Manfaat Diet DASH untuk Penderita Hipertensi

Pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi kerap disebut dengan diet DASH. Diet ini dibagi menjadi dua kategori, yakni DASH dan DASH-Sodium, yang melihat cara mengurangi tekanan darah melalui perubahan pola makan. Dalam studi diet DASH, orang-orang diberi satu dari tiga rencana makan, yakni rencana nutrisi yang serupa dengan apa yang kebanyakan orang makan; rencana yang sama tetapi dengan tambahan sayuran dan buah; dan terakhir adalah diet DASH, yang kaya akan sayuran, buah, dan makanan olahan seperti susu rendah lemak, lemak jenuh, lemak total, dan kolesterol.

Hasilnya cukup menarik. Diet tinggi sayuran dan buah dan diet DASH keduanya mengurangi tekanan darah. Diet DASH memiliki efek terbesar pada tekanan darah, menurunkan tingkat hipertensi dalam waktu dua minggu setelah memulai rencana ini. Menariknya, tidak hanya tekanan darah yang berkurang, tetapi kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) atau “kolesterol jahat” juga menunjukkan hasil yang lebih rendah.

Selain itu, dalam studi juga melakukan penelitian dengan DASH-Sodium. Peserta diberi satu dari tiga rencana natrium, yakni diet DASH dengan 3.300 mg natrium per hari; 2.300 mg natrium (jumlah yang cukup terbatas); atau 1.500 mg natrium (jumlah yang lebih terbatas, sekitar 2/3 sendok teh garam). Hasilnya, peneliti menemukan tekanan darah lebih rendah untuk semua orang yang menjalani diet DASH. Namun, semakin sedikit garam yang dikonsumsi, semakin besar penurunan tekanan darahnya. Orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi mengalami penurunan tekanan darah terbesar setelah melakukan program diet DASH tersebut.

Mengapa menjaga tekanan darah yang sehat itu penting?

Tekanan darah tinggi menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah yang kaya nutrisi dan oksigen ke tubuh. Arteri yang mengantarkan darah menjadi bekas luka dan kurang elastis. Meskipun perubahan ini terjadi pada semua orang seiring bertambahnya usia, perubahan ini terjadi lebih cepat pada orang dengan tekanan darah tinggi. 

Saat arteri menjadi kaku, jantung harus bekerja lebih keras, menyebabkan otot jantung menjadi lebih tebal, lemah dan kurang mampu memompa darah. Ketika tekanan darah tinggi merusak arteri, mereka tidak dapat memberikan cukup darah ke organ-organ untuk berfungsi dengan baik. 

Akibatnya, organ tubuh juga bisa rusak. Misalnya, jenis kerusakan ini dapat mempengaruhi jantung, menyebabkan serangan jantung, otak, menyebabkan stroke, dan ginjal, menyebabkan gagal ginjal.

Beberapa percobaan telah dilakukan untuk membantu mengidentifikasi dan mengukur manfaat dari diet DASH, termasuk:

– Penurunan tekanan darah

Hanya dalam dua minggu setelah mengikuti diet DASH, tekanan darah sering turun beberapa poin, dan jika terus berlanjut, bahkan dapat mengakibatkan tekanan darah sistolik turun delapan hingga empat belas poin.

– Diet DASH juga membantu meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis karena peningkatan asupan kalsium dari produk susu dan sayuran berdaun hijau.

– Asupan tinggi buah dan sayuran segar atau beku dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah dalam jangka panjang.

– Gangguan metabolisme seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes, serta penyakit serebrovaskular, dikurangi dengan asupan makanan seimbang dengan diet DASH, yang mengarah pada penurunan konsumsi lemak dan peningkatan substitusi karbohidrat kompleks dengan gula sederhana. Hal ini menyebabkan penurunan kolesterol total dan LDL dalam darah, serta penurunan tekanan darah.

– Penurunan risiko gout dengan mengurangi kadar asam urat pada subjek dengan hiperurisemia merupakan manfaat tambahan dari diet DASH.

Jadi, diet DASH bukanlah diet ketat atau deprivasi, tetapi diet yang memungkinkan nutrisi lengkap dan pembentukan pola makan sehat jangka panjang. Untuk mengurangi konsumsi natrium dalam versi diet DASH rendah natrium. Hal ini mengurangi natrium menjadi 1500 mg sehari dari standar 2300 mg/hari, yang merupakan peningkatan yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *