Manfaat dan Cara Pilih Behel Gigi Gingsul

Perawatan ortodonti berupa pemasangan kawat gigi atau behel behel dilakukan guna mengatasi masalah yang berkaitan dengan susunan gigi hingga rahang yang tidak normal (maloklusi). Salah satu masalah yang kerap terjadi ditengah masyarakat ialah gigi gingsul. 

Tak hanya berkaitan dengan masalah estetika, bagi sebagian orang, memiliki gigi gingsul juga membuat gigi tidak bisa berfungsi secara maksimal. Karena itu, pemasangan behel gigi gingsul menjadi salah satu solusi yang tepat.  

Lebih lanjut, Anda juga perlu mengetahui manfaat hingga cara pemilihan behel gigi gingsul yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Tujuannya, gigi Anda makin terlihat sehat dan tentunya lebih indah.  

Manfaat dari pemasangan behel gigi gingsul

Apabila Anda berencana untuk memasang behel gigi gingsul, pertimbangkan secara matang apa maksud dan tujuan Anda terlebih dulu. Sebab, memasang behel gigi gingsul juga membutuhkan perawatan khusus. 

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir lantaran pemasangan behel gigi gingsul juga memiliki manfaat untuk kesehatan gigi Anda. Inilah beragam manfaat yang bisa Anda dapat.  

1. Memberikan perlindungan pada gigi 

Anda yang mempunyai pola gigitan yang tidak rata maupun masalah ortodontik lainnya pasti merasa tidak nyaman. Apalagi, hal tersebut berisiko lebih tinggi untuk memiliki dampak berbahaya pada gigi Anda. Di antaranya, kerusakan hingga masalah dini pada gigi bahkan Ada punya gigi yang menonjol dan gingsul. 

Karena itulah, perisa yang kuat sangatlah dibutuhkan oleh Anda yang mengalami masalah gigi tersebut. Salah satu manfaat utama pemasangan behel gigi gingsung yang didapat ialah sebagai pelindung terhadap dampak buruk yang terjadi pada gigi serta menjaga kesehatan gigi Anda. 

2. Kesehatan gigi meningkat 

Masalah ortodontik seperti gigi tidak rata atau gigi tidak beraturan, penyakit gusi,  pola gigitan yang tidak benar, hingga gigi gingsul bisa diatasi dengan penggunaan kawat gigi. Terutama, pemasangan behel gigi gingsul. 

Pemasangan kawat gigi tersebut mampu membuat gigi Anda lebih rata serta berfungsi menyelaraskan struktur gigi. Hal itu juga bisa meningkatkan kebersihan gigi Anda sehingga manfaatnya lebih optimal. 

3. Memiliki senyum indah dengan gigi rata 

Secara umum, manfaat penggunaan gigi ialah bisa merataka Mn struktur gigi agar lebih rapi dan indah secara segi estetika. Bahkan, hal itu bisa meningkatkan penampilan keseluruhan gigi Anda. 

Penggunaan behel gigi gingsul tersebut mampu memberikan hasil seperti gigi rata dan senyum yang indah. Dengan begitu, kepercayaan diri Anda ikut meningkat sehingga Anda lebih bebas mengekspresikan diri tanpa rasa malu. 

4. Menyelesaikan masalah makan 

Masalah gigi yang kerap dialami di tengah masyarakat ialah kesulitan mengunyah ataupun menggigit makanan karena gigi yang tidak merata. Oleh sebab, apabila ketidakrataan gigi yang Anda miliki tidak segera diatasi, hal itu akan berakibat fatal. Bahkan, Anda akan tidak nyaman dalam menikmati makanan untuk selamanya. Bahkan bisa mengalami masalah pencernaan. 

Salah satu cara yang tepat ialah dengan pemasangan behel gigi gingsul untuk mengatasi masalah Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki gigi gingsul yang mengganggu penampilan. 

Rekomendasi serta cara pilih behel gigi gingsul

Merapikan gigi yang tidak merata dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Bagi Anda yang memiliki masalah gigi seperti gigi gingsul, cara yang tepat ialah dengan pemasangan behel gigi gingsul. 

Pemasangan jenis behel juga bergantung pada masalah yang Anda alami serta sesuai kebutuhan Anda. Agar Anda tidak salah langkah dalam memilih behel gigi, ada rekomendasi beberapa jenis behel yang bisa Anda jadikan pilihan sesuai kebutuhan. 

Berikut ini tips yang perlu Anda ketahui untuk  membantu memilih behel mana yang tepat bagi gigi Anda. 

1. Kawat gigi konvensional 

Behel gigi yang satu berbahan metal dan paling sering dijumpai karena memiliki fungsi utama untuk meluruskan serta meratakan kondisi gigi Anda. Jenis behel ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki gigi gingsul.  

Biasanya, behel gigi ini terasa berat karena sensasi berat yang dirasakan tersebut dipengaruhi oleh bahan kawat gigi berupa bracket logam, karet elastis, serta kabel baja. Manfaatnya cukup efektif lantaran behel ini memberikan tekanan agar gigi dapat berpindah ke tempat yang lebih ideal.

Biasanya lama perawatan yang dibutuhkan berkisar 1-3 tahun yang mana disesuaikan dengan kondisi gigi Anda. Harga perawatan behel gigi gingsul tersebut berkisar Rp 7 juta hingga Rp 20 juta untuk pemasangannya saja. 

 2. Kawat gigi keramik 

Salah satu pilihan behel gigi lainnya ialah behel gigi keramik. Jika dibandingkan dengan kawat gigi atau behel berbahan metal atau baja, behel keramik ini lebih tak terlihat. 

Sebab, bracket gigi pada jenis behel tersebut terbuat dari bahan yang bening. Bahkan, warnanya serupa dengan gigi. Meski begitu, fungsinya untuk meratakan gigi akan tetap terasa meski tak begitu terlihat. 

Dalam pemakaian behel gigi tersebut biasanya dibutuhkan 1 hingga 3 tahun lamanya bergantung pada kondisi gigi Anda. Harga yang dibanderol untuk pemasangan behel gigi gingsul itu bisa berkisar Rp 20 juta hingga Rp 50 juta.

3. Behel transparan (invisalign) 

Behel gigi transparan kini juga bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang memiliki gigi gingsul. Behel tersebut dinilai sebagai alternatif kawat gigi konvensional. 

Behel transparan atau invisalign itu merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia kedokteran gigi dan cukup efektif merapikan gigi Anda. Manfaatnya, pemasangan behel gigi tersebut tidak akan merusak penampilan Anda. Bahkan, Anda bisa melepaskannya saat makan atau sikat gigi dengan mudah. 

Dalam perawatan tersebut, Anda membutuhkan waktu berkisar 3-9 bulan atau lebih. Hal itu juga bergantung pada kondisi gigi Anda. Ada pula harga yang dibanderol untuk pemasangan behel tersebut sekitar Rp 10 juta hingga Rp 75 juta.

Itulah beragam manfaat hingga cara untuk memilih behel gigi gingsul yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Agar lebih maksimal, konsultasikan masalah gigi Anda untuk mendapatkan perawatan yang tepat ke dokter kepercayaan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *