Manfaat Menggunakan Vitamin Rambut

Manfaat Menggunakan Vitamin Rambut

Rambut kepala merupakan bagian tubuh yang sangat penting untuk perempuan. Bahkan ada pepatah yang mengatakan rambut adalah mahkota perempuan yang perlu dijaga kesehatan dan keindahannya. Membersihkannya dengan sampo dan menggunakan kondisioner saja tidak cukup. Untuk menjaga rambut tetap sehat dan terlindungi dari kerusakan, dibutuhkan perawatan ekstra dengan menggunakan vitamin rambut agar rambut tetap ternutrisi.

Manfaat perawatan dengan vitamin rambut

Produk vitamin rambut ini sudah hadir dengan berbagai bentuk dari berbagai merek. Vitamin rambut memiliki fungsi yang beragam tergantung dari kandungan di dalamnya. Ada vitamin yang berfungsi untuk melembutkan rambut, mengatasi rambut rontok atau lepek, serta mengatasi ketombe. Simak ulasan berikut tentang manfaat vitamin rambut.

1. Mengatasi rambut rontok

Sudah banyak produk rambut yang mengklaim dapat mengatasi rambut rontok. Sayangnya, rambut rontok tidak cukup hanya menggunakan sampo maupun kondisioner. Butuh vitamin rambut yang memiliki kandungan vitamin D atau defisiensi vitamin D. Selain vitamin D, juga bisa menggunakan vitamin A untuk mengatasi rambut rontok.

Rambut rontok sebenarnya kondisi yang umum terjadi. Setiap harinya, terdapat 100 sampai 200 helai rambut yang akan rontok. Namun, jika sudah berlebihan harus segera diatasi karena bisa saja ada masalah kesehatan yang melatarbelakangi rontoknya rambut. 

Kondisi rambut rontok atau dalam bahasa medis biasa disebut dengan alopecia diakibatkan dengan penyakit autoimun. Kondisi ini juga biasa dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Hasil studi menunjukkan bahwa menggunakan vitamin rambut dapat membuat folikel rambut atau pori-pori kecil tempat tumbuhnya rambut. 

2. Melindungi rambut rusak

Selain dapat mengatasi rambut rontok, vitamin rambut juga dapat melindungi dan meminimalisir kerusakan rambut. Sebab, vitamin rambut memiliki kandungan mineral oil yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala sekaligus menguatkan akar rambut. Jika digunakan secara teratur, vitamin rambut pun dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut kering dan bercabang akibat hair styling atau produk kimia lainnya.

Selain mineral oil, vitamin rambut yang memiliki kandungan vitamin C juga dikatakan bagus untuk memperbaiki rambut rusak. Pasalnya vitamin C kaya akan antioksidan yang memproduksi kolagen. Kolagen ini lah yang diperlukan untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga dapat memberikan nutrisi pada rambut.

Untuk meminimalisir kerusakan rambut karena hair styling, aplikasikan vitamin rambut terlebih dahulu. Dengan menggunakan vitamin rambut, dapat melindungi minyak alami yang ada di rambut sehingga rambut tetap lembab dan tidak menjadi kering.

3. Mengatasi rambut lepek dan bau

Rambut lepek dan bau menjadi musuh bagi perempuan. Apalagi ketika sedang beraktivitas di luar rumah. Biasanya, rambut lepek disebabkan produksi minyak yang berlebih. Tidak hanya lepek, rambut juga kadang menjadi bau ketika terpapar sinar matahari. Rambut kemudian akan sulit ditata dan kusam. 

Rambut lepek dan bau bisa terjadi karena banyak hal, seperti menggunakan perawatan rambut yang salah atau sedang terpapar sinar matahari. Selain faktor eksternal, rambut lepek dan bau juga dapat terjadi karena hormon, genetik, atau kondisi medis tertentu.

Vitamin rambut dapat menjadi solusi mengatasi rambut lepek dan bau. Vitamin rambut biasanya memiliki formula yang bisa mengontrol minyak pada kulit kepala serta memiliki aroma yang enak. Aplikasikan vitamin rambut setelah keramas secara rutin sebelum beraktivitas. Vitamin rambut berbentuk spray atau mist juga dapat digunakan dan menjadi pertolongan pertama saat rambut terasa lepek dan bau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *