adalat oros

Bergantung Adalat Oros karena Hipertensi? Cek Penyebabnya!

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi umumnya mesti bergantung pada obat agar tekanan darahnya tidak menimbulkan komplikasi penyakit lain yang lebih parah. Pasalnya jika tidak terkendali, tekanan darah tinggi akan sangat mudah menjerumuskan Anda pada penyakit jantung ataupun stroke. Nyeri di dada menjadi salah satu indikator tekanan darah tinggi Anda mesti segera diturunkan agar tidak menimbulkan risiko yang lebih bear. 

Adalat Oros merupakan obat hipertensi yang kerap diresepkan kepada pasien yang memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg. Namun tentunya, terus bergantung pada obat tidak baik, bukan? Adalat Oros sendiri memiliki sejumlah efek samping serius, seperti edema, sakit kepala, juga jantung berdegup kencang ketika Anda terus-menerus mengonsumsinya. 

Karena itu, daripada terus bergantung obat, sebaiknya Anda mulai mencegah agar tidak terkena hipertensi. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengecek penyebab penyakit ini dan berupaya menghindarinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab hipertensi yang sebaiknya Anda waspadai dan hindari. 

  1. Kelebihan Berat Badan 

Berat badan yang ideal sangatlah penting, bukan hanya untuk menjaga penampilan, melainkan untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Dengan berat badan berlebih, risiko penyakit lebih besar. Salah satunya adalah hipertensi. Untuk membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan ke posisi ideal pun menjadi kunci yang tidak boleh luput. Perbanyak asupan serat lewat sayur dan buah serta mengurangi konsumsi daging merah bisa menjadi jalan jitu untuk mengatasi masalah berat badan dan menghindari diri dari hipertensi. 

  1. Kurang Aktivitas 

Jangan jadikan alasan bekerja terus di depan laptop menjadi senjata untuk tidak melakukan olahraga. Nyatanya, orang-orang yang cenderung kurang aktivitas dan malas berolahraga lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi. Pasalnya, kurang aktivitas akan membuat tubuh lebih mudah mengalami peradangan. Peradangan ini pulalah yang menjadi salah satu sumber tekanan darah tinggI. 

  1. Merokok 

Di bungkus rokok pun, Anda bisa mengetahui bahwa salah satu efek samping dari merokok adalah hipertensi. Ini karena saat Anda merokok, pembuluh darah bisa mengalami penyempitan serta peradangan yang membuat tekanan darah semakin tinggi Jadi jika Anda tidak mau bergantung pada Adalat Oros maupun obat hipertensi lainnya, sebaiknya pikirkan ulang kebiasaan merokok Anda. Jika bisa, berhenti sekarang juga!

  1. Pecandu Garam 

Kebiasaan mengonsumsi makanan asin berpengaruh besar ke risiko hipertensi. Soalnya ketika Anda mengonsumsi garam berlebih, jumlah natrium dalam sel darah akan meningkat dan akhirnya mengganggu keseimbangan cairan tubuh. Kondisi tersebut pun riskan mengecilkan diameter pembuluh darah arteri yang ujung-ujungnya membuat tekanan darah Anda meningkat. Kebutuhan natrium atau garam yang disarankan tiap harinya hanya 1 sendok teh garam per hari. Kenyataannya, sudah berapa banyak yang Anda konsumsi hari ini? 

  1. Konsumsi Alkohol Berlebih 

Alkohol yang berlebih dapat dengan mudah meningkatkan tekanan darah karena menyebabkan pembuluh darah meradang dan mengecilkan jalur pembuluhnya. Kondisi ini dapat terjadi apabila Anda mengonsumsi alkohol lebih dari batas yang dianjurkan. Di mana disarankan jumlah maksimal konsumsi alkohol per hari adalah 2 gelas dengan ukuran standar.

  1. Gangguan Tidur 

Jangan suka begadang! Tidur terlalu larut akan menyebabkan gangguan tidur yang juga berisiko menimbulkan tekanan darah tinggi. Tidak ingin bukan karena terbiasa begadang akhirnya Anda harus bergantung mengonsumsi Adalat Oros tiap hari? 

  1. Stres Tidak Terkendali 

Kendalikan tingkat stres Anda apabila tidak ingin terjebak dalam penyakit hipertensi. Pasalnya ketika Anda stres, tekanan darah akan lebih mudah melambung. Anda bisa mengontrol tingkat stres Anda dengan sering bermeditasi, olahraga, maupun melakukan hobi yang Anda sukai. 

Mengetahui Adalat Oros sebagai obat hipertensi memang penting untuk mengurangi gejala dan risiko komplikasi. Namun jika bisa mencegah tekanan darah tinggi dengan menghindari penyebabnya, hal tersebut jauh lebih dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *