Jenis-Jenis Omron Thermometer Pensil dan Fungsinya

Omron merupakan satu dari merek peralatan medis yang populer. Produknya mulai dari monitor tekanan darah, alat terapi pernafasan, timbangan, hingga termometer. Setiap produk pun memiliki jenis sendiri mulai dari paling sederhana sampai pada berteknologi canggih.

Merek tersebut merancang berbagai perawatan medis baik dipakai untuk rumah sakit maupun perawatan di rumah. Salah satunya adalah omron thermometer yang memiliki tiga jenis utama, yaitu dahi, telinga, dan pensil. 

Termometer pensil adalah jenis yang banyak ditemukan dan dipakai. Omron Thermometer sendiri sudah menggunakan thermometer digital yang dapat mengukur derajat celcius maupun fahrenheit. Berikut jenis-jenisnya.

Termometer pensil

Termometer pensil adalah jenis dari alat pengukur suhu tubuh. Dikatakan pensil karena bentuknya yang menyerupai pensil. Bentuk ini dulunya banyak ditemui dengan jenis kaca dan mengandung mercuri, namun termometer satu ini sudah lama ditinggalkan. Pasalnya jenis tersebut berbahaya, sulit dibaca dan tidak akurat. 

Termometer pensil telah hadir dengan bentuk dan teknologi yang lebih canggih, yaitu digital. Termometer berteknologi digital dianggap sebagai jenis yang tercepat pembacaannya dan paling akurat. Pembacaan diambil dari bawah lidah, rektum atau di bawah ketiak. Jenis ini mudah ditemukan di apotek dan dapat digunakan sebagai perawatan rumah. 

Cara penggunaan termometer pensil

Termometer pensil digital digunakan melalui 3 cara, yaitu dari mulut/oral, dari rektum/dubur, dan dari ketiak. Cara penggunaanya yang perlu diperhatikan adalah:

  • Mulut: Tempatkan termometer di bawah lidah dan tutup mulut. Bernapaslah melalui hidung. Gunakan bibir untuk menahan termometer dengan erat. Biarkan termometer di dalam mulut selama kurang lebih 3 menit atau sampai alat berbunyi.
  • Rektum: cara ini biasanya untuk bayi dan anak kecil. Caranya adalah dengan oleskan petroleum jelly pada bohlam termometer rektum. Posisikan anak telungkup di atas permukaan datar atau pangkuan Anda. Rentangkan bokong dan masukkan ujung bohlam sekitar 1 hingga 2,5 cm ke dalam lubang anus. Hati-hati, jangan memasukkannya terlalu jauh. Biarkan sampai penanda waktu berbunyi. Disinfeksi termometer setelah digunakan.
  • Ketiak: Letakkan termometer di ketiak dan himpit dengan lengan. Tunggu hingga alarm berbunyi dan hasil ditampilan.

Jenis, spesifikasi dan fungsi Omron thermometer pensil

Omron thermometer pensil memiliki 4 varian, yaitu:

  • Termometer Digital MC-343F

Varian pertama adalah MC-343F. Varian ini memiliki ujung yang fleksibel sehingga nyaman dan aman saat dipakai. Omron thermometer ini juga anti air sehingga memudahkannya untuk dibersihkan. Fitur lainnya adalah terdapat alarm yang akan berbunyi jika pengukuran telah selesai. Satuan ukurnya menggunakan derajat celcius dan/ fahrenheit.

Termometer ini tergolong dalam termometer pengukuran cepat, diperlukan waktu 10 detik untuk penggunaan dubur/rektal, 20 detik untuk penggunaan di mulut/oral dan 25 detik untuk pengukuran ketiak. Dalam pengukuran dari ketiak, 25 detik adalah indikasi suhu perkiraan awal. Untuk menyelesaikan pengukuran dan keakuratan, diperlukan waktu antara 2 – 5 menit tergantung pada suhu dan kondisi sekitar. Termometer digital ini juga memiliki fitur memori yang dapat melihat pembacaan suhu terakhir yang diambil.

  • Termometer Digital MC-341

Untuk tipe ini hampir sama dari tipe sebelumnya. Jika dilihat dari tampilan, tipe ini berwarna putih polos sedang kotak yang menampilkan suhu dan tombol daya berwarna abu-abu muda. Fiturnya pun sama, yaitu tahan air, terdapat alarm, waktu pengukuran yang cepat, baterai dapat diganti serta satuan ukur celsius atau fahrenheit. Perbedaanya adalah termometer ini tidak memiliki fitur memori dan ujung yang fleksibel.

  • Termometer Digital MC-246

Omron thermometer jenis MC-246 cukup memiliki banyak fitur dibanding dengan MC-341. Jenis ini memiliki badan serta kotak penampil suhu dan tombol daya yang berwarna putih. Untuk spesifikasinya sendiri, MC-246 tahan air, baterai yang dapat diganti, serta memiliki alarm. 

Untuk waktu pengukuran juga cepat dan lebih lama dari dua termometer sebelumnya, yaitu dengan kisaran waktu 80 detik untuk oral, 60 detik untuk rektal dan 120 detik untuk pengukuran ketiak. Terdapat pula fitur memori untuk melihat suhu yang diukur sebelumnya. Satuan ukurnya pun sama dengan celcius atau fahrenheit.

  • Termometer Digital MC-245

Secara penampilan, tipe ini mirip dengan tipe MC-246. Perbedaannya adalah pada fitur-fiturnya. Omron thermometer MC-245 memiliki fitur yang lebih sedikit dari tiga lainnya. Fitur yang terdapat di termometer ini adalah anti air, alarm, dan memori.

Fitur lainnya adalah pengukuran cepat dengan estimasi waktu 80 detik untuk oral, 60 detik untuk rektal dan 120 detik untuk pengukuran ketiak. Satuan ukur dengan celcius dan fahrenheit serta ditampilkan dalam 0.1 Derajat Increment.

Pemeliharaan dan perhatian Omron thermometer

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan serta pemeliharan Omron thermometer di rumah. Hal tersebut antara lain:

  • Lakukan pengukuran 30 menit setelah berolah raga, mandi, makan, atau minum untuk hasil yang akurat
  • Pengukuran yang tidak benar adalah yang dilakukan setelah banyak melakukan gerakan. Hal ini membuat hasil tidak akurat
  • Apabila Anda melakukan pengukuran melalui ketiak, hasilnya akan menjadi tidak akurat jika ketiak berkeringat atau diambil setelah Anda atau orang yang akan diukuer berada di bawah selimut dalam waktu yang lama
  • Jangan gunakan air atau merendam termometer untuk membersihkannya. Gunakan kain bersih sudah cukup. Untuk menghilangkan noda membandel, gunakanlah kain yang telah direndam air dan detergen. Jika Anda menggunakan alkohol, pastikan tidak mengenai indikator saat membersihkannya
  • Tidak diperbolehkan menggunakan benzene, thinner, bensin, atau pelarut lainnya untuk membersihkan termometer
  • Tidak diperkenankan menggunakan alkohol untuk waktu yang lama atau mencoba untuk merendam termometer dalam air panas serta jangan gunakan ultrasonic washer untuk membersihkan termometer
  • Simpan termometer dalam tempat yang aman

Termometer pensil menjadi jenis termometer yang banyak digunakan serta diandalkan karena lebih akurat. Kini termometer pensil hadir dalam teknologi digital yang lebih aman dan mudah dibaca. Salah satu yang bisa Anda miliki adalah Omron thermometer pensil. Merek ini memiliki empat varian dengan fitur masing-masing yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memerhatikan pemakaian yang benar maupun perawatannya.Dapatkan Omron thermometer berkualitas dan asli serta harga khusus hanya di Toko SehatQ. Kunjungi Toko SehatQ sekarang melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasinya di Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *