Lakukanlah Pemeriksaan Pap smear di Prodia Ujung Berung Untuk Kesehatan Anda

Pap smear adalah sebuah tes untuk mendeteksi kanker serviks alias kanker leher rahim. Pada proses pemeriksaan Pap smear, dokter akan mengambil sampel sel jaringan serviks Anda. Petugas kemudian akan memeriksa menggunakan mikroskop untuk mendeteksi apabila di dalam sampel tersebut terdapat sel-sel abnormal yang mungkin berkembang menjadi kanker (sel prakanker) ataupun sel yang sudah menjadi kanker. Anda bisa melakukan pemeriksaan ini di Prodia Ujung Berung.

Tujuan Pap smear adalah untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini. Tes ini umumnya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan panggul maupun tes HPV (humanpappiloma virus). Dengan mengetahui kondisi serviks melalui Pap smear, pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin apabila Anda terdeteksi mengalami tanda-tanda kanker sehingga sel-sel kanker tidak menyebar luas.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat  dari pap smear bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan melakukan pemeriksaan pap smear.

  1. Mendeteksi Terjadinya Penyakit Menular Seksual

Tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu penyebab pentingnya pap smear untuk kesehatan Miss V adalah membantu mendeteksi terjadinya penyakit menular seksual yang tentu saja membahayakan bagi kesehatan karena dampak infeksi yang ditimbulkan. Meski hal ini tidak selalu terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan demi menghindari risiko ini.

  1. Mengetahui Terjadinya Radang pada Miss V

Ada dua hasil dalam pemeriksaan pap smear, yaitu normal dan tidak normal. Salah satu penyebab hasil pap smear yang tidak normal adalah terjadinya radang pada leher rahim. Namun, sampai dokter menyampaikan bahwa radang yang terjadi bersifat berbahaya, wanita tidak perlu khawatir berlebihan. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lanjutan terkait terjadinya radang pada Miss V ini.

  1. Mendeteksi Perubahan pada Serviks

Manfaat pap smear bagi kesehatan Miss V selanjutnya adalah membantu mendeteksi adanya perubahan pada serviks, atau yang sering disebut dengan dysplasia. Perubahan ini akan menuju pada potensi terbentuknya sel-sel kanker pada leher rahim, Nantinya, hasil pemeriksaan akan digunakan oleh dokter sebagai acuan untuk memberikan tindakan lanjut dalam mencegah dan mengatasi perubahan tersebut sebelum menjadi sel kanker yang berbahaya.

  1. Mendeteksi Adanya Infeksi pada Miss V

Salah satu penyebab terjadinya infeksi pada Miss V adalah karena bakteri Actinomyces. Nah, agar bisa mendeteksi kemunculannya pada Miss V, wanita akan disarankan untuk melakukan pap smear. Biasanya, wanita yang menggunakan IUD akan lebih berisiko terserang infeksi ini. Dokter pun akan menyarankan untuk mengonsumsi antibiotik atau menghentikan penggunaan IUD.

Frekuensi pemeriksaan akan ditentukan berdasarkan kategori usia dan kondisi di bawah ini:

  1. Wanita usia 21 tahun ke atas

Wanita berusia 21 tahun ke atas dianjurkan untuk menjalani tes Pap smear setiap tiga tahun sekali, baik yang sudah menjalani vaksin HPV maupun belum.

  1. Wanita usia 21-29 tahun

Wanita berusia 21-29 tahun disarankan untuk melakukan tes Pap setiap tiga tahun sekali. Pemeriksaan HPV tidak perlu dilakukan, kecuali hasil tes Pap smear menunjukkan keabnormalan.

  1. Wanita usia 30 tahun ke atas

Wanita berusia 30 tahun ke atas sebaiknya menjalani Pap smear setiap lima tahun sekali bersama dengan tes HPV hingga usia 65 tahun. Frekuensi pemeriksaan ini bisa dilakukan selama semua tes menunjukkan hasil yang normal. Sebagai alternatif, Wanita berusia 30-65 bisa menjalani Pap smear saja dengan frekuensi tiga tahun sekali.

  1. Wanita usia 65 tahun ke atas

Wanita berusia 65 tahun yang sudah menjalani Pap smear selama 10 tahun terakhir dan memiliki hasil yang normal, bisa berhenti untuk menjalani tes Pap karena tidak memerlukannya lagi.

  1. Wanita yang pernah terdeteksi memiliki prekanker

Apabila sudah pernah didiagnosis mengalami kondisi prekanker, Anda dianjurkan untuk melanjutkan Pap smear selama minimal 20 tahun sejak pendeteksian pertama. Durasi tes ini tetap mesti dilanjutkan meski Anda sudah berusia 65 tahun. Jika Anda memiliki riwayat hasil Pap smear abnormal sebelumnya, mengidap HIV, memiliki imunitas rendah, atau terpapar dengan obat dietilstilbestrol sebelum melahirkan, maka Anda akan dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan pap smear.

Jadi, jangan mengabaikan pemeriksaan pap smear. Nyatanya, pemeriksaan ini sangat penting bagi kesehatan Miss V Anda. Prodia Ujung Berung menyediakan payanan pemeriksaan pap smear ini sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai biayanya. Jika Anda ingin konsultasi terlebih dahulu, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi atau website SehatQ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *