Ketahui Cara Memilih Botol Susu Bayi Terbaik

Ketika berbicara tentang memberi susu botol kepada bayi Anda, kemungkinan Anda kewalahan dengan pilihan botol bayi. Begitu banyak bahan, bentuk, dan ukuran. Bagaimana Anda memilih botol susu bayi terbaik?

Tidak ada botol bayi standar emas yang disetujui ahli. Pada akhirnya, tergantung mana yang bekerja dengan baik untuk bayi Anda . Menemukan botol yang tepat untuk bayi mereka adalah tugas yang sulit bagi banyak orang tua. Itu karena botol yang berbeda, dan dot yang berbeda, cocok untuk bayi yang berbeda. Di sini kita melihat berbagai jenis botol dan dot yang tersedia.

Salah satu brand Vitaflow Baby merupakan brand botol susu multifungsi yang dibuat dengan teknologi Jepang. Seluruh produk ini menggunakan bahan plastik Polypropylene (PP) dan Bebas BPA (BPA Free) sehingga aman digunakan untuk bayi Anda. Vitaflow mengusung fitur 3-in-1 Baby Bottle dengan fungsi sebagai botol menyusui (feeding bottle), botol penyimpan ASI (storage bottle) dan dapat disambungkan langsung ke pompa ASI (pumping mode).

Kini Vitaflow juga menjual berbagai produk perlengkapan bayi, seperti baby wipes, dry tissue satine, botol ASI, kantung ASI, dan masih banyak lagi. Semua produk dari Vitaflow diproduksi dengan bahan yang memiliki kualitas terbaik serta aman bagi bayi Anda. Namun jenis apa saja dari bahan botol susu diantaranya: 

  • Plastik – Kelebihan botol plastik adalah ringan dan tidak akan pecah jika terjatuh. Kelemahannya adalah mereka memburuk dari waktu ke waktu dan perlu diganti secara berkala (tanda-tanda kerusakan termasuk goresan, retakan, kebocoran, perubahan warna, dan bau tak sedap). Jika Anda memutuskan untuk menggunakan rute botol plastik, pastikan itu baru. Botol plastik yang lebih tua mungkin mengandung BPA (atau bisphenol A – zat yang berpotensi berbahaya yang tidak lagi diperbolehkan dalam produk bayi).

Sementara botol bayi plastik baru umumnya dianggap aman, perlu dicatat bahwa American Academy of Pediatrics baru-baru ini mengeluarkan pernyataan tentang bahan tambahan makanan yang menimbulkan pertanyaan tentang pencampuran plastik dan makanan (termasuk susu formula bayi dan ASI yang dipompa).

  • Botol kaca – Ini tidak tersedia secara luas, tetapi orang tua yang khawatir tentang bahan kimia dalam botol plastik dan tentang kerugian lingkungan dari penggunaan plastik sering memilih untuk membelinya.
  • Sekali pakai – Botol plastik yang dapat digunakan kembali ini memiliki liner steril sekali pakai untuk setiap pemberian makan. Mereka sangat nyaman karena pembersihannya cepat. Botol sekali pakai mungkin tidak bagus untuk lingkungan, dan botolnya biasanya lebih mahal daripada plastik atau kaca biasa. Anda juga perlu memiliki persediaan liner, yang bisa jadi mahal.
  • Hibrida – Botol hibrida memiliki lapisan kaca untuk mencegah bahan kimia bersentuhan dengan formula, dengan plastik di luar yang mencegahnya pecah. Kelebihan botol ini ringan, aman, dan tidak akan menghitamkan atau mempertahankan bau tidak sedap. Namun botol ini mungkin lebih mahal daripada plastik atau kaca.

Apakah Botol Plastik Bayi Aman?

Jika Anda membeli botol baru, Anda dapat yakin bahwa itu aman. Karena FDA melarang BPA dari botol bayi dan cangkir sippy, yang dijual hari ini seharusnya tidak mengandung bahan kimia ini. Botol susu bayi terbaik dari Vitaflow tidak menggunakan bahan BPA ini serta menggunakan plastik Polypropylene (PP). 

Dot botol bayi

Dot terbuat dari silikon atau lateks, dan bayi cenderung menyukai salah satunya. Tidak ada perbedaan besar di antara keduanya, dot lateks cenderung lebih lembut dan fleksibel jika perlu diganti secara teratur, sedangkan dot memiliki reputasi lebih tahan lama. Botol berleher lebar biasanya hanya mengambil dot silikon, sedangkan botol standar dapat mengambil keduanya. Bentuk dot yang biasa adalah bentuk lonceng atau bentuk bulat yang untuk menyerupai bentuk puting susu Anda mungkin perlu mencoba keduanya untuk menemukan jenis yang disukai bayi Anda. Beberapa dirancang agar sesuai dengan karton formula siap dan botol air.

Membersihkan dan mensterilkan botol bayi

Botol dan dot bayi harus disterilkan setiap kali Anda menggunakannya – bayi di bawah satu tahun sangat rentan terhadap bakteri jahat, yang dapat membunuh dengan sterilisasi. Sebelum menggunakan alat sterilisasi, Anda harus membersihkan botol dan dot dengan tangan, atau di mesin pencuci piring. Ada berbagai jenis metode sterilisasi: menggunakan microwave atau sterilisasi listrik untuk mengukus botol adalah salah satu cara termudah, tetapi Anda juga dapat merebus botol atau mensterilkannya dalam air dingin dengan tablet khusus. Cari tahu lebih lanjut tentang pensteril botol bayi: pro dan kontra dari masing-masing jenis.

Hal penting sebelum membeli botol dan dot bayi

  • Jika Anda akan memberi botol susu bayi terbaik kepada bayi Anda lebih atau kurang sejak lahir, Anda harus membeli enam botol.
  • Bahkan jika Anda sedang menyusui atau berencana, beberapa orang suka membawa satu atau dua botol. Anda akan membutuhkannya jika Anda berencana untuk memeras ASI.
  • Dot biasanya disertakan dengan botol, tetapi Anda juga dapat membelinya secara terpisah. Lebih baik memiliki lebih banyak dot daripada botol, karena harus diganti.
  • Kebanyakan botol akan menampung 225ml (8fl oz) susu, meskipun Anda bisa mendapatkan botol yang lebih kecil untuk bayi baru lahir.
  • Anda memerlukan sikat botol untuk membersihkan botol dengan benar sebelum mensterilkan, dan sikat dot untuk masuk ke ujung dot.
  • Saat membeli botol plastik, pastikan tidak mengandung Bisphenol A (BPA) di dalam plastik. National Childbirth Trust (NCT) memperingatkan bahwa BPA dapat larut ke dalam susu dan jika diserap oleh tubuh, dapat mengganggu pertumbuhan yang sehat. Sejak Juni 2011, menjual botol bayi yang mengandung BPA adalah ilegal di UE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *