Manfaat Mengonsumsi Trifed

Saat mengalami pilek tentu dapat mengganggu aktivitas Anda, terutama ketika daya tahan tubuh sedang tidak prima. Konsekuensinya Anda akan mengalami pilek yang tidak kunjung sembuh. Salah satu obat yang bisa mengatasinya adalah trifed. Trifed adalah obat yang tersedia dalam berbentuk sirup dan tablet. Pada setiap tabletnya, terdapat Pseudoefedrin HCI 60 mg dan Triprolidin HCI 2,5 mg. Sementara untuk sirupnya, terdapat kandungan Pseudoefedrin HCI 30 mg dan Triprolidin HCI 1,25 mg.

Apa itu pseudoefedrin?

Dekongestan merupakan istilah lain yang biasa dipakai untuk menyebut pseudoefedrin atau pelega hidung tersumbat. Kandungan ini termasuk dalam golongan amin simpatomimetik. Jenis obat ini akan bekerja dengan reseptor adrenergic di dalam mukosa saluran napas. Tujuannya untuk vasokonstriksi pembuluh darah termasuk pada rongga hidung. Ketika vasokontriksi terjadi, maka pembuluh darah bisa mengecil sehingga saluran napas tidak tersumbat lagi. Dengan demikian, pembengkakan membrane mukosa saluran napas bisa teratasi.

Apa itu triprolidine?

Sedangkan triprolidine merupakan obat golongan anti-histamin. Normalnya, triprolidine pada trifed bekerja sebagai penangkal energi. Anda sudah tahu kan, pilek identik dengan reaksi alergi? Triprolidine pada trifed ini lah yang bekerja dengan antagonis agar reaksi radang dan alergi bisa berkurang. Reaksi ini seperti gatal-gatal dan bersin-bersin.

Manfaat mengonsumsi trifed

Jika dilihat dari dua kandungan utama pada Trifed di atas, maka jelas bahwa obat ini bisa mengatasi gejala pilek yang disebabkan karena reaksi alergi. Biasanya, reaksi ini dirasakan pada saluran napas bagian atas. Jika Anda memerlukan dekongestan nasal dan antihistamin pada saat yang bersamaan, maka Trifed bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Berikut beberapa contoh penyakit yang bisa diatasi adalah:

  • Rhinitis alergi
  • Rhinitis vasomotor
  • Otitis media
  • Barotrauma

Meski demikian, Anda perlu tetap ingat bahwa konsultasi dengan dokter adalah hal yang tidak kalah penting. Dengan melakukan pemeriksaan secara detil, maka dokter akan membantu memberi tahu diagnosis yang tepat untuk Anda, dan apakah Trifed bisa menjadi obat yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *