Inseminasi Buatan di RS Fatimah Serang

Kehadiran buah hati bisa menjadi pelengkap kebahagiaan sebuah keluarga. Namun, beberapa pasangan membutuhkan inseminasi buatan untuk membantu hadirnya si kecil ditengah keluarga. Salah satu rumah sakit yang memiliki prosedur unggulan inseminasi buatan adalah RS Fatimah Serang.

Inseminasi buatan atau disebut juga inseminasi artifisial merupakan prosedur perawatan kesuburan dengan metode memasukkan sel sperma langsung ke rahim atau serviks sehingga membuat peluang terjadinya kehamilan menjadi lebih besar. Sel sperma yang digunakan adalah sperma yang terbaik.

Pada pembuahan yang alami, sperma yang dikeluarkan pria akan berenang dari vagina ke leher rahim dan kemudian menuju rahim serta tuba falopi. Namun, tidak semua sperma bisa mencapai sel telur yang terletak di tuba falopi.

Dengan adanya inseminasi buatan, sperma akan dimasukkan langsung ke rahim dengan bantuan alat khusus sehingga mempermudah sperma mencapai sel telur. 

Tujuan inseminasi buatan

Inseminasi buatan dapat membantu pasangan suami istri yang sulit mendapat keturunan karena rendahnya jumlah sel sperma, kurangnya pergerakan sperma, dan bentuk sperma yang kurang optimal. 

Selain itu, prosedur ini juga ditujukan untuk mengatasi masalah kesuburan yang disebabkan oleh kondisi-kondisi sebagai berikut:

  • Gangguan kesuburan yang penyebabnya tidak diketahui secara pasti.
  • Kondisi serviks yang kurang baik, seperti terdapat sekret atau lendir yang menyumbat leher rahim.
  • Pergerakan sperma ke rahim yang terganggu karena adanya jaringan parut pada serviks. Hal ini bisa disebabkan oleh prosedur medis tertentu.
  • Gangguan ejakulasi, seperti ejakulasi dini.
  • Jumlah sperma yang keluar saat ejakulasi terlalu sedikit.
  • Kemampuan sperma yang rendah saat berenang hingga mencapai sel telur.

Tidak semua wanita bisa menjalani inseminasi buatan. Beberapa kondisi yang menyebabkan wanita tidak bisa menjalani prosedur ini adalah:

  • Memiliki gangguan tuba falopi yang parah
  • Memiliki riwayat medis infeksi panggul
  • Memiliki endometriosis sedang hingga berat

Prosedur inseminasi buatan

Sebelum melakukan inseminasi buatan, Anda perlu mengetahui prosedur yang akan dijalani, diantaranya adalah:

  • Pemeriksaan kesehatan

Jika Anda dan pasangan telah memutuskan untuk menjalani inseminasi buatan, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu secara menyeluruh.

Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah tes kesuburan yang dilakukan bersama dengan pasangan untuk mengetahui kondisi kesuburan keduanya.

Dari pihak wanita, dokter akan memeriksa kemampuan ovulasi, kondisi rahim dan tuba falopi. Sementara itu, dari pihak pria akan diperiksa kualitas dan kuantitas sperma.

  • Stimulasi ovarium

Dalam fase stimulasi ovarium, dokter akan memberikan obat kesuburan yang disertai dengan pemeriksaan kondisi tubuh wanita secara rutin melalui tes darah dan ultrasound. Obat kesuburan yang biasanya direkomendasikan adalah clomid atau letrozole.

Obat kesuburan tersebut akan membantu pelepasan hormon dari kelenjar pituitari yang kemudian merangsang tubuh untuk melepaskan hormon perangsang folikel dan hormon luteinizing. Kedua hormon tersebut akan mendorong pelepasan telur dan membantu telur untuk matang.

Stimulasi ini  dilakukan untuk meningkatkan jumlah telur yang diproduksi oleh ovarium. Jika semakin banyak jumlah telur yang bisa diambil dan dibuahi, maka semakin besar pula peluang kehamilan terjadi.

Selama proses stimulasi ovarium berlangsung, dokter akan memantau pertumbuhan dan perkembangan folikel ovarium untuk melepaskan sel telur. Proses ini membantu dokter untuk menentukan waktu yang tepat untuk menyuntikkan sperma ke dalam tubuh agar terjadi pembuahan.

  • Mempersiapkan sperma

Setelah dilakukan stimulasi ovarium, langkah selanjutnya adalah persiapan sperma. Pihak pria akan memberikan sampel air mani atau menggunakan donor sperma yang telah disiapkan.

Sperma yang telah dikeluarkan akan “dicuci” atau dipilih sel sperma yang sehat. Dalam proses pencucian ini juga akan menghilangkan bahan kimia beracun yang dapat bereaksi negatif di dalam tubuh.

  • Memasukkan sperma

Waktu untuk memasukkan sperma ke dalam tubuh wanita adalah pada masa subur atau ovulasi.

Dokter akan memasukkan kateter ke dalam rahim melalui vagina dan leher. Kateter yang digunakan adalah kateter yang sangat kecil, ramping, dan fleksibel. Proses inseminasi buatan ini biasanya membutuhkan waktu 1-2 jam.

Inseminasi buatan merupakan prosedur yang aman dan relatif sederhana. Bagi Anda yang berdomisili di Serang atau sekitarnya, Anda bisa melakukan prosedur ini di RS Fatimah Serang. Inseminasi buatan merupakan prosedur unggulan dari rumah sakit ini yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan profesional dan berpengalaman.

RS Fatimah Serang terletak di Jalan Raya Serang – Cilegon Km 3,5 Drangong, Kota Serang, Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *