Penyebab Pusing saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil adalah pusing. Tentu saja kondisi ini bikin ibu hamil merasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun biasanya, pusing saat hamil umumnya tidak hanya terjadi di trimester pertama kehamilan saja, tetapi juga terasa di trimester kedua dan ketiga. Hal ini disebabkan karena rahim yang membesar dan menekan pembuluh darah.

Penyebab Pusing saat Hamil

Pusing saat hamil biasanya disebabkan oleh sistem kardiovaskular yang mengalami perubahan drastis, seperti naiknya detak jantung, jantung memompa darah lebih banyak setiap menitnya, serta jumlah darah dalam tubuh meningkat 30-50 persen. Adapun penyebab lainnya yang membuat Anda merasa pusing adalah karena:

  • Morning Sickness

Mual dan muntah parah yang terjadi selama masa kehamilan dapat menyebabkan Anda merasa pusing. Biasanya ini terjadi di awal kehamilan atau disebut juga dengan hiperemesis gravidarum. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan pusing, tetapi juga menyebabkan penurunan berat badan karena kurangnya asupan yang dibutuhkan tubuh.

  • Perubahan Hormon

Selama masa kehamilan, tubuh memang mengalami perubahan hormon yang membuat pembuluh darah menjadi lebar dan lebih rileks. Hal ini memicu tekanan darah menjadi turun. Itulah mengapa ibu hamil sering merasa pusing, terlebih ketika bangun dari posisi tidur.

  • Berdiri Terlalu Cepat

Saat ibu hamil berdiri terlalu cepat dari posisi tidur atau duduk, darah tidak punya cukup waktu sampai ke otak. Inilah yang membuat kepala terasa pusing dan berputar.

  • Berbaring Telentang

Berbaring dengan posisi telentang juga dapat menyebabkan ibu hamil merasa pusing. Hal ini terjadi karena rahim yang ukurannya semakin membesar menghalangi aliran darah ke jantung dari ekstremitas bawah (anggota gerak bawah).

  • Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik adalah kondisi di mana sel telur yang dibuahi ditanam di luar rahim, biasanya di saluran tuba. Kehamilan ektopik ini juga dapat menyebabkan pusing. Hal ini karena terjadinya pendarahan vagina akibat kehamilan di luar kandungan. Selain itu, Anda juga mungkin merasakan lemas dan sakit di perut.

  • Tekanan pada Rahim

Rahim yang terus membesar dapat menyebabkan pembuluh darah tertekan dan menyebabkan Anda merasa pusing. Biasanya terjadi di trimester kedua dan ketiga. Selain pusing, Anda juga akan merasa tidak nyaman di bagian peru.

  • Dehidrasi

Pada kehamilan, dehidrasi dapat terjadi kapan saja. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan cairan. Padahal saat hamil, tubuh akan membutuhkan lebih banyak cairan. Selain merasa pusing, tubuh juga akan merasa kelelahan, mulut kering, mudah mengantuk, dan lainnya.

  • Rendahnya Gula Darah

Gula darah yang rendah dapat menyebabkan munculnya gejala seperti pusing, berkeringat, sakit kepala, hingga badan gemetaran.

  • Anemia

Anemia disebabkan karena turunnya sel darah merah selama kehamilan. Bisa juga disebabkan karena kekurangan zat besi dan asam folat. Selain pusing, tubuh juga merasakan gejala seperti pucat, sesak napas, hingga kelelahan.

  • Rasa Cemas

Napas akan berlebih ketika Anda merasa cemas. Kondisi ini membuat Anda lebih banyak menghirup karbondioksida dibanding oksigen. Sehingga rasa cemas juga sering menjadi penyebab pusing saat hamil.

Cara Mencegah dan Mengatasi Rasa Pusing saat Hamil

Cara mencegahnya akan tergantung pada apa penyebab yang membuat Anda merasa pusing tersebut. Namun, hal yang harus dilakukan saat merasa pusing adalah duduk. Posisi duduk akan membuat rasa pusing hilang dan menghindari Anda agar tidak terjatuh. Berikut yang bisa Anda lakukan jika merasa pusing.

  • Bangun dari Posisi Tidur Perlahan

Ketika Anda ingin bangun dari posisi berbaring atau duduk, bangunlah dengan perlahan. Jangan sampai Anda bangun terburu-buru agar mencegah rasa pusing semakin memburuk.

  • Banyak Konsumsi Air Putih

Air putih akan mencegah Anda dari dehidrasi yang menjadi penyebab pusing. Setidaknya minumlah 8-10 gelas dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  • Makan Secara Teratur

Ibu hamil harus menjaga waktu dan pola makan secara teratur. Nutrisi dari makanan yang masuk ke tubuh haruslah memenuhi kebutuhan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi camilan yang sehat dapat mengurangi rasa pusing saat hamil.

  • Tidur dengan Posisi Miring ke Kiri

Pusing dapat disebabkan oleh posisi tidur yang telentang. Oleh karenanya, usahakan untuk tidur menghadap ke samping agar jantung dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih mudah.

  • Duduk dan Tenang

Ketika merasa pusing saat hamil, duduklah dengan tenang untuk membantu menghilangkan rasa pusing. Dengan duduk, Anda juga terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan seperti terjatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *