8 Tepung dan Biji-bijian Ini Bisa Cegah Berat Badanmu Naik

Tepung dan biji-bijian, termasuk beras, mengandung karbohidrat yang dibutuhkan sebagai sumber energi tubuh. Namun beras dan makanan yang terbuat dari tepung terigu kerap dihindari oleh beberapa orang karena efek peningkatan berat badannya. 

Tepung terigu juga memiliki kalori tinggi dan membuat gula darah naik dan turun secara signifikan, membuat Anda cepat lapar dan cenderung makan lebih banyak.

Berikut ini alternatif tepung dan biji-bijian yang bisa Anda coba. 

  1. Quinoa

Quinoa sangat populer sebagai biji-bijian pengganti nasi bebas gluten yang kaya serat dan protein. Quiona mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, dan sangat bagus untuk melengkapi kebutuhan protein harian pelaku diet vegan dan vegetarian. 

Quinoa juga merupakan sumber magnesium dan tembaga yang berperan penting dalm metabolisme energi dan kesehatan tulang. 

Cara memasaknya sama seperti memasak beras putih. Campurkan satu bagian quinoa kering dengan dua bagian air, lalu kukus hingga matang. 

  1. Beras merah

Beras merah (brown rice) sangat populer di Indonesia sebagai pengganti beras putih. Beras merah diklaim lebih menyehatkan daripada beras putih karena lebih kaya antioksidan, vitamin, dan mineral penting. 

Beras merah juga mengandung lebih banyak serat, sehingga memperpanjang rasa kenyang meski memakannya dalam porsi kecil.

  1. Nasi kembang kol

Nasi kembang kol sebenarnya terbuat dari kembang kol yang dipotong kecil-kecil hingga berukuran seperti beras. 

Nasi kembang kol populer di kalangan orang yang menjalani diet keto. Nasi kembang kol memiliki rasa yang ringan, serta rendah kalori dan karbohidrat.

Anda bisa membeli nasi ini atau membuatnya di rumah. Potong kepala kembang kol menjadi beberapa bagian dan parut atau potong halus dengan food processor. Masak nasi kembang kol dengan sedikit minyak dan api sedang hingga empuk dan agak kecokelatan. 

  1. Nasi shirataki

Diet sehat kekinian sangat mengandalkan makanan ini. Nasi shirataki terbuat dari akar konjak yang kaya akan serat unik yaitu glukomanan. 

Untuk membuat nasi shirataki, bilas beras dengan air hingga bersih agar baunya hilang, lalu rebus selama 1 menit. Panaskan nasi dengan api sedang hingga air menyerap ke nasi. 

  1. Tepung kelapa

Tepung kelapa adalah alternatif unik untuk tepung terigu. Tepung ini berasal dari Filipina, dan awalnya merupakan produk sampingan dari santan kelapa. 

Tepung kelapa tidak mengandung gluten sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang alergi dan sensitif terhadap gluten.

Tepung kelapa juga menawarkan banyak manfaat lain, termasuk menjaga kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan pencernaan, dan tentunya membantu menurunkan berat badan. 

  1. Tepung biji anggur

Tepung biji anggur adalah sesuatu hal yang baru. Tepung ini terbuat dari menghaluskan biji dan kulit anggur. 

Tepung biji anggur menawarkan rasa yang unik karena memiliki sedikit rasa anggur. Penelitian menemukan, selain kaya antioksidan, tepung ini juga efektif menurunkan kolesterol dan mengontrol berat badan.

  1. Tepung tiger nut

Tiger nut masih belum banyak dikenal di Indonesia. Kacang ini terlihat seperti buncis, memiliki rasa agak manis dan pedas, dan bertekstur kenyal.

Tepung ini memiliki pati resisten yang sangat tinggi. Pati resisten mudah dicerna usus, membantu menurunkan kenaikan gula darah, dan membuat Anda kenyang lebih lama. 

  1. Tepung pisang

Tepung dan biji-bijian terakhir yang tak kalah uniknya adalah tepung pisang. Tepung ini terbuat dari pisang hijau yang sudah dihaluskan dan memiliki rasa asam seperti coklat. 

Tepung pisang kaya akan potassium, pati resisten, prebiotik, dan tanpa kalori. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tepung pisang memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dapatkan tepung dan biji-bijian pilihan di Toko Kesehatan SehatQ sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *