Mengenal Titik Akupuntur Sakit Kepala

Sakit kepala adalah penyakit yang mudah menyerang siapapun. Bahkan sakit kepala bisa terjadi berulang kali dan salah satu cara mengatasinya selain mengonsumsi obat-obatan adalah dengan melakukan akupuntur. Ada beberapa titik akupuntur sakit kepala yang efektif jika dilakukan dengan benar.

Titik Akupuntur Sakit Kepala

Metode pengobatan tradisional Tiongkok ini percaya jika penyakit di dalam tubuh disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan chi atau qi. Disini teknik akupuntur digunakan untuk menyeimbangkan chi. Dengan memasukkan jarum ke bagian tertentu di tubuh yang dapat menyeimbangkan aliran energi. Hal tersebut juga mampu memperlambat rasa sakit yang Anda rasakan.

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang mampu diatasi dengan akupuntur. Ada beberapa jenis sakit kepala seperti:

  • Migrain
  • Sakit kepala tegang
  • Sakit kepala cluster
  • Sakit kepala episodik
  • Sakit kepala kronis

Namun hanya migrain dan sakit kepala tegang yang terbukti mampu diatasi dengan akupuntur. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa titik akupuntur sakit kepala.

1.Yin Tang

Dalam penelitian menemukan adanya hubungan akupuntur dan sakit kepala. Titik akupuntur Yin tang melibatkan titik tekanan yang berada di antara kedua alis Anda atau mata ketiga. Budaya Hindu menganggap jika titik tersebut dapat menstabilkan pandangan mental. Sedangkan dalam beberapa penelitian menemukan adanya hubungan titik tekanan tersebut dengan pengelolaan gejala kardiovaskular.

Titik akupuntur Yin tang mampu mengurangi sakit kepala, vertigo, kecemasan, meningkatkan kualitas tidur hingga meredakan nyeri sinus. Bahkan titik Yin tang juga mampu merangsang respons kardiovaskular dan membantu mengembalikan tubuh ke fungsi normal.

2.Baihui DU 20

Bai Hui atau DU 20 yang diartikan sebagai 100 pertemuan dengan titik yang terletak tepat di tengah atas kepala. Para ahli endokrin dan sistem saraf menggunakan titik ini untuk mengatasi kecemasan, kelelahan, relaksasi, vertigo, sakit kepala, ketidakseimbangan hormon dan hipotiroid.

Tergantung bagaimana digunakan, titik ini mampu mengangkat atau menenangkan kondisi yang memengaruhi kepala dan organ sensorik.

3.Taiyang

Titik akupuntur sakit kepala selanjutnya bernama Taiyang. Terletak tepat di bagian tengah pelipis, yang mampu mengobati sakit kepala, migrain atau sakit kepala yang berhubungan dengan sinus. Titik ini juga sangat baik untuk masalah penglihatan, sakit rahang, sakit gigi hingga pembengkakan payudara. Bahkan di sisi lain, Taiyang juga bisa digunakan untuk menenangkan pikiran.

4.Si Shen Cong 

Si Shen Cong atau yang juga dikenal dengan ‘Four Alert Spirit’, merupakan kumppulan dari empat titik yang mengelilingi titik Baihui. Titik ini mampu memberikan efek menguatkan atau menenangkan yang bergantung bagaimana jarum akupuntur ditusukkan.

Titik ini mampu menghalau angin untuk mengobati vertigo, sakit kepala dan epilepsi. Bahkan juga mampu menenangkan dan menjernihkan pikiran sehingga mampu mengatasi insomnia dan meningkatkan daya ingat.

5.Feng Chi GB 20

Feng Chi merupakan titik akupuntur yang terletak di pertemuan pangkal tengkorak dan bagian atas leher, tepat di samping otot trapezius. Melakukan akupuntur di titik ini mampu meringankan sakit kepala, leher kaku, migrain dan penglihatan kabur. Titik ini bahkan juga berguna untuk insomnia karena memiliki efek relaksasi dan dapat memberikan keseimbangan pada sistem saraf.

 Ini juga sangat berguna untuk insomnia dan cenderung memiliki efek relaksasi dan keseimbangan pada sistem saraf.

6.Touwei

Titik akupuntur sakit kepala terakhir terletak di 5 jari di atas alis. Mengacu pada titik yang terletak di kepala yang berfungsi untuk mempertahankan kinerja normal di kepala. Titik Touwei mampu meredakan sakit kepala bagian depan, migrain, sakit kepala yang disertai mual atau muntah, vertigo, masalah penglihatan, mata berair dan mata berkedut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *