obat ferlin

Konsumsi Ferlin dan Makanan yang Tinggi Zat Besi

Memastikan anak Anda mendapatkan cukup zat besi bisa terasa sulit ketika mereka berada dalam fase pilih-pilih makan. Maka tidak heran, banyak ibu yang memberikan Ferlin, multivitamin anak yang mengandung zat besi. 

Pasalnya, anak yang kekurangan zat besi bisa mengalami kekurangan zat besi dan anemia defisiensi zat besi yang dapat memengaruhi perkembangan dan perilaku mereka. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mencoba memasukkan makanan kaya zat besi dalam makanan sehari-hari mereka.

Menurut American Academy of Pediatrics, di antara anak-anak usia 1 hingga 3 tahun, kekurangan zat besi terjadi pada 6,6 persen hingga 15,2 persen balita, tergantung pada etnis dan status sosial ekonomi. Mereka mengatakan bahwa bayi prematur, bayi yang disusui secara eksklusif, dan bayi yang berisiko cacat perkembangan memiliki risiko lebih tinggi untuk kekurangan zat besi

Makanan yang tinggi zat besi

1. Daging, ikan dan unggas

Ketiga jenis makanan adalah sumber zat besi heme yang baik, dan diserap paling efisien oleh tubuh. Namun, banyak anak merasa daging sulit untuk dimakan. Beberapa anak tidak menyukai rasanya, dan yang lain menganggap daging terlalu kering dan sulit dikunyah.

Anda dapat mencoba mengolah daging dengan cara menggunakan daging giling sehingga sudah halus dan sangat mudah ditelan tanpa takut keras ketika si kecil memakannya. Bereksperimenlah dan jangan takut menyajikan makanan yang bahkan tidak Anda sukai. Anda juga bisa menambahkan hati ayam dan sarden, kedua makanan ini sangat mudah  dinikmati oleh anak.

2. Kacang dan lentil

Jika anak-anak Anda tidak suka daging maka kacang-kacangan dan lentil adalah alternatif makanan yang bagus. Tambahkan ke saus berbasis tomat untuk penyerapan ekstra. Anda juga bisa membuat saus, seperti hummus dan sajikan dengan potongan capsicum/paprika yang mengandung vitamin C.

3. Sereal dan oatmeal 

Anda dapat menambahkan sereal yang memiliki kandungan gula rendah (seperti weetbix), atau sepiring oatmeal. Kedua makanan ini bisa menjadi cara mudah untuk membantu si kecil meningkatkan asupan zat besinya. Taburi dengan buah yang kaya akan Vitamin C (seperti stroberi/blueberry untuk penyerapan ekstra).

4. Telur 

Kuning telur adalah sumber zat besi yang baik. Sajikan telur dalam berbagai cara untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Dengan tambahan buah-buahan atau sayuran yang kaya vitamin C. Gunakan telur dalam bentuk panekuk dan sajikan dengan selai chia atau beri segar.

5. Sayuran berwarna hijau gelap

Sayuran berdaun gelap seperti brokoli, bayam dan kangkung adalah beberapa sayuran terbaik untuk zat besi. Namun banyak anak-anak yang tidak menyukainya. Cobalah memasukkan bayam ke dalam berbagai hidangan, termasuk sup, saus. Ini akan layu dan mungkin lebih dapat diterima. Anda bahkan bisa mencampurkannya ke dalam saus.

Anda juga dapat memanggang sayuran, dengan cara memasak sayuran seperti brokoli panggang atau keripik kale. Untuk meningkatkan penyerapan, cobalah menyajikannya dengan buah dan sayuran yang kaya vitamin C. Misalnya, taburi keripik kangkung di atas cabai yang dibuat dengan saus tomat, campur bayam menjadi saus pasta berbasis tomat.

6. Kacang dan biji

Sajikan segenggam kacang dan biji-bijian seperti kacang mete, almond, dan biji labu dengan beberapa buah beri segar. Jangan menyajikan kacang utuh untuk anak kecil karena dapat menyebabkan bahaya tersedak. Tambahkan kacang ke granola buatan sendiri dan taburi dengan mangga dan beri untuk membantu penyerapan. Gunakan tepung almond dan kacang cincang dalam memanggang.

7. Vitamin

Anda dapat memberikan multivitamin  seperti Ferlin yang sangat mudah diminum oleh anak. Anda juga bisa memberikan Ferlin bersamaan dengan buah kering seperti kismis dan aprikot kering yang merupakan sumber zat besi yang disukai anak-anak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *