Tips Mengatasi Bercak Merah pada Kulit Kaki Ibu Hamil

Akibat perubahan hormon, ibu hamil mengalami cukup banyak perubahan pada tubuhnya. Misalnya saja munculnya bercak merah pada kulit kaki secara tiba-tiba. Kulit gatal saat kehamilan adalah hal yang umum. Namun mengetahui penyebab bercak gatal diperlukan untuk memberikan perawatan yang tepat. 

Penyebab ruam gatal selama kehamilan

Ruam kulit selama kehamilan disebut dengan dermatosis kehamilan. Bercak kulit bisa ditemukan di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Ada beberapa faktor yang memicu bercak merah pada kulit kaki selama kehamilan. 

Sebagian besar kasus bercak gatal yang dialami ibu hamil tidak berbahaya. Berikut ini beberapa jenis ruam yang sering dialami oleh ibu hamil. 

1.Biang keringat

Suplai darah ke kulit meningkat selama kehamilan sehingga ibu hamil merasa lebih hangat. Peningkatan suhu tubuh membuat ibu berkeringat lebih banyak, dan memicu ruam panas atau disebut dengan biang keringat. Biang keringat biasanya muncul di area lipatan, seperti leher dan belakang lutut.  

2.Eksim atopik kehamilan

Eksim atopik kehamilan terdiri dari beberapa jenis ruam kehamilan yang serupa, yaitu eksim atopik, prurigo, dan folikulitis pruritus. Ketiganya menyebabkan bercak merah pada kulit kaki ibu hamil yang terasa gatal. Prurigo dan folikulitis melibatkan ruam yang disertai dengan benjolan berisi cairan atau menyerupai jerawat. 

3.Papula urtikaria pruritus dan ruam plak kehamilan (PUPPP)

Sekitar 1 dari 160 ibu hamil mengalami ruam PUPP, namun sering terjadi pada ibu yang hamil anak kembar. Kondisi ini terjadi ketika kulit meregang sehingga jaringan kulit rusak dan meradang dan menyebabkan ruam. 

Ruam PUPP ditandai dengan benjolan kecil pada kulit dan gatal. Ruam biasanya dimulai pada trimester kedua dan hilang sendirinya setelah melahirkan. 

4.Kolestasis intrahepatik kehamilan (ICP)

ICP atau kolestasis obsterik adalah kondisi yang harus diwaspadai. ICP merupakan gangguan fungsi hati yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Tanda yang paling terlihat adalah gatal parah di telapak tangan dan kaki, lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya. Gatal bisa terjadi dengan atau tanpa ruam, kadang disertai dengan penyakit kuning. 

5.Impetigo herpetiformis

Impetigo herpetiformis merupakan kondisi kulit selama kehamilan yang sangat langka. Impetigo herpetiformis memiliki gejala yang mirip dengan psoriasis pustular, antara lain:

  • Ruam yang terdiri dari lesi di lipatan kulit
  • Kulit berubah menjadi kerak
  • Demam
  • Diare 
  • Dehidrasi
  • Detak jantung cepat

Kondisi ini bisa hilang setelah ibu melahirkan. Dalam kasus yang jarang terjadi, impetigo herpetiformis dapat berakibat fatal. Untuk mengurangi risiko, dokter akan meresepkan antibiotik dan kortikosteroid sistemik.

6.Kehamilan pemfigoid

Kehamilan pemfigoid atau pemfigoid gestasi adalah penyakit autoimun langka yang mempengaruhi 1 dari setiap 50.000 kehamilan. Ruam gatal dimulai di sekitar pusar dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. 5-10% bayi yang lahir dari ibu dengan kehamilan pemfigoid akan memiliki lesi kulit.

Tips mengobati kaki yang gatal

Untuk meringankan gatal yang ditimbulkan dari bercak merah pada kulit kaki, berikut beberapa tips perawatan yang bisa dicoba:

  • Hindari menggaruk kulit. Menggaruk kulit yang gatal dapat memperburuk kondisi kulit.
  • Kompres atau mandi dengan air dingin. Air dingin membantu menenangkan kulit yang gatal.
  • Menggunakan pelembab. Oleskan pelembab di kaki untuk mencegahnya kering dan gatal. 
  • Menggunakan kaus kaki longgar. Kaus kaki longgar berbahan katun atau wol dapat menyerap keringat berlebih, sehingga kaki tidak lembab dan gatal.
  • Minum obat yang diresepkan. Minum obat yang diresepkan dokter secara rutin jika bercak gatal disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti eksim atau psoriasis.

Apabila bercak merah pada kulit kaki disertai dengan rasa nyeri parah, terbakar, atau terjadi bersamaan dengan gejala lain maka segeralah menemui dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *