Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi dan Efeknya pada Bayi

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi dan Efeknya pada Bayi

Kopi memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan bila diminum secukupnya. Tapi, bolehkah ibu menyusui minum kopi dan apa efeknya pada bayi?

Kandungan kafein pada kopi bisa terserap ke dalam ASI dan terminum oleh bayi saat menyusui. Lantas, amankah ibu menyusui tetap minum kopi atau harus menghindarinya?

Efek kafein pada ASI dan bayi

Seringkali kita mendengar anjuran untuk membatasi maupun menghindari asupan kopi baik saat hamil maupun menyusui. Tapi kafein di dalam kopi bisa membantu menambah energi pada ibu menyusui yang kerap kelelahan karena harus menyusui bayi kapanpun, lantas bolehkah ibu menyusui minum kopi?

Secara umum, sebenarnya aman bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya namun tentu saja secukupnya. Minum kopi yang mengandung kafein tentu menimbulkan sejumlah efek pada tubuh, baik kecil maupun besar.

Bagi Anda tentunya bisa dengan mudah mengabaikan atau mengatasi efek tersebut, namun tidak dengan bayi Anda. Tiap bayi berbeda-beda dalam merespon kafein, ada yang sensitif ada yang hanya berefek minimal.

Bayi yang lahir prematur dan bayi yang berusia di bawah 6 bulan tidak mampu mencerna kafein dengan cepat, sehingga kemungkinan besar kafein akan menimbulkan efek pada mereka ketimbang bayi yang sudah berusia lebih tua. 

Bila dikonsumsi secukupnya, kafein berisiko rendah pada bayi dan hanya 1 persen yang terserap ke dalam ASI. Jumlah tersebut tentunya tidak berbahaya bagi kebanyakan bayi.

Namun apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan, kira-kira lebih dari 10 cangkir per hari, tentu akan menimbulkan efek tertentu bagi bayi. Seperti bayi mudah marah atau menangis, pola tidur yang buruk, tidur yang tidak tenang, dan kerap menangis. 

Dosis kafein yang aman untuk ibu menyusui

Perlu diketahui bahwa kandungan kafein tidak hanya terdapat pada kopi namun juga beberapa minuman dan makanan lainnya, seperti minuman berenergi, teh, minuman ringan atau bersoda, dan produk berbahan cokelat.

Pada kopi, jumlah kafein yang terkandung di dalamnya sangat berbeda-beda tergantung merek dan waktu penyeduhan dan faktor lainnya. Dalam satu cangkir kopi saja bisa mengandung 30 hingga 700 mg kafein, tentunya bergantung pada sebesar apa cangkir dan jenis biji kopi yang digunakan.

Sehingga, para ahli sepakat bahwa rekomendasi dosis kafein yang aman untuk ibu menyusui adalah maksimal 300 mg per hari. Jumlah tersebut bila ditakar setara dengan 2-3 cangkir kopi.

Dosis tersebut kecil kemungkinannya untuk menimbulkan efek yang merugikan pada bayi. Kadar kafein di dalam ASI bertahan selama 1-2 jam setelah meminumnya, oleh karena itu sebaiknya Anda tidak menyusui bayi dalam waktu-waktu tersebut.

Di sisi lain, bolehkah ibu menyusui minum kopi decaf? Kopi decaf (decaffeinated coffee) merupakan jenis kopi yang disebut-sebut tidak mengandung kafein sama sekali di dalamnya, namun sebenarnya tetap mengandung kafein meski dalam jumlah kecil.

Anda diperbolehkan minum kopi berjenis apa saja. Namun kopi decaf diketahui mengandung asam yang sangat tinggi yang bisa mengganggu kandungan zat besi di dalam ASI.

Pada dasarnya, tidak ada makanan dan minuman apapun yang perlu dihindari oleh ibu menyusui. Namun tentu saja Anda tetap perlu membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan dan menimbulkan efek samping tertentu pada Anda dan juga bayi.

Apabila Anda merasa lelah dan kekurangan energi, cobalah beberapa alternatif lain untuk meningkatkan energi seperti memperbanyak minum air putih, berkumpul bersama keluarga dan teman, memperbanyak gerak tubuh misalnya lewat olahraga, dan juga mengonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi yang seimbang.

Bila Anda masih bertanya-tanya bolehkah ibu menyusui minum kopi karena Anda masih kesulitan meninggalkan kebiasan meminum kopi, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan arahan mengonsumsi kopi yang aman atau solusi alternatif minuman berenergi yang lebih sehat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *