Tips Memenuhi Kebutuhan Energi ketika Diet

Tips Memenuhi Kebutuhan Energi ketika Diet

Masalah berat badan tidak bisa dipandang remeh. Bukan hanya memengaruhi penampilan, berat badan yang berlebih atau terlalu kurang bisa menjerumuskan Anda ke kondisi masalah kesehatan tertentu. Karena berbagai alasan tersebutlah, tidak salah jika Anda memilih diet guna mencapai berat badan ideal. Namun perlu diingat, pada saat diet pun, Anda harus mampu memenuhi kebutuhan energi harian. 

Kebutuhan energi menjadi kunci agar Anda tetap sehat dan mampu memiliki energi untuk menjalankan aktivitas harian. Jika energi yang masuk ke tubuh Anda kurang secara harian, berbagai masalah dapat terjadi, mulai dari lemas, lesu, sampai masalah pencernaan akut. 

Karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk bisa menjaga kebutuhan energi yang Anda perlukan dengan diet yang sedang Anda jalankan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar diet Anda berlangsung aman, tanpa kekurangan energi. 

  1. Perhatikan Usia dan Aktivitas 

Beda usia, beda kebutuhan energi yang mesti dipenuhi. Laki-laki dewasa setidaknya memerlukan 2.000—3.000 kalori per hari. Sementara untuk perempuan dewasa, kebutuhan energinya berkisar 1.600—2.400 kalori per hari. Tidak hanya itu, pantau juga aktivitas harian Anda pada umumnya. Aktivitas harian yang lebih berat menandakan tubuh Anda memerlukan energi ekstra. Mengetahui kebutuhan energi dari usia dan aktivitas akan membuat Anda bisa tahu seberapa besar kalori yang masuk ke tubuh bisa dikurangi. Maksimal pengurangan kalori dalam sehari hanya 20 persen dari kebutuhan energi. 

  1. Waktu Makan Banyak 

Diet bukan perkara jumlah makanan Anda banyak atau tidak dalam sekali waktu. Diet adalah perkara mengurangi jumlah kalori dalam tubuh agar tidak menjadi lemak dan daging yang menumpuk. Karena itu, tidak ada salahnya menyantap makanan banyak-banyak pada waktu yang tepat. Anda bisa mengonsumsi lebih banyak makanan pada pagi dan siang hari karena pada waktu-waktu tersebutlah, aktivitas harian akan terasa lebih berat. Lalu pada malam hari, Anda bisa mengurangi porsi makanan seminim mungkin karena inilah waktu tubuh beristirahat.

  1. Jangan Lewatkan Waktu Makan 

Jangan pernah berpikir bahwa diet Anda akan berhasil jika hanya makan sekali sehari dalam porsi besar. Ini hanya akan membuat sistem pencernaan terganggu dan kebutuhan energi sangat mungkin tidak terpenuhi. Cara terbaik untuk diet sembari menjaga asupan energi adalah selalu makan tepat waktu. Jangan lewatkan waktu makan sekalipun. Tetaplah atur jadwal sarapan, makan siang, sampai makan malam Anda dengan porsi yang mungkin lebih kecil. Untuk menjaga energi, tidak ada salahnya pula menyisipkan 2—3 makanan ringan di sela waktu makan utama. 

  1. Hindari Menghapus Penyuplai Energi

Ada tiga komponen nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan energi, yaitu karbohidrat, lemak, serta protein. Pastikan dalam diet Anda, setidaknya satu dari tiga komponen penyuplai energi ini tetap Anda. Jika Anda memilih tidak mengonsumsi karbohidrat agar bisa cepat mengurangi berat badan, Anda berarti harus menambahkan porsi protein ataupun lemak. Begitu pula sebaliknya jika Anda menghindari lemak, pastikan karbohidrat maupun protein tetap ada dalam menu diet Anda. 

  1. Tidak untuk Minuman Manis 

Bukan hanya makanan yang mesti diperhatikan dalam program diet Anda. Memilih minuman yang tepat pun bisa menjadi kunci untuk bisa sukses dalam diet tanpa mengabaikan kebutuhan energi harian. Minuman terbaik jelas air putih. Sementara itu, minuman yang harus dihindari adalah minuman manis. Jenis minuman yang mengandung banyak gula hanya akan menyumbang banyak kalori dalam tubuh, tapi membuat Anda tetap lapar dan makan banyak. Alhasil, Anda pun akan kelebihan energi sebab mendapat asupan karbohidrat dari gula di minuman manis serta dari makanan yang Anda santap. 

*** 

Diet bukan berarti membuat tubuh lemas seharian karena kebutuhan energi tidak terpenuhi. Diet yang baik adalah tahu cara memenuhi kebutuhan energi tubuh tanpa kelebihan yang berpotensi membuat daging dan lemak di badan menumpuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *