folavit untuk promil

Ketahui Manfaat Asam Folat pada Folavit untuk Promil

Folavit atau suplemen folavit adalah jenis suplemen yang sering digunakan oleh ibu hamil pada saat promil. Konsumsi folavit untuk promil berfungsi untuk memenuhi kebutuhan asam folat agar menjaga pertumbuhan saraf dan otak janin. Hal ini bertujuan untuk menghindari bayi terlahir dalam kondisi cacat karena perkembangan yang tidak normal. Asam folat yang terkandung dalam folavit sangat berperan penting untuk tumbuh kembang dari sel-sel DNA dan darah merah. 

Pengertian Asam Folat

Asam folat adalah olahan dari vitamin B yang disebut dengan folat. Fungsi dari folat berperan besar dalam perkembangan dan produksi sel darah merah. Perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi yang normal dapat dicapai dengan mencukupi kebutuhan folat. Secara alami, folat banyak terkandung dalam sayuran yang berwarna hijau gelap dan buah citrus.

Kapan Mulai Mengonsumsi Asam Folat?

Perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi dimulai pada usia 3-4 minggu pertama dari kehamilan. Kebutuhan asam folat menjadi sangat penting pada usia kehamilan tersebut untuk memenuhi perkembangannya.

Mengonsumsi vitamin pernatal dan asam folat bisa disarankan oleh dokter ketika program kehamilan atau promil mulai direncanakan oleh pasangan yang menginginkan keturunan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat dalam jangka waktu setahun sebelum hamil memiliki peluang untuk mengurangi tingkat kelahiran bayi prematur hingga 50% atau lebih.

Sebaiknya mengonsumsi folavit untuk promil dilakukan sesuai anjuran dan petunjuk dokter. Hal ini agar memastikan ibu dan janin nantinya akan dalam kondisi kehamilan yang sehat sampai pada hari kelahiran.

Manfaat Asam Folat

Tanpa adanya asam folat, pertumbuhan saraf dari bayi mungkin tidak dapat berkembang secara sempurna.Hal ini dapat menyebabkan kecacatan seperti spina bifida, yakni perkembangan sumsum tulang belakang atau tulang belakang yang tidak lengkap. Selain itu, bayi juga dapat mengalami anencephaly yaitu perkembangan otak yang tidak lengkap terutama otak major. Bayi yang memiliki cacat anencephaly juga memiliki kemungkinan untuk tidak berumur panjang.

Kebutuhan asam folat yang tercukupi dapat melindungi bayi dari kecacatan tersebut setidaknya hingga 50%. Apalagi jika pada saat kehamilan pertama memiliki cacat, maka saat kehamilan kedua, dokter akan menyarankan untuk menambah konsumsi asam folat untuk mengurangi risiko cacat. Namun, sebaiknya Anda tetap memeriksakan ibu hamil ke dokter terkait jumlah konsumsi asam folat harian yang akan diberikan.

Manfaat lain dari konsumsi asam folat pada saat kehamilan cukup banyak. Penggunaan asam folat dapat melindungi bayi dari kelahiran dengan bibir dan langit-langit yang sumbing, kelahiran prematur, berat badan bayi yang rendah, potensi keguguran dan pertumbuhan yang buruk janin pada rahim.

Selain itu, manfaat asam folat yang dikonsumsi juga dapat menghindari komplikasi pada saat kehamilan. Beberapa ibu hamil yang mengonsumsi asam folat dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker dan penyakit alzheimer. Perlu diingat bahwa sebelum mulai mengonsumsi asam folat atau suplemen baru, anda harus berkonsultasi dengan dokter, apoteker atau ahli kesehatan terkait.

Efek Samping Asam Folat

Selain manfaatnya, Anda juga harus mengetahui efek samping dari asam folat. Terutama untuk mengantisipasi jika dosis yang digunakan tidak tepat atau terlalu banyak.

Beberapa orang mungkin akan mengalami efek samping ringan dari rutinitas konsumsi suplemen yang mengandung asam folat seperti mual, kehilangan selera makan, bingung, rasa tidak enak di mulut dan gangguan pola tidur.

Selain itu, alergi terhadap asam folat dapat menyebabkan tubuh memberikan tanda-tanda seperti gatal pada kulit, sulit bernapas, kemerahan dan ruam pada kulit. Sebaiknya selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan terkait sebelum mengonsumsi Folavit untuk promil agar terhindar dari efek samping yang merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *