Penyebab dan Cara Mudah Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Beberapa orang dari mulai anak-anak hingga dewasa memiliki kebiasaan gigit kuku. Kebiasaan gigit kuku yang dilakukan secara berulang ini biasa disebut dengan istilah onychophagia.

Apabila kebiasaan ini sudah ada sejak anak-anak, kemungkinan besar akan sulit dihentikan. Kebiasaan menggigit kuku juga biasanya menandakan kondisi pada psikologis seperti stres, kecemasan, gugup, dan juga perasaan sedih. 

Meskipun terdengar sepele dan hanya menggigit kuku saja, namun hal ini jangan dibiarkan saja. Sebab, bisa menyebabkan kerusakan mulai dari kerusakan gigi, kuku, hingga menimbulkan penyakit apabila kotoran pada kuku masuk ke dalam tubuh.

Alasan kamu harus menghentikan kebiasaan gigit kuku

Ada banyak hal buruk yang terjadi apabila kita terus meneruskan kebiasaan menggigit kuku. Berikut ini beberapa alasan kamu harus segera menghentikan kebiasaan gigit kuku

  • Kuku tumbuh tidak normal

Akibat kebiasaan menggigit kuku yang berlangsung lama adalah menyebabkan kuku tumbuh tidak normal. Apabila kamu sampai merusak jaringan kuku, mungkin kuku tidak bisa tumbuh lagi secara normal.

  • Bisa mengganggu pertumbuhan gigi

Menggigit kuku dalam waktu yang lama juga bisa merusak gigi. Tak hanya itu kebiasaan ini juga bisa menyebabkan masalah pada rahang.

  • Risiko terserang penyakit

Seperti yang kita ketahui, di dalam kuku terdapat banyak kuman. Apabila terlalu sering menggigit kuku, bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan kita terserang penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin akan muncul adalah infeksi lambung dan juga usus. 

Selain itu, kerusakan kulit yang muncul karena kebiasaan menggigit kuku juga bisa membuat kuman mudah masuk.

Penyebab kebiasaan gigit kuku

Berikut ini beberapa penyebab seseorang menggigit kukunya. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti:

  • Perasaan frustasi dan bosan
  • Gugup, sehingga menggigit kuku agar konsentrasi dan fokus
  • Stres dan perasaan cemas
  • Masalah emosional dan kesehatan mental 

Apabila hal ini berhubungan dengan masalah emosi dan juga mental, sebaiknya kamu segera menghubungi psikiater untuk membantu kamu menangani permasalahan ini. 

Cara menghentikan gigit kuku

Mengingat risiko yang mungkin terjadi dari kebiasaan gigit kuku cukup besar, sebaiknya kamu segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

Berikut ini beberapa cara mudah menghentikan kebiasaan gigit kuku yang bisa kamu coba. Perlu diperhatikan bahwa cara ini harus dilakukan dengan niat yang kuat dan butuh kesabaran. 

Rutin memotong kuku

Kebiasaan kuku biasanya muncul karena kuku yang panjang, sehingga membuat kamu ingin menggigitnya. Untuk mencegah kebiasaan ini, sebaiknya rutin memotong kuku agar kebiasaan menggigit kuku bisa diminimalisir.

Tentukan waktu setiap minggunya kapan harus memotong kuku agar kuku kita tidak memanjang yang membuat kamu ingin menggigit kuku

Menggunakan cat kuku 

Menggunakan cat kuku akan membuat kuku jadi cantik. Dengan cat kuku, keinginan untuk menggigit kuku mungkin akan berkurang karena tidak ingin cat kuku jadi rusak.

Selain itu, cat kuku juga mungkin memiliki rasa yang pahit sehingga tidak nyaman apabila rasa pahit masuk ke dalam mulut.

Gunakan sarung tangan

Penggunaan sarung tangan juga bisa mencegah kamu untuk menggigit kuku. Selain itu, beberapa orang biasanya menempelkan selotip atau stiker yang dianggap lebih praktis. Dengan adanya sarung tangan, menjadi reminder untuk kamu tidak menggigit kuku kamu lagi.

Menemui psikiater

Penyebab kebiasaan menggigit kuku biasanya disebabkan oleh kesehatan mental dan mungkin pengaruh emosi. Apabila kamu selalu menggigit kuku saat merasa cemas, tidak nyaman, dan stres, sebaiknya segera menemui psikiater untuk membantu kamu menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Itu dia beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Memang tidak gampang dan mungkin saja kita lupa. Namun dengan tekad yang kuat kebiasaan ini pasti bisa dihilangkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *