Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Untuk Apa?

Obat sakit gigi untuk ibu hamil perlu resep dokter dan tidak bisa hanya menggosok gigi

Saat hamil, para calon ibu mungkin akan mengira bahwa mual, muntah, kaki yang bengkak, dan rasa nyeri konstan adalah gejala kehamilan yang akan mereka miliki. Faktanya, sakit gigi juga dapat terjadi pada saat kehamilan, membuat ibu tunggang langgang mencari obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi, baik untuk kesehatan ibu juga untuk janin yang masih terus berkembang di dalam rahim. Untungnya, menderita sakit gigi saat hamil merupakan sebuah gejala yang lumrah terjadi, dan kondisi ini disebabkan oleh peningkatan dan perubahan hormon dalam tubuh Anda. 

Obat sakit gigi untuk ibu hamil yang paling mudah adalah dengan meminimalisir rasa nyeri yang dirasakan saat hamil dengan menjaga kesehatan mulut Anda. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari, melakukan flossing setidaknya satu kali sehari, dan berkumur menggunakan baking soda yang dicampur air dan juga obat kumur OTC yang banyak tersedia di apotek. Anda juga disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi di dokter gigi setiap 6 bulan sekali, bahkan ketika Anda sedang hamil. Anda juga disarankan untuk menghubungi dokter gigi apabila rasa sakit gigi yang diderita tidak reda atau kunjung sembuh meskipun telah mendapatkan obat sakit gigi untuk ibu hamil. 

Mengunjungi dokter gigi saat hamil merupakan hal yang aman dan direkomendasikan. Jika Anda memiliki gigi berlubang, pastikan kondisi tersebut sudah diatasi jauh sebelum masa persalinan dilakukan. Ini disebabkan karena adanya kemungkinan Anda menularkan bakteri penyebab gigi berlubang pada bayi dengan cara berbagi alat makan, lewat makanan, dan berciuman. Sembari menungggu pemeriksaan dari dokter gigi, ada obat sakit gigi untuk ibu hamil yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah:

  • Mengidentifikasi sensitivitas makanan dan minuman. Beberapa ibu hamil menemukan bahwa sensitivitas gigi mereka akan meningkat saat mengonsumsi makanan dan minuman panas dan dingin. Mengetahui makanan dan minuman apa yang menyebabkan sakit gigi dapat membantu Anda menghindari konsumsi dan kondisi ini di masa depan.
  • Berkumur menggunakan larutan garam. Anda bisa menambahkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk kemudian menggunakannya sebagai obat kumur alami. Larutan garam ini dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi di mulut dan gigi, yang mana akan memberikan sedikit rasa lega dan sementara. Cara ini dapat membantu Anda terbebas dari rasa nyeri sembari menunggu kunjungan ke dokter gigi untuk mendapatkan jenis perawatan yang lebih permanen. 
  • Kompres dingin. Apabila wajah Anda membengkak akibat sakit gigi yang diderita, letakkan kompres dingin atau ice pack pada pipi selama beberapa menit. Selain dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi, kompres dingin dapat meredakan rasa nyeri yang terjadi karenanya. Lakukan cara ini beberapa kali sehari apabila diperlukan. 
  • Bawang. Saat hamil, Anda mungkin enggan menggunakan obat pereda rasa nyeri OTC karena takut efek samping bagi kesehatan kehamilan Anda. Untungnya, bawang putih merupakan pereda nyeri alami. Bawang putih juga adalah antibiotik alami yang dapat membantu membunuh bakteri pada daerah gigi yang sakit. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Cukup kupas bawang putih dan kunyah menggunakan gigi yang sakit. 

Sakit gigi saat hamil merupakan sebuah gejala normal dan tidak perlu mendapatkan kekhawatiran khusus. Obat sakit gigi untuk ibu hamil di atas dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkannya. Tetap kunjungi dokter guna memastikan gigi berlubang atau gangguan kesehatan mulut lain tidak menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *