Resep Okonomiyaki Hiroshima yang Mudah untuk Dibuat

Resep okonomiyaki Hiroshima biasanya disajikan berupa makanan khas Jepang seperti panekuk yang digoreng dan disertai dengan bahan pelengkap seperti kubis, tauge, mie, irisan perut babi, dan telur goreng. Tak hanya itu, resep okonomiyaki Hiroshima biasanya juga menambahkan saus gurih dan mayo Jepang untuk menambah cita rasa kelezatan makanan khas Jepang tersebut.

Okonomiyaki sebetulnya memiliki dua jenis, yaitu ala Osaka dan ala Hiroshima. Okonomiyaki ala Osaka biasanya terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung dan air, parutan kubis, telur dan daun bawang serta daging atau protein sesuai pilihan Anda, seperti irisan perut babi atau makanan laut. Sedangkan okonomiyaki ala Hiroshima adalah jenis okonomiyaki yang berasal dari daerah Hiroshima, Jepang.

Resep okonomiyaki  dapat berbeda pada masing-masing wilayah di Jepang

Resep okonomiyaki Hiroshima menggunakan bahan pembuatan yang hampir sama dengan jenis Osaka, tetapi bahannya cenderung dibuat berlapis-lapis, bukan dicampur seperti ala Osaka. Tidak hanya itu, okonomiyaki Hiroshima juga sering ditambah telur goreng dan mie yakisoba atau justru mie udon sebagai topping.

Resep Okonomiyaki Hiroshima

Untuk membuat okonomiyaki Hiroshima, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan yang akan diperlukan terlebih dahulu, seperti:

  • 1/4 kubis
  • 6 iris perut babi, bisa juga diganti dengan daging sapi atau makanan laut
  • Ten-kasu secukupnya (tenkasu adalah potongan kecil tempura)
  • 1-2 porsi mie yakisoba instan, lalu rebus setengah matang 
  • 3 butir telur
  • 100 gram tepung okonomiyaki
  • 120 ml air
  • 60 gram tauge
  • mayones
  • saus okonomiyaki
  • 2 daun bawang
  • aonori atau bubuk rumput laut secukupnya
  • katsuobushi atau serpihan bonito kering secukupnya
  • 1 sdt acar jahe

Cara Membuat Okonomiyaki Hiroshima

1. Potonglah bawang hijau dan kol yang sudah dicuci bersih. Usahakan untuk memotong kubis atau kol dengan cara sehalus mungkin.

2. Ambil mangkuk lalu campur tepung okonomiyaki dengan air dan 1 butir telur, lalu kocok sampai adonan menjadi kalis dan tidak ada yang menggumpal.

3. Ambil wajan atau hot plate, lalu olesi dengan percikan minyak sayur, dan letakkan di atas api sedang. Anda juga perlu memastikan bahwa wajan telah dipanaskan secara merata sebelum lanjut ke langkah berikutnya, atau okonomiyaki yang Anda buat jadi semakin sulit untuk dibentuk.

4. Tambahkan sedikit, yaitu setengah adonan ke dalam panci dalam bentuk lingkaran yang rata. Usahakan untuk tidak membuat lingkaran terlalu lebar atau Anda tidak akan bisa mempertahankan bentuknya. Lalu, tambahkan setengah kol, dan setengah tauge di atas adonan, sebelum menambahkan bahan protein seperti perut babi atau makanan laut.

5. Tuang sebanyak 1 sdm adonan di atas adonan tersebut untuk menyatukan semuanya, lalu biarkan okonomiyaki matang selama sekitar 7 hingga 10 menit sebelum Anda harus membaliknya dengan spatula agar kedua sisi bisa matang.

6. Sementara sisi lain dari okonomiyaki tersebut dimasak selama 7 sampai 10 menit, ambilah panci lain lalu masak 1 porsi yakisoba dengan tambahan sedikit minyak sayur dan saus yang telah disediakan dalam satu paket.

7. Setelah yakisoba sudah matang, dengan spatula, pindahkan okonomiyaki di atas mie. Lalu, pecahkan telur ke dalam mangkuk dan pecahkan kuning telurnya sebelum menuangkan ke wajan pertama ke sisi okonomiyaki.

8. Kemudian, tempatkan okonomiyaki dengan mie di bawahnya, di atas telur dan biarkan masak selama 1 hingga 2 menit. Jika sudah matang, balikkan okonomiyaki yang sudah jadi ke atas piring dan siram dalam pola berseling-seling dengan saus okonomiyaki dan mayones. 

9. Sajikan dengan menaburi menggunakan daun bawang, rumput laut aonori, katsuobushi dan acar jahe di atasnya. Ulangi seluruh proses di atas untuk pembuatan okonomiyaki kedua sampai selesai. 

Resep okonomiyaki Hiroshima ini bisa Anda coba, khususnya bagi Anda yang menyukai mie goreng dan tekstur okonomiyaki yang tidak terlalu kental. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi babi, Anda bisa menggantinya dengan makanan laut lainnya seperti cumi, udang, atau jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *