Mengenal Manfaat Betahistine Mesilate dan Efek Sampingnya

Memang rasanya sangat tidak mengenakkan ketika vertigo datang. Penyakit ini seringkali menyerang bagian kepala secara tiba-tiba, membuat anda merasa panik. Well, jangan khawatir. Vertigo bisa disembuhkan secara pelan-pelan. Tentunya dengan merubah gaya hidup dan juga mengatur pola makan secara benar. Selain itu, anda juga bisa mencoba obat generik untuk mengobati vertigo. Salah satu contohnya adalah Betahistine Mesilate. Obat yang satu ini memang punya kegunaan luar biasa untuk meredakan beberapa keluhan penyakit. Tak hanya vertigo, namun keluhan lain semacam gangguan pendengaran, serta telinga berdengung juga mampu diatasi dengan Betahistine Mesilate. 

Kandungan Betahistine Pada Betahistine Mesilate

Betahistine Mesilate mengandung Betahistine yang berfungsi untuk mengatasi keluhan penyakit Maniere. Penyakit Meniere sendiri merupakan istilah untuk menyebut golongan penyakit yang berkaitan dengan keluhan telinga. Contohnya ada Vertigo, Tinnitus (Telinga Bedenging), serta telinga yang tertekan di bagian dalam. Pada kondisi seperti ini, diperlukan penanganan cepat menggunakan Betahistine Mesilate untuk mengurangi gejalanya. Pasalnya, gangguan yang dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan.

Selain itu, ketika anda memutuskan menggunakan Betahistine untuk meredakan vertigo, pastikan untuk mengonsultasikan dosisnya terlebih dahulu ke dokter atau apoteker. Pasalnya, tidak semua orang cocok dengan Betahistine. Penderita dengan penyakit berikut ini diperbolehkan mengonsumsi obat dengan kandungan Betahistine, namun memerlukan anjuran khusus:

1. Pasien dengan tekanan darah tinggi

2. Pasien yang memiliki tumor bawaan

3. Pasien dengan alergi terhadap Betahistine

4. Pasien yang memiliki masalah pendernaan

5. Pasien dengan ganguan asma

Biasanya, dokter akan menyarankan dosis Betahistine sebesar 16mg, dengan anjuran konsumsi 3 kali sehari. Namun, bila gejala vertigo yang anda derita sudah lumayan berkurang, dokter akan menurunkan dosisnya menjadi 8 mg perhari. Hindari mengonsumsi Betahistine Mesilate tidak sesuai dengan takaran dosis. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan keluhan pada masalah pencernaan, serta gangguan tidur yang tidak teratur. 

Nah, bila anda lupa mengonsumsi Betahistine Mesilate pada hari itu, segera konsumsi setelah anda langsung ingat. Dilarang mengonsumsi obat ini dengan dosis double. Agar anda tidak mudah lupa dengan jadwal minum obat, buat alarm untuk mengingatkan anda. Bila dirasa ragu-ragu dengan jadwalnya, coba konsultasikan ke dokter pribadi secara online. 

Apa Efek Samping yang Ditimbulkan dari Betahistine Mesilate?

Tentu saja, semua jenis obat memiliki efek samping bila tidak dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Selain itu, bagi penderita yang tidak cocok dengan Betahistine Mesilate umumnya mengalami rasa kembung di perut, pusing, muntah serta sakit kepala yang tak tertahankan. Namun, selama ini, jumlah pasien yang mengalami efek samping ini sangatlah langka. Hanya ada 1 dari 100 orang yang mengalami gangguan efek samping setelah mengonsumsi Betahistine Mesilate. 

Bagaimana Cara Penyimpanan Betahistine Mesilate?

Sama seperti obat lainnya, simpan Betahistine Mesilate pada suhu ruang dan hindarkan dari cahaya matahari serta udara lembab. Pastikan anda menjauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak. Tutup juga Betahistine Mesilate dengan rapat di dalam box atau botol khusus untuk menghindarkannya dari gigitan serangga yang tidak diharapkan. 

Apakah Betahistine Mesilate Aman untuk Dikonsumsi Ibu Hamil?

Selama ini, aman tidaknya Betahistine Mesilate untuk ibu hamil belum diketahui. Belum juga ada penelitian yang kuat mengenai apakah Betahistine bisa mempengaruhi kandungan air susu ibu (ASI). Jadi, alangkah baiknya tidak mencoba Betahistine Mesilate untuk anda yang sedang hamil. Dalam keadaan terdesak, anda yang sedang hamil bisa berkonsultasi ke dokter lebih dahulu untuk mengetahui saran terbailk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *