Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Beras Organik

Sebagian besar dari Anda pasti tidak bisa tidak memakan nasi setiap harinya. Nasi sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Ada orang yang mengonsumsi nasi dari beras reguler, dan ada juga yang menggunakan beras organik.

Dibandingkan dengan beras reguler, beras yang organik biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Ini terjadi karena beras jenis ini dianggap lebih bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, proses pengolahannya pun juga lebih rumit dari beras biasa. 

Apa saja manfaat konsumsi beras organik?

Baik beras yang dikelola secara organik maupun tidak, sama-sama memiliki manfaat positif bagi kesehatan Anda. Jika Anda rutin mengonsumsi beras, berikut ini efeknya bagi kesehatan:

  • Menjaga kesehatan tulang, saraf, dan otot

Tahukah Anda bahwa kandungan pada beras bisa meningkatkan kesehatan tulang dan otot Anda? Bukan hanya itu, kesehatan saraf pun juga bisa lebih terjaga.

Beras organik dipercaya memiliki kandungan magnesium yang lebih kaya dari beras reguler. Kandungan ini merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga struktur tulang.

Selain itu, magnesium pada beras jenis ini juga membantu reaksi enzim dan protein yang diperlukan untuk konduksi saraf yang tepat. 

  • Memelihara kesehatan jantung

Masalah jantung merupakan salah satu kondisi penyakit kronis yang paling umum menyerang orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tanpa sadar, Anda pun mungkin berisiko terkena penyakit ini.

Penyakit jantung bisa menjadi sangat berbahaya. Sebagai upaya pencegahan, Anda bisa membiasakan diri mengonsumsi beras. Karena beras terbuat dari padi, kandungannya dipercaya mampu memperbaiki kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Jadi, kondisi kesehatan jantung Anda dapat tetap terjaga, selama Anda mengonsumsi beras dalam kadar yang tepat. Anda juga bisa mencoba beras merah organik untuk mendapatkan asupan serat yang lebih tinggi. 

  • Meningkatkan fungsi usus besar

Usus besar merupakan salah satu organ yang menjadi bagian dari sistem pencernaan. Mengonsumsi nasi dari beras bisa membantu meningkatkan kesehatan fungsi usus besar Anda. 

Di dalam nasi, terdapat kandungan pati resisten. Kandungan ini dapat menyebabkan pembentukan asam lemak tertentu yang memelihara usus besar tetap sehat. 

Selain itu, asam lemak ini juga dipercaya mampu menurunkan risiko terkena kanker usus besar. Jadi, kesehatan usus besar Anda akan lebih terjaga secara keseluruhan. 

  • Memberikan energi

Anda mungkin menyadari bahwa energi Anda mengalami peningkatan setelah mengonsumsi nasi. Hal ini juga berlaku apabila Anda makan nasi dari beras organik. 

Karena itu, banyak atlet yang mengonsumsi nasi ketika mereka membutuhkan energi tambahan dalam waktu cepat. Hal ini didapatkan dari karbohidrat yang ada pada nasi, baik nasi yang organik maupun bukan. 

Tapi, Anda mungkin tidak bisa mendapatkan energi yang cukup apabila mengonsumsi beras merah organik. Karena, beras merah lebih kaya akan serat dan bukan karbohidrat. Sedangkan, tubuh memerlukan karbohidrat untuk mendapatkan asupan energi tambahan.

Dari manfaat-manfaat di atas, Anda bisa melihat bahwa mengonsumsi nasi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Anda bisa memilih nasi jenis apa pun, semuanya sama-sama memiliki efek positif untuk tubuh Anda. 

Ketika mengonsumsi nasi, yang terpenting adalah untuk membatasi jumlah asupan harian Anda. Konsumsi beras organik berlebihan juga bisa membahayakan. Hal ini bisa memicu berbagai penyakit serta membuat Anda mengalami kenaikan berat badan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *