Pahami Manfaat Serta Efek Samping Propepsa Suspensi

Pahami Manfaat Serta Efek Samping Propepsa Suspensi

Propepsa suspensi merupakan obat yang digunakan untuk mencegah tukak lambung. Dalam propepsa suspensi terdapat kandungan zat aktif sucralfate. Obat ini nantinya akan melekat pada protein di lokasi luka sehingga dapat membentuk lapisan pelindung terhadap asam lambung, garam empedu, dan enzim pencernaan pepsin. Zat sucralfate akan melindungi serta mencegah luka di lambung memburuk. Berdasarkan proses kerja dalam tubuh, propepsa suspensi memiliki status ekskresi terutama melalui urine, absorpsi yang diserap minimal dari saluran pencernaan, dan distribusi yang bertindak secara lokal di tempat luka. 

Manfaat propepsa suspensi

Secara umum propepsa suspensi digunakan untuk mencegah tukak lambung. Namun, terdapat indikasi dan manfaat obat propepsa suspensi yang lebih mendetail yaitu: 

  • Mengobati maag. 
  • Mengatasi peradangan pada lambung yang terjadi dalam waktu lama (gastritis kronis). 
  • Mengatasi sensasi seperti terbakar pada dada yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan (GERD) selama masa kehamilan. 
  • Mengobati luka pada dinding lambung dan usus dua belas jari dalam penggunaan jangka pendek (maksimal 8 minggu).  

Petunjuk penggunaan dan dosis propepsa suspensi

Propepsa suspensi digunakan dalam keadaan perut kosong atau minimal 1 jam sebelum makan. Obat ini tergolong obat keras dan harus menggunakan resep dokter. Dalam setiap 5 mL propepsa suspensi mengandung 500 mg sucralfate. Untuk dosis propepsa suspensi, dapat berbeda tergantung kebutuhan kondisi medis seseorang. Dosis umum penggunaan propepsa suspensi seperti berikut ini. 

  • Dosis dewasa untuk tukak yaitu dua sendok takar sebanyak 4  kali sehari diminum sebelum makan dan sebelum tidur. 
  • Dosis dewasa untuk tukak profilaksis yaitu dua sendok takar sebanyak 2 kali sehari diminum saat perut kosong. 
  • Dosis dewasa untuk maag yaitu dua sendok sebanyak 4 kali sehari diminum saat perut kosong. 
  • Dosis dewasa untuk GERD yaitu dua sendok sebanyak 4 kali sehari diminum saat perut kosong. 
  • Dosis dewasa untuk hyperphosphatemia pada gagal ginjal yaitu 2 sendok takar sebanyak 2 kali sehari diminum saat perut kosong. Dosis tersebut dapat dititrasi berdasarkan tingkat fosfat serum. 

Jam minum propepsa suspensi dianjurkan sama setiap harinya agar manfaat dari obat tersebut semakin maksimal. Selain itu, propepsa suspensi tidak disarankan untuk diberikan pada anak berusia di bawah 15 tahun. Penggunaan propepsa suspensi pada anak-anak dapat dilakukan jika memang diberikan resep tersebut oleh dokter. 

Efek samping propepsa suspensi

Obat propepsa suspensi  biasanya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Akan tetapi, penggunaan propepsa suspensi tetap dapat menimbulkan beberapa efek samping baik yang umum maupun jarang terjadi. Beberapa efek samping propepsa suspensi tersebut seperti berikut ini. 

  • Pasien disfungsi ginjal memiliki risiko mengalami efek samping yang lebih serius jika menggunakan propepsa suspensi seperti keracunan aluminium dan hypophosphatemia. 
  • Efek samping yang umum terjadi dari penggunaan propepsa suspensi yaitu sembelit. 
  • Efek samping propepsa suspensi lainnya yaitu diare, gangguan lambung, gangguan pencernaan, dan mual. 
  • Efek samping propepsa suspensi yang cukup jarang terjadi yaitu pusing, sakit kepala, mengantuk, vertigo, nyeri punggung, pembentukan benzoar, mulut kering, ruam, dan reaksi hipersensitivitas. 

Hentikan segera penggunaan propepsa suspensi jika muncul reaksi berupa alergi. Beberapa gejala alergi terhadap inpepsa suspensi yaitu pucat, sakit tenggorokan, ruam, gatal, nyeri sendi, dan demam. Berbagai gejala alergi lain mungkin juga muncul sehingga Anda perlu waspada dan melakukan pengamatan mendalam ketika mengonsumsi propepsa suspensi. Apabila Anda masih ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai propepsa suspensi, tanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *