Tips Memilih Produk Kecantikan yang Aman untuk Kulit

Banyaknya produk kecantikan yang dijual di pasaran membuat Anda bingung untuk mengetahui produk yang aman untuk kulit? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mencari tahu kualitas produk tersebut dengan melakukan tips berikut ini sebelum menggunakannya. Banyaknya produk kecantikan atau perawatan kulit belum menjamin keamanannya dari sisi kesehatan ataupun halalnya.

Dikarenakan banyaknya produk kosmetik atau perawatan kulit di Indonesia, hal ini memicu peredaran produk secara ilegal dan palsu, yang mungkin tidak aman untuk Anda gunakan hingga dapat membahayakan kesehatan kulit. Lalu, bagaimana caranya? Simak tips memilih produk kecantikan yang aman untuk kulit berikut.

  1. Cek nomor BPOM produk

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu nomor BPOM produk tersebut. Pasalnya BPOM tidak mengeluarkan satu izin untuk semua produk, sehingga Anda harus cek kembali apakah semua produk sudah ada tambahan nomor seri dari BPOM. Pastikan juga bahwa nomor izin tersebut benar-benar terdaftar pada web resmi BPOM. Jika produk kecantikan yang kamu beli tidak memiliki nomor izin edar maupun tidak terdaftar, produk tersebut pasti illegal dan tidak terjamin kandungannya.

  1. Utamakan kualitas

Harga produk kecantikan memang sangat beragam, mulai dari yang paling mudah, terjangkau, hingga ada yang mahal. Namun, Anda jangan mudah tergiur dengan produk yang harganya murah dan harganya tidak masuk akal. Pasalnya, bisa saja produk tersebut merupakan produk tiruan atau KW. Harga produk yang murah memang aman di kantong, tapi belum tentu produk kecantikan tersebut aman untuk kesehatan. 

Pasalnya, sudah banyak kasus yang membuktikan bahwa beberapa produk kecantikan dengan harga yang murah ternyata palsu dan ilegal. Oleh karena itu, Anda perlu mengutamakan kualitas daripada harga saat memilih produk kecantikan yang aman.

  1. Produk belum melewati tanggal kedaluwarsa

Lihat tanggal kedaluwarsa yang tertera di dalam kemasan. Pastikan kosmetik yang Anda beli belum melewati tanggal kedaluwarsa. Seperti kebanyakan produk buatan pabrik, kosmetik juga memiliki jangka waktu yang baik untuk digunakan. Jangan sembarangan menggunakan produk kosmetik tanpa tahu tanggal kedaluwarsanya, sebab jika Anda menggunakan produk kosmetik yang sudah lewat masa berlakunya bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit, seperti iritasi hingga peradangan.

  1. Cek tekstur dan wanginya

Sebagai pengguna produk kecantikan, Anda pun harus teliti dengan tekstur dan wangi yang dihasilkan produk tersebut. Sesuaikan dengan label kosmetik juga wajib memuat list ingredients atau komposisi yang ada di dalam produk kosmetik tersebut. Jika tidak ada list ingredients ini maka produk kosmetik yang Anda beli wajib dicurigai.

  1. Perhatikan reaksi kulit setelah pemakaian produk

Jika Anda sudah sering membeli produk kecantikan, tentu sudah handal dalam mencoba tester kosmetik. Cara ini tidak hanya sekedar mencocokan produk kecantikan dengan keinginan Anda, tapi juga bisa memanfaatkan sebagai salah satu cara untuk memilih produk kosmetik yang aman. Jika ada reaksi yang mencurigakan pada kulit Anda, sebaiknya pikir kembali untuk membeli produk tersebut.

  1. Beli produk kecantikan di toko terpercaya

Untuk mendapatkan produk kecantikan yang aman, pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya. Selain official store, saat ini Anda juga bisa membeli produk kecantikan secara online di SehatQ.com yang menjual beragam produk perawatan kulit dan kosmetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *