Ketahui Penggunaan Masker Hitam Untuk Cegah COVID-19

Kebutuhan penggunaan masker sudah menjadi hal wajib pada era pandemi. Berbagai jenis masker seperti masker hitam yang ada di pasaran mulai dari masker medis hingga masker kain dapat dengan mudah ditemukan. Masker sudah menjadi item fashion wajib yang selalu digunakan. Selain untuk pencegahan menularnya virus Covid-19, himbauan dan aturan pemerintah terkait penggunaan masker di area publik juga membuat trend masker semakin meningkat.

Apalagi jika kita melakukan banyak sekali aktivitas di luar rumah seperti bekerja maupun bepergian, penggunaan masker menjadi sangat diperlukan. Selain sebagai produk fashion, masker harus tetap pada tujuan utamanya yaitu sebagai pelindung penggunanya yang harus diperhatikan dari segi faktor keselamatan.

Penggunaan masker sebagai produk fashion membuat pemakaiannya harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Masker dapat digunakan dalam berbagai motif dan warna seperti pada pakaian. Perihal warna, saat ini penggunaan masker berwarna juga semakin meningkat. Termasuk masker medis dalam berbagai warna.

Pengaruh Penggunaan Masker Hitam 

Sebelum membahas lebih jauh warna pada masker, kita perlu memahami bahwa warna-warna yang muncul dari produk tekstil dihasilkan melalui proses pewarnaan yang mengandung bahan kimia. Sehingga, hal utama yang perlu diperhatikan adalah jenis pewarna dan proses pewarnaannya. Sebagai contoh bisa dilihat dari pengaruh warna yang tidak direkomendasikan justru membahayakan penggunanya.

Apakah Boleh Menggunakan Masker Berwarna?

Bagi beberapa orang, masker berwarna terlihat lebih menarik. Penggunaan masker berwarna seperti masker hitam dapat dilakukan untuk menyesuaikan dengan aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan. Namun, pada dasarnya hal utama yang harus diperhatikan dari penggunaan masker adalah kemampuannya untuk melindungi area hidung dan mulut.

Warna-warna pada masker bisa berbagai macam. Mulai dari warna putih, merah, kuning hingga masker hitam. Hal menarik setelah ditemukan masker medis berwarna justru menggunakan bahan kimia yang tidak direkomendasikan. Contohnya penggunaan azo ilegal dan formaldehida pewarna sintetis untuk mewarnai masker. Penggunaan bahan kimia ini justru membuat masker berbahaya. Masker dapat bersifat beracun dan karsinogenik. Zat pewarna azo dapat memecah dan melepas amina aromatik yang bersifat karsinogenik. Selain itu, masker dengan zat tambahan yang berbahaya justru mengandung logam berat.

Lalu, bagaimana memastikan masker aman untuk digunakan? Salah satu metode skrining yang sederhana adalah masker yang digunakan tidak memiliki bau yang menyengat. Aroma tidak enak adalah indikator sederhana terkait adanya residu bahan kimia yang tertinggal pada masker berwarna.

Tips Aman Membeli Masker Berwarna

Mencari masker warna seperti masker hitam yang aman digunakan menjadi poin penting dalam pemilihan masker. Sebenarnya tidak masalah jika kita membeli masker berwarna. Masker tidak harus berwarna putih, masker hitam misalnya, dibeli oleh sebagian orang karena dipercaya meningkatkan rasa percaya diri mereka ketika digunakan karena memiliki kesan formalitas dan elegan.

Penggunaan masker berwarna sebaiknya memerhatikan hal-hal berikut ini:

1. Masker sudah dipastikan mampu digunakan sebagai pelindung diri untuk mencegah penularan virus atau bakteri.

2. Lapisan pada masker sebaiknya terdapat tiga lapis, yakni lapisan luar yang kedap air, lapisan kedua dengan filter densitas tinggi dan lapisan ketiga yang nyaman digunakan ketika bersentuhan dengan kulit.

3. Jika menggunakan masker medis disposable, sebaiknya tidak digunakan kembali.

Penggunaan masker berwarna masih diperbolehkan asalkan fungsi perlindungan dari masker masih bisa kita dapatkan. Seandainya Anda ragu, akan lebih baik berkonsultasi dengan dokter terkait masker yang cocok dan aman digunakan. Selain itu, tenaga kesehatan tentunya mampu memberikan rekomendasi cara pakai masker yang baik dan aman.

Selain itu, sebaiknya membeli masker hitam dari distributor alat kesehatan yang terpercaya. Sehingga keamanan dan kebersihan masker terjamin. Hindari membeli masker yang tidak memiliki sumber tidak jelas atau merk yang belum terpercaya. Hal ini bertujuan agar kesehatan anda tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *