Membantu membersihkan sel

Karena astaxanthin mengandung antioksidan, ia dapat menyaring ke dalam setiap sel tubuh. Sifat molekul lipofilik dan hidrofiliknya yang unik memungkinkannya menjangkau seluruh sel, dengan satu ujung molekul astaxanthin melindungi bagian sel yang larut dalam lemak dan satu ujung melindungi bagian sel yang larut dalam air. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa astaxanthin 6.000 kali lebih kuat dari vitamin C, 550 kali lebih kuat dari katekin teh hijau dan 75 kali lebih kuat dari asam lipoat alfa.

  1. Perlindungan kulit dan tabir surya

Astaxanthin telah terbukti melindungi organ terbesar tubuh. Penelitian menunjukkan hasil yang sangat baik untuk membantu tingkat tingkat kelembapan kulit, kehalusan, elastisitas, kerutan halus dan bintik-bintik. 

Manfaat lain astaxanthin 

Selain mengandung antioksidan yang sangat baik. Nah, berikut manfaat lain dari astaxanthin. 

  • Kanker 

Sifat antioksidan dalam astaxanthin, ada banyak penelitian tentang bagaimana astaxanthin dapat membantu mengobati berbagai jenis kanker. Satu studi menemukan manfaat jangka pendek dan jangka panjang untuk pengobatan kanker payudara, termasuk penurunan pertumbuhan sel kanker payudara. 

  • Suplemen latihan 

Telah banyak penelitian tentang bagaimana astaxanthin dapat mempengaruhi daya tahan, serta tingkat kelelahan setelah berolahraga. Studi pada tikus menunjukkan bahwa itu dapat meningkatkan tubuh. Dan satu studi menggunakan subjek manusia tidak menemukan manfaat latihan dari suplemen astaxanthin dalam kaitannya dengan cedera otot.

  • Kesehatan jantung

Klaim lain termasuk anggapan bahwa astaxanthin dapat mencegah penyakit jantung dan membantu menurunkan kolesterol, tetapi belum ada cukup bukti untuk mendukung penggunan ini. 

  • Nyeri sendi

Astaxanthin mungkin juga memiliki masa depan dalam pengobatan nyeri sendi, termasuk kondisi seperti rheumatoid arthritis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa astaxanthin mungkin dapat mengurangi gejala peradangan dan nyeri yang terkait dengan artritis. 

  • Kesuburan pria

Pada sebuah studi tahun 2005, astaxanthin menunjukkan hasil yang positif untuk kesuburan pria. Para peneliti melihat peningkatan dalam parameter sperma, seperti jumlah dan motilitas, dan kesuburan yang meningkatkan pada kelompok yang menerima dosis astaxanthin yang kuat. Karena ini adalah studi berkala relatif kecil, lebih banyak bukti dan penelitian diperlukan untuk mendukung klaim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *