Kenali Macam-Macam Penyakit Infeksi Berdasarkan Penyebabnya

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan dari mikroorganisme, atau disebut juga dengan patogen. Mikroorganisme ini masuk ke dalam tubuh Anda dan menyebabkan kerusakan.

Ada berbagai macam mikroorganisme yang bisa menimbulkan kerusakan berupa infeksi. Beberapa di antaranya adalah virus, bakteri, parasit, jamur, dan prion.

Apa saja jenis penyakit infeksi?

Jenis penyakit infeksi ditentukan oleh mikroorganisme yang menyebabkannya. Mikroorganisme yang berbeda akan memiliki cara penyebaran yang berbeda pula. 

Berikut ini jenis-jenis infeksi berdasarkan mikroorganisme yang menyebabkannya:

  • Infeksi bakteri

Infeksi bakteri bisa terjadi karena adanya kelebihan strain bakteri berbahaya dalam tubuh. Bakteri ini bisa datang dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Biasanya, paparan bakteri terjadi karena faktor lingkungan.

Bakteri bisa menginfeksi bagian tubuh manapun. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa tidak semua bakteri itu berbahaya. Ada juga bakteri yang baik untuk kesehatan, seperti bakteri pada usus yang membantu sistem pencernaan.

Umumnya, infeksi bakteri bisa diobati dengan antibiotik. Antibiotik bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri, sekaligus membunuh bakteri yang sudah ada. 

Jenis antibiotik yang perlu Anda minum saat terinfeksi berbeda-beda, tergantung pada sumber infeksinya.

  • Infeksi virus

Selain bakteri, virus juga menjadi mikroorganisme yang cukup umum menyebabkan infeksi. Virus adalah mikroorganisme yang ukurannya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari bakteri. 

Virus bersifat parasit dan memerlukan sel inang untuk melangsungkan siklus hidupnya. Setelah virus memiliki sel inang di dalam tubuh Anda, mereka bisa bereproduksi. 

Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Beberapa penyakit infeksi virus yang paling umum adalah flu dan pilek. 

Ada juga virus yang akan terus ada di dalam tubuh Anda seumur hidup. Virus jenis ini bukanlah virus yang aktif. Atau bisa saja, virus ini pada awalnya tidak aktif, namun seiring berjalannya waktu menjadi aktif. Contohnya seperti virus herpes simpleks. 

  • Infeksi parasit

Parasit adalah mikroorganisme yang hanya bisa hidup dengan menempel dan mengambil ‘makanan’ dari organisme lain. Beberapa parasit mungkin tidak akan mengganggu kesehatan manusia, namun ada juga parasit yang akan tumbuh, berkembang biak, dan menyerang sistem organ Anda. 

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit adalah malaria, kudis, serta infeksi cacing pita. Kondisi ini umumnya diobati dengan obat khusus yang diresepkan oleh dokter. 

Obat yang diresepkan akan berbeda-beda bagi setiap pasien. Karena, pengobatan disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala serta jenis parasit yang menyebabkan infeksi.

  • Infeksi jamur

Jamur merupakan mikroorganisme yang sangat beragam. Biasanya, jamur bisa ditemukan di mana saja pada lingkungan Anda, termasuk di dalam tanah, di udara, di ruangan yang lembab seperti kamar mandi, dan juga di tubuh Anda sendiri.

Ukuran jamur juga beragam. Ada jamur yang bisa dilihat dengan kasat mata. Tapi, ada juga jamur yang berukuran sangat kecil, sampai Anda tidak bisa melihatnya.

Sebenarnya, tidak semua jamur bisa menyebabkan penyakit infeksi. Tapi, jamur yang menyebabkan infeksi biasanya akan membuat Anda mengalami inflamasi, salah satunya pada paru-paru.

Pengobatan untuk infeksi jamur biasanya menggunakan obat antijamur. Obat ini perlu diberikan dengan dosis yang tepat. Karena, apabila dibiarkan, infeksi jamur bisa menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan.

Itulah macam-macam jenis penyakit infeksi berdasarkan mikroorganisme yang menyebabkannya. Untuk mengetahui jenis infeksi yang Anda alami, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *