9 Keuntungan Lakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

9 Keuntungan Lakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

Mengenakan pakaian yang tepat serta minum air belumlah cukup ketika Anda memutuskan hendak berolahraga. Sebaiknya, lakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Pemanasan yang berpusat pada gerakan pelenturan ini terkesan sepele, namun jika diabaikan bisa menghadirkan masalah besar bagi Anda. 

Cedera ketika melakukan olahraga banyak dipengaruhi ada tidaknya pemanasan sebelum gerakan-gerakan inti dilakukan. Karena itu, gerakan pemanasan sebelum olahraga sebaiknya mutlak dilakukan jika Anda ingin berolahraga secara aman dan nyaman.

Manfaat Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga 

Masih menganggap gerakan pemanasan sebelum olahraga hanyalah hal sepele? Manfaat-manfaat dari pemanasan sebelum olahraga ini bisa langsung mengubah pikiran Anda. 

Aliran Darah dan Oksigen Lancar 

Gerakan pemanasan sebelum olahraga akan membuat otot lebih meregang. Ini berimbas pada aliran darah dan oksigen yang lebih ancar ke seluruh bagian tubuh. Aliran darah dan oksigen yang lancar ini tidak hanya berefek baik dalam olahraga Anda, namu juga untuk waktu-waktu selanjutnya. Pasalnya, darah dan oksigen yang mengalir dengan lancar bisa membuat fungsi dan kinerja berbagai organ vital menjadi lebih ringan sehingga kesehatan jantung, paru-paru, maupun ginjal dapat lebih terjaga. 

Meningkatkan Fleksibilitas 

Pemanasan yang berupa gerakan peregangan dapat membantu meningkatkan fleksibilitas Anda. Mampu menggerakkan sendi dengan lebih fleksibel akan membuat rentang gerak membaik dan Anda lebih bebas dalam bergerak ketika melakukan gerakan olahraga inti. Fleksibilitas yang lebih baik juga dapat membantu Anda melakukan aktivitas sehari-hari dengan relatif mudah, tetapi juga dapat membantu menunda penurunan mobilitas yang biasanya menjadi gejala penuaan.

Mencegah Cedera

Saat Anda memanjangkan otot melalui peregangan, Anda mengurangi risiko robek serat dan jaringan otot ketika melakukan gerakan inti olahraga. Karena alasan ini pula, orang-orang yang cenderung tidak melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga rentan mengalami cedera karena otot dan sendi masih dalam kondisi tegang dan kaku ketika dipaksa melakukan gerakan inti olahraga. 

Menambah Energi dan Motivasi

Gerakan pemanasan sebelum olahraga akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Pada akhirnya, sirkulasi darah yang baik ini akan membuat Anda mengalami lonjakan energi untuk bisa melakukan berbagai gerakan inti olahraga. Karena energinya stabil, Anda akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk melakukan gerakan-gerakan inti olahraga secara benar dan tepat. 

Mengurangi Kelelahan

Anda akan merasa lebih mampu menahan sesi latihan yang lebih lama jika sebelumnya melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Ini karena otot Anda cenderung tidak mengalami kelelahan sebab sirkulasi darah lebih lancar. 

Melindungi Sendi 

Sendi Anda dikelilingi oleh jaringan ikat dan memiliki perlekatan otot. Saat Anda berlatih bergerak melalui berbagai gerakan di sekitar sendi, seperti lutut, pinggul, dan bahu, Anda akan mengurangi ketegangan dan kemandekan di sekitar area tersebut. Ini mengurangi tekanan pada sendi dan memungkinkan mereka untuk bergerak lebih bebas. 

Menghilangkan Kepanikan 

Tidak jarang Anda akan merasa cemas dan panik ketika akan melakukan suatu olahraga. Redakan rasa kepanikan tersebut dengan gerakan pemanasan sebelum olahraga. Kepanikan umumnya muncul karena otot yang cenderung masih kaku. Namun ketika otot sudah lentur karena adanya peregangan, Anda pun akan lebih tenang dan senang menjalani olahraga. 

Mengurangi Risiko Nyeri 

Peregangan secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi Anda. Peningkatan sirkulasi meningkatkan aliran darah ke otot Anda. Ini bisa mengurangi risiko nyeri otot yang Anda alami selepas olahraga.  Sebagai gantinya, setelah olahraga selesai, hanya rasa segar dan bugar yang lebih dominan. 

Memperbaiki Postur Tubuh 

Kekakuan dan ketidakseimbangan otot sering terjadi dan dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk. Bahkan ketika Anda sudah sering berolahraga, postur tubuh bisa tidak membaik jika otot Anda kaku. Gerakan pemanasan sebelum olahraga membuat otot lebih lentur dan pada akhirnya bisa membantu memperbaiki postur tubuh Anda. 

Cukup melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga selama 10—15 menit, hasilnya akan sangat nyata untuk tubuh Anda. Sebaliknya, meremehkan pemanasan hanya berujung pada kondisi tubuh yang tidak fit, padahal sudah berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *