Mengenal Fungsi Penting dari Albumin

Hati memproduksi beragam jenis protein yang dapat disebar ke aliran darah. Salah satu protein utama yang diproduksi organ tubuh vital yang satu ini adalah albumin. Tugas penting dari albumin adalah mengontrol tekanan osmotik pada darah agar terjadi keseimbangan larutan.

Dengan tekanan osmotik yang terkontrol, cairan darah tersebut bisa tetap berada di alur pembuluh darah dan tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya. Karena alasan inilah, keberadaan kadar albumin yang cukup sangat penting bagi manusia. Jika terjadi kekurangan albumin atau yang disebut kondisi hipoalbuminemia, berbagai fungsi penting dari albumin menjadi tidak bisa Anda peroleh. Kekurangan albumin juga menunjukkan akan adanya masalah di bagian hati maupun ginjal Anda.

Sementara jika kadar albumin rata-rata harian terpenuhi, beragam fungsi dari jenis protein yang dominan membentuk darah ini bisa Anda rasakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi albumin yang membuat hidup Anda menjadi lebih sehat.

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan

Tanpa albumin, darah Anda bisa terlalu encer sehingga berpotensi memicu kebocoran ke organ lain. Dengan albumin yang memadai, sel tubuh mampu menarik cairan ketika dibutuhkan. Begitu pun sebaliknya, tubuh dapat mengeluarkan cairan jika sel terlalu penuh.

  • Mendistribusikan Nutrisi

Albumin akan berpengaruh pada kondisi gizi di tubuh Anda. Pasalnya, salah satu fungsi dari protein yang beredar di darah ini adalah mengangkut nutrisi dalam darah menuju organ-organ yang membutuhkan. Kurangnya kadar albumin cenderung membuat Anda mudah kelelahan dan mengalami kekurangan gizi, meskipun sudah menyantap beragam makanan dan minuman penuh nutrisi.

  • Menjadi Antioksidan Darah

Fungsi antioksidan untuk menghindarkan Anda dari beragam penyakit akibat kerusakan sel sudah tidak perlu diragukan. Tapi, tahukah Anda bahwa albumin merupakan bagian dari antioksidan itu sendiri yang beredar dalam darah? Albumin mampu mengikat logam dan bereaksi mencegah penyerapan radikal bebas sehingga kerusakan sel mampu diminimalkan.

  • Mengangkut Hormon dan Obat-obatan

Fungsi lain dari albumin adalah sebagai pengangkut beragam zat dalam tubuh. Salah satu zat yang diangkut adalah hormone progesterone yang bermanfaat untuk sistem reproduksi. Selain itu, albumin juga mampu mengangkut obat-obatan untuk dialirkan ke bagian organ yang membutuhkan.

  • Mengikat Bilirubin

Bilirubin merupakan pigmen kuning yang memiliki manfaat untuk mengevaluasi hati sekaligus mencegah kerusakan sel darah merah. Salah satu fungsi penting albumin adalah menjadi pengikat bilirubin di dalam darah sehingga Anda tidak mengalami kekurangan bilirubin. Dengan bilirubin yang terjaga, produksi sel darah merah akan lebih terjamin guna menjaga kesegaran Anda dalam beraktivitas.

  • Menjaga Keseimbangan Asam Basa

Kadar asam basa perlu dalam tubuh perlu dijaga agar seimbang guna membuat kinerja organ-organ tubuh tidak terganggu. Tubuh manusia sendiri cenderung basa sehingga jika tidak diimbangi dengan asam akan memunculkan keluhan nyeri otot, obesitas, hingga berujung ke berbagai kondisi penyakit kronis. Adanya albumin yang pas dalam darah dapat menjaga keseimbangan asam basa tubuh. Pasalnya, jenis protein yang satu ini memiliki banyak anoda bermuatan listrik.

  • Memperbaiki Jaringan Sel Rusak

Albumin sangat erat kaitannya dengan pembentukan sel darah putih. Dengan kadar albumin yang pas, sel darah putih dapat terbentuk sesuai dengan porsi yang dibutuhkan guna menjaga kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan sel yang rusak. Pembentukan sel darah putih oleh albumin sendiri dapat terjadi karena jenis protein ini menjadi agen pengikat antarsel sekaligus penanda jika terjadi kerusakan sel di dalam tubuh.

***

Untuk memperoleh segala fungsi tersebut, kadar albumin yang Anda butuhkan tiap hari sekitar 3,4—4,7 gram per desiliter. Jika pada suatu saat Anda melakukan pemeriksaan kesehatan dan didapati kadar albumin lebih rendah dari seharusnya, pemberian serum albumin dapat menjadi solusi sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *