Tips Menghilangkan Bekas Luka dengan Mederma Gel

Ketika kulit terluka, tubuh memiliki sistem regenerasi sehingga luka tersebut bisa menutup secara alami. Tapi, baik bekas luka tergores, luka bakar, atau pascaoperasi seringkali meninggalkan bekas kehitaman atau seperti jaringan parut. 

Bekas luka yang berada di area mudah terlihat, terutama wajah, pasti akan membuat siapapun tidak percaya diri. Dengan mengoleskan Mederma Gel secara rutin, bekas luka menonjol atau menahun bisa memudar. 

Manfaat Mederma Gel

Mederma Gel merupakan obat yang berfungsi menyamarkan bekas luka. Mederma Gel berbahan dasar air sehingga menghasilkan tekstur gel yang lembut, cepat meresap, dan tidak lengket di kulit. 

Mederma Gel memiliki formula triple-action yang membantu mempercepat regenerasi kulit, melembabkan, serta mendukung produksi kolagen untuk kulit yang lebih sehat. Manfaat tersebut didapat dari lidah buaya dalam Mederma Gel yang juga membantu membuat kulit lebih sejuk

Ekstrak bawang merah yang terkandung di dalamnya bertindak sebagai antiinflamasi untuk mengurangi bekas luka yang meradang. Ekstrak bawang merah juga dapat mencegah infeksi sekunder pada bekas luka. Kombinasi dengan allantonin membuat Mederma Gel bermanfaat untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada luka, seperti gatal atau nyeri, memudarkan bekas luka, sekaligus meratakan tekstur kulit yang kasar.

Kandungan dalam Mederma Gel

Mederma Gel Proaktif tersedia dalam dua ukuran yaitu 10 g dan 20 g. Adapun gel ini memiliki bahan dasar air dan dilengkapi dengan kandungan PEG-4, ekstrak lidah buaya, potasium sorbat, sodium benzoat, asam sitrat, alkohol, ekstrak bawang merah, xantan gom, allantoin, parfum, metil paraben, dan asam sorbat. 

Mederma Gel untuk Bekas Luka Apa Saja?

Terdapat berbagai jenis luka, dan masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda. Krim atau gel penghilang bekas luka seperti Mederma Gel biasanya direkomendasikan dokter untuk mengobati bekas luka yang disebabkan oleh cedera atau luka yang telah tertutup. 

Mederma Gel juga bisa digunakan untuk menyamarkan luka pascaoperasi, luka bakar, bekas jerawat, dan jaringan parut. Namun sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Mederma Gel aman digunakan untuk Anda. 

Untuk luka yang lebih dalam termasuk luka bakar yang parah, Anda membutuhkan perawatan khusus seperti cangkok kulit, eksisi, dermabrasi, atau operasi laser. Sedangkan untuk bekas luka yang sangat menonjol seperti keloid atau bekas luka hipertrofik, Anda bisa meminta suntikan steroid. 

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Cepat

Agar bekas luka cepat memudar atau meminimalisir bekas luka, berikut ini beberapa tips dari dokter kulit yang bisa Anda coba:

  1. Jaga bekas luka tetap bersih. Perlakukan bekas luka dengan hati-hati, terutama jika luka baru saja menutup. Cuci area tersebut dengan air dan sabun berbahan lembut, lalu keringkan dengan cara menepuknya pelan-pelan. 
  2. Gunakan Mederma Gel secara rutin. Setelah kering, oleskan Mederma Gel secara rutin sebanyak 2-4 kali sehari. Untuk bekas luka baru, gunakan selama 8 minggu, dan 3-6 bulan untuk bekas luka lama. 
  3. Tutupi dengan perban. Untuk goresan besar, luka bakar, atau luka kemerahan, Anda bisa menutupi bekas luka dengan perban perekat. Ganti perban setiap hari untuk menjaganya tetap bersih. 
  4. Oleskan tabir surya setelah luka sembuh. Penggunaan tabir surya dapat mencegah hiperpigmentasi dan membantu mempercepat bekas luka memudar. 

Catatan

Mederma Gel tidak akan bisa menghilangkan bekas luka secara sempurna, namun tetap efektif membuat bekas luka jadi lebih tidak menonjol. Gel ini bisa digunakan untuk mengatasi bekas luka di wajah, namun hati-hati jangan sampai gel terkena mata. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *