Cara Mengatasi Bayi Pilek dengan Breathy Tetes Hidung

Pilek adalah suatu infeksi virus pada hidung dan tenggorokan pada bayi. Indikator utama jika bayi Anda mengalami pilek adalah hidungnya tersumbat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pilek pada bayi dapat diatasi dengan menggunakan obat yang dijual bebas salah satunya adalah Breathy tetes hidung.

Bayi sangat rentan terkena flu atau pilek, karena biasanya bayi tinggal bersama orang yang lebih tua dari dirinya. Selain itu, sistem kekebalan tubuh bayi juga belum berkembang sehingga lebih rentan terkena berbagai infeksi. 

Penyebab Pilek pada Bayi

Flu yang menyebabkan infeksi pada hidung dan tenggorokan bayi dapat disebabkan karena satu atau lebih virus. Rhinovirus merupakan penyebab umum terjadinya flu atau pilek pada bayi.

Setelah terinfeksi virus, bayi biasanya menjadi lebih kebal terhadap serangan virus tersebut. Tetapi, karena begitu banyak virus yang bisa menyebabkan pilek, bayi dapat mengalami beberapa kali pilek dalam setahun. Tak hanya itu, beberapa virus tidak menghasilkan kekebalan yang awet.

Virus flu pada umumnya memasuki mulut, hidung atau mata bayi. Bayi dapat terinfeksi virus melalui:

  1. Udara

Ketika seseorang sakit batuk, bersin atau bicara, orang tersebut dapat langsung menyebarkan virus ke bayi.

  1. Kontak langsung

Jika ada orang yang sedang flu menyentuh tangan atau tubuh bayi Anda, maka bisa menyebarkan virus flu ke bayi Anda.

  1. Permukaan yang terkontaminasi

Beberapa virus bisa hidup di permukaan benda selama dua jam atau lebih. Bayi dapat tertular virus jika menyentuh permukaan yang terkontaminasi tersebut, misalnya permukaan mainan.

Pengobatan Pilek pada Bayi

Tidak ada obat yang bisa digunakan untuk mengatasi flu biasa. Antibiotik juga tidak bisa bekerja untuk melawan virus flu. Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat bayi lebih nyaman dengan melakukan tindakan seperti menyedot lendir pada hidung bayi dan menjaga kelembapan udara. 

Anda bisa menggunakan Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop yang dapat berfungsi untuk meredakan peradangan dengan cara melembapkan rongga hidung bayi dan anak, yang kering akibat pilek atau alergi. 

Dalam keadaan normal, hidung manusia khususnya bayi dilapisi dengan sinus atau lendir yang berfungsi untuk menjaga kelembapannya. Namun, ketika bayi mengalami pilek atau alergi, maka hidung akan terus menerus memproduksi lendir yang dapat menimbulkan refleks untuk mengeluarkan lendir tersebut. Oleh karena itu, rongga hidung bayi bisa meradang dan mengalami kekeringan, sehingga perawatan menggunakan Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop diperlukan.

Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop berguna untuk membantu menjaga kelembapan rongga hidung bayi dapat normal kembali. Breathy Tetes Hidung merupakan obat bebas terbatas, oleh karena itu frekuensi penggunaan obat ini harus sesuai dengan kemasan atau anjuran dari dokter, apoteker atau tenaga kesehatan yang lain.

Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop mengandung NACl atau natrium klorida sebanyak 6,5 mg. Penggunaan obat ini juga harus sesuai dengan petunjuk dosis obat, yaitu untuk anak dan bayi berusia kurang dari 1 bulan 1-2 tetes di setiap lubang hidung.

Meski membantu melembapkan bagian dalam hidung bayi yang kering dan meradang, Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop memiliki efek samping yaitu bisa menimbulkan ruam, gatal atau bengkak terutama pada wajah, lidah, atau tenggorokan, serta pusing hebat dan kesulitan bernapas.

Anda yang ingin menggunakan Breathy Tetes Hidung atau Breathy Nasal Drop bisa membelinya dengan harga Rp 45.600 untuk ukuran 30 mL, yang dapat Anda peroleh di apotek atau toko kesehatan terdekat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *