Tips Terhindar dari MERS (Middle East Respitory Syndrome)

MERS (Middles East Respitory Syndome) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus corona, yang berbeda varian dengan virus Covid 19. Penyakit ini sempat merebak di kawasan Timur Tengah dan menyebar ke beberapa negara pada tahun 2012. Sewaktu itu, MERS sangat menyita perhatian dunia karena tingkat kematiannya yang sangat tinggi. Pasalnya, 1 dari 3 orang yang terjangkit penyakit ini bisa mengalami kematian! 

World Health Organization pun menjadikan MERS sebagai salah satu penyakit yang mesti diwaspadai. Berbagai rujukan dibuat agar penyebaran virus corona dari Timur Tengah ini tidak meluas dan menjadi pandemi. Nyatanya, rujukan terkait pencegahan dan penanganan yang terpusat penuh pada kasus MERS bisa membuat penyakit ini tidak berujung seperti Covid 19 seperti sekarang. 

Tips menghindari MERS sebenarnya hampir sama seperti cara menghindari berbagai infeksi virus lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membuat Anda terhindar dari paparan MERS sehingga tidak perlu berhadapan dengan risiko komplikasi parah, seperti gagal napas dan gagal ginjal, yang membayangi penyakit ini. 

Rajin Cuci Tangan 

Mencuci tangan adalah kunci supaya Anda bisa terhindari dari MERS maupun infeks virus lainnya. Pasalnya, virus MERS sangat mungkin terpapar di tangan Anda. Namun, virus tersebut tidak akan mampu menginfeksi apabila tidak masuk ke tubuh lewat mulut, hidung, ataupun mata. Dengan mencuci tangan sesering mungkin, risiko memindahkan virus dari tangan ke bagian dalam tubuh bisa diminimalkan. Namun ingat, Anda mesti mencuci tangan dengan benar. Setidaknya, lakukan pencucian tangan selama 20 detik tiap sesi dengan langkah-langkah yang dianjurkan WHO, yaitu seluruh bagian tangan terbilas dengan sabun antibakteri dan air.

Minimalkan Menyentuh Wajah 

Seperti yang dikatakan tadi, virus yang ada di tangan tidak bisa menginfeksi Anda selama tidak ada transfer ke bagian dalam tubuh lewat mulut, hidung, maupun mata. Karena alasan ini pulalah, minimalkan menyentuh wajah apabila mencuci tangan. Menyentuh wajah secara sembarangan hanya akan membuat virus MERS di tangan mudah berpindah dan masuk ke dalam tubuh untuk menginfeksi. 

Bersihkan Barang Umum dengan Disinfektan 

Ada banyak barang umum yang kemungkinan mengandung beragam virus, tidak terkecuali penyebab MERS (Middles East Respitory Syndrome). Permukaan meja, gagang pintu, ataupun pegangan di kendaraan umum yang Anda sentuh sehari-hari bisa jadi menjadi sumber penyakit MERS menimpa Anda. Selain mencuci tangan sesering mungkin, sangat penting untuk selalu membersihkan barang umum yang hendak Anda sentuh. Cukup semprotkan cairan disinfektan guna membuat virus-virus di permukaan barang tersebut mati dan tidak sempat menginfeksi Anda. 

Jangan Berbagi Peralatan Personal 

Berbagi peralatan personal bisa membuat risiko terkena beragam penyakit menular semakin besar, tidak terkecuali untuk MERS (Middle East Respitory Syndrome). Pasalnya, Anda tidak tahu apakah orang yang Anda pinjami atau tempat Anda meminjam peralatan personal tersebut tengah terjangkit virus MERS atau tidak. Daripada berjudi dengan masalah kesehatan Anda, lebih baik memutuskan untuk tidak berbagai peralatan personal. Peralatan makan, peralatan mandi, hingga peralatan berias merupakan barang-barang personal yang sebaiknya tidak Anda pinjamkan atau Anda meminjam dari orang lain. 

Pastikan Makanan Selalu Matang 

Virus bisa jadi ada di makanan yang Anda konsumsi, tidak terkecuali virus penyebab MERS. Lalu, apa upaya yang dapat dilakukan supaya Anda bisa makan, tapi terbeas dari risiko terkena penyakit mematikan itu? Pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan dengan bahan-bahan yang matang. Dengan demikian, meskipun bahan dari makanan tersebut mengandung virus MERS, proses pemasakan dengan suhu tinggi akan membuat virus tersebut mati. 

Hindari Kontak dengan Unta  

Penyebab MERS pada awalnya ditemukan di Timur Tengah. Adalah unta, yang disebut-sebut sebagai hewan penular virus corona jenis ini ke manusia. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari kontak dengan unta apabila ingin meminimalkan risiko terkena MERS. 

Selain melakukan berbagai tips di atas, pencegahan MERS (Middle East Respitory Syndrome) juga dapat dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh alias imunitas. Jika imunitas kuat, meskipun Anda terpapar virus ini, kesempatan tubuh untuk memenangi pertarungan sehingga Anda tidak jatuh sakit bisa lebih besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *