skincare untuk remaja

Tips Skincare untuk Remaja Menjadi Lebih Baik

Masa remaja merupakan masa di mana hal-hal baru akan terjadi, termasuk menggunakan skincare untuk remaja. Untungnya, tidak suit sama sekali untuk merawat kulit anak remaja. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kulit yang lebih baik, sangat bagus untuk melakukan rutinitas perawatan kulit harian yang umumnya terdiri dari pembersih, toner, dan pelembab serta perawatan lainnya untuk tetap menghidrasi kulit.

Berikut beberapa tip untuk membantu Anda memahami perawatan kulit seperti apa yang cocok untuk remaja.

  • Mencuci wajah

Mencuci wajah merupakan salah satu langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai perawatan lainnya, wajah yang kotor dapat membuat wajah berjerawat. Dan, jika Anda membiarkan kotoran menumpuk di kulit Anda atau pergi tidur dengan wajah kotor tentu akan membuat wajah berjerawat.

Kulit yang setiap hari terpapar oleh banyak hal yang menyumbat pori-pori, termasuk kotoran, keringat, minyak, tabir surya, dan riasan. Jadi, langkah pertama dalam rutinitas perawatan kulit remaja adalah membersihkan wajah.

  • Hindari pencuci wajah yang mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit dan berdampak buruk bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.
  • Bersikaplah lembut dengan kulit Anda, jangan menggosok dengan keras atau menggunakan kain kasar. Gunakan gerakan melingkar untuk menggosokkan pembersih ke kulit Anda dan pastikan semua kotoran dan riasan telah hilang.
  • Bilas semua pembersih wajah, tanpa meninggalkan pembersih wajah. Lalu keringkan dengan handuk lembut.
  • Pelembab

Hal kedua yang perlu dalam skincare untuk remaja adalah pelembab. Pasalnya, saat mencuci muka Anda akan menghilangkan minyak “baik” yang membantu melindungi kulit Anda dan menjaganya untuk tetap lembut. Meskipun Anda telah menggunakan pembersih wajah yang lembut dan alami, namun Anda tetap harus menggunakan pelembab agar kulit tetap terlihat segar dan terus terhidrasi.

  • Bibir

Selain skincare wajah, jangan lupakan bibir Anda. Bibir merupakan bagian terpenting dan sensitif yang sering terlewatkan oleh produk perwatan kulit. Kulit bibir Anda lebih tipis dan lebih halus daripada kulit di bagian tubuh Anda yang lain.

Bibir biasanya memproduksi melanin untuk melindungi diri dari sinar matahari, dan juga memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit daripada kulit Anda yang lain. Untuk remaja, bisa memulai dengan menggunakan lip balm secara teratur dan dapat menghindari bibir dari pecah-pecah.

Selain beberapa tip di atas tentang bagaimana penggunaan skincare untuk remaja, berikut pun ada beberapa hal yang bisa para remaja lakukan untuk mendapatkan kulit yang bagus.

  • Minum cairan yang cukup. Mengonsumsi cairan yang cukup adalah kunci menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik dan lembut. Anda juga bisa minum jus hijau atau smootie dengan banyak buah dan sayuran untuk memberikan vitamin yang Anda butuhkan dan membantu mengoksidasi kulit Anda, untuk menjaganya tetap sehat.
  • Makan makanan yang sehat. Ingat bagaimana tubuh Anda membutuhkan minyak dalam jumlah tertentu agara tetap lembut dan halus? Nah, untuk mendapatkan hal tersebut secara alami Anda dapat membantu mempertahankan kelembapan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3.
  • Hindari menyentuh wajah Anda. Jangan terlalu sering menyentuh wajah, kecuali saat Anda mencuci wajah dan menggunakan skincare. Pasalnya, tangan Anda dapat menyebarkan bakteri ke wajah dan menyebabkan timbulnya jerawat, tetapi juga dapat membawa kuman yang dapat membuat Anda sakit, seperti virus flu.
  • Perhatikan paparan sinar matahari. Saat anda berada di luar ruangan, jangan lupa untuk mengggunakan tabir surya atau tutupi dengan lengan panjang atau topi lebar, jadi jangan langsung terpapar sinar matahari. Selain itu, usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan pemanas. Karena paparan panas langsun dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan kolagen rusak yang nantinya dapat menyebabkan keriput dini.

Skincare untuk remaja pada dasarnya boleh digunakan namun pilih produk yang memang dikhususkan untuk remaja dan jangan terlalu banyak menggunakan berbagai produk. Cukup pembersih muka, toner ataupun pelembab. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *